free stats
banner 728x250
Berita  

20 Perusahaan Pelat Merah Tembus Daftar 100 Perusahaan Terbesar Indonesia, Ini Kata Erick Thohir

banner 120x600
banner 468x60

Journalist report, Ismoyo

JAKARTA – Sejumlah perusahaan berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berhasil masuk dalam jajaran 100 besar perusahaan yang diterbitkan majalah Fortune Indonesia berdasarkan pendapatan tahun anggaran 2021.

banner 325x300

BUMN yang dimaksud adalah Pertamina, Perusahaan Listrik Negara (PLN), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Telkom Indonesia dan Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID), yakni BUMN Holding Industri Pertambangan.

Atas pencapaian tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir mengucapkan terima kasih.

Selain itu, Erick juga menyebutkan bahwa BUMN telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia.

“Kita lihat dari daftar itu, lima besar didominasi BUMN, Pertamina di peringkat pertama, PLN di peringkat dua, kemudian di peringkat keempat dan kelima adalah BRI dan Telkom Indonesia,” kata Erick Thohir. , dikutip dalam siaran persnya, Jumat (12/2/2020). 8/2022).

“Di luar itu Bank Mandiri di posisi keenam dan MIND ID di posisi sepuluh”, lanjutnya.

Erick kembali menambahkan, ini merupakan pencapaian luar biasa dan bukti nyata keberhasilan transformasi perusahaan publik.

Hal ini juga terlihat dari 20 dari 100 perusahaan terbesar yang diterbitkan Fortune adalah perusahaan publik.

Selain nama-nama tersebut di atas, ada pula Pupuk Indonesia di peringkat 13, BNI di peringkat 14, Semen Indonesia di peringkat 26, dan Pelabuhan Indonesia (Pelindo) di peringkat 27.

Other SOEs on the top 100 list are Krakatau Steel, BTN, PT KAI, Wijaya Karya, PT PP, Jasa Marga, Kimia Farma, Waskita Karya and Adhi Karya.

Erick mengatakan, laporan Fortune sebenarnya memberikan gambaran positif bagi perekonomian Indonesia.

Pasalnya, tak kurang dari 80 perusahaan yang masuk dalam 100 besar berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan pada 2021.

Sementara pada daftar yang sama pada 2020, hanya 30 perusahaan yang berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan.

“Menariknya, Fortune menilai pembentukan sejumlah holding BUMN berdampak besar terhadap peningkatan pertumbuhan pendapatan BUMN,” kata Erick.

Transformasi BUMN juga berdampak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,44% YoY (YOY) pada kuartal II 2022.

Dengan total aset BUMN mencapai sekitar Rp 9 triliun pada 2021, kontribusi BUMN terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 53%.

Selain mencatatkan pertumbuhan laba, lanjut Erick, BUMN tetap menjalankan tugasnya sebagai motor penggerak proyek penyerap tenaga kerja di tengah pandemi Covid-19.

Di masa pandemi, BUMN mampu menciptakan lapangan kerja secara masif di sejumlah proyek besar.

Seperti Proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan yang menyerap 19.000 tenaga kerja, Hilir Batubara hingga DME yang menyerap 10.000 tenaga kerja dan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang mencatatkan penyerapan hingga 200.000 tenaga kerja.

Kemudian, pembangunan KEK Mandalika yang menyelenggarakan ajang MotoGP internasional ini mampu menyerap 4.500 tenaga kerja lokal.

Dan yang paling spektakuler adalah penyerapan tenaga kerja oleh PT. Civil National Capital (PNM) yang mampu menciptakan lapangan kerja bagi 12,7 juta ibu pada tahun 2021 dan akan didorong mencapai 20 juta pada tahun 2024.

“Badan Usaha Milik Negara sebagai sepertiga kekuatan ekonomi Indonesia harus mampu tampil menjaga pertumbuhan ekonomi, keseimbangan pasar, dan terutama menjamin penciptaan lapangan kerja yang berkelanjutan,” pungkas Erick. .

Rencana Erick Thohir Bubarkan 14 Bumn Dapat Kurangi Beban
Jakarta beritasatu com guna menyelesaikan sejumlah permasalahan di sejumlah perusahaan pelat merah menteri badan usaha milik negara

Fortune Indonesia Rilis 100 Daftar Perusahaan Terbaik Pertamina
2 hari yang lalu terbentuknya sejumlah holding bumn membuat beberapa perusahaan pelat merah memiliki kontribusi pendapatan yang signifikan ucap dia ketika

Tak Hanya Istaka Karya Ini Daftar Bumn Zombie Yang Sudah
Kementerian bumn terus membenahi tata kelola perusahaan pelat merah perusahaan yang mati suri dan merugi pun dibubarkan

Inilah 100 Perusahaan Terbesar Di Indonesia Bumn Dominan
21 jam yang lalu baca juga bumn di peringkat teratas dalam daftar 100 perusahaan bumn membuat beberapa perusahaan pelat merah memiliki kontribusi

Bumn Okezone Economy
Perampingan perusahaan pelat merah akan terus dilakukan pemegang saham 20 juli 2022 hot issue middot 6 daftar

Bumn Di Jajaran Teratas 100 Perusahaan Terbesar Ri Ini Respons
23 jam yang lalu menteri bumn erick thohir menilai pencapaian perusahaan pelat merah itu sebagai wujud atas transformasi yang dilakukan kementerian bumn

Keuangan Bumn Erick Thohir Baru 20 Perusahaan Yang
Menurut menter badan usaha milik negara bumn erick thohir dari 41 perusahaan pelat merah baru 20 an perusahaan yang kondisi keuangannya

Erick Proyeksi Laba Bumn Tembus Rp90 T Pada 2021
Menteri bumn erick thohir memprediksi laba perusahaan pelat merah tembus rp90 triliun di sepanjang tahun lalu

Bumn Dominasi 100 Perusahaan Terbesar Di Indonesia Versi Fortune
22 jam yang lalu menanggapi masuknya sejumlah perusahaan pelat merah di daftar teratas hal ini nampak dari 20 dari 100 perusahaan terbesar yang dirilis

Daftar 100 Perusahaan Terbesar Di Ri Versi Fortune Indonesia
3 hari yang lalu terbentuknya sejumlah holding bumn membuat beberapa perusahaan pelat merah memiliki kontribusi pendapatan yang signifikan ucap dia ketika

Bumn Kuasai Daftar Fortune Indonesia 100 Erick Thohir
15 jam yang lalu liputan6 com jakarta menteri bumn erick thohir bersyukur banyak perusahaan pelat merah bertengger di daftar 100 perusahaan besar yang

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.