free stats
banner 728x250
Berita  

Analis: Tak Hanya Masyarakat, Pelaku Industri Akan Tertekan Jika Harga BBM Subsidi Naik

banner 120x600
banner 468x60

Journalist, Yanuar Riezqi Yovanda

JAKARTA – Associate Director Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan jika benar, kenaikan harga BBM bersubsidi tidak hanya akan menekan masyarakat, tetapi juga pelaku komersial.

banner 325x300

Persoalannya, tidak semua perusahaan bisa terus menaikkan harga langsung ke konsumen dengan asumsi akan menekan permintaan, apalagi jika ukuran perusahaan tidak terlalu besar dan persaingan ketat.

“Tidak hanya masyarakat, namun juga pelaku industri tentu akan tertekan dengan kenaikan harga BBM. Mengingat hal ini akan meningkatkan beban usaha yang pada akhirnya berpotensi menekan margin keuntungan,” ujarnya. melalui penelitiannya, Selasa (16/8/2022).

Nico tentu menilai banyak sektor yang berpotensi terkena dampak, yakni transportasi dan logistik, otomotif, pertanian, dan pertambangan.

“Namun, yang kita lihat, sektor transportasi dan logistik akan terpengaruh cukup signifikan mengingat beban BBM mencapai 30% dari pengeluaran menggunakan transportasi darat. Jika kita melihat rencana ini, memang akan mengganggu laju pemulihan ekonomi. ,” dia berkata.

Sementara itu, dia yakin pasar akan bereaksi terhadap kenaikan harga bahan bakar dengan harga saham yang lebih rendah, tetapi ini dilihat sebagai jangka pendek.

Kenaikan harga BBM juga dipandang sebagai sentimen negatif karena akan berkontribusi pada percepatan laju inflasi domestik.

Kemudian, karena kenaikan harga meningkatkan likuiditas atau peredaran uang, potensi kenaikan suku bunga Bank Indonesia akan lebih cepat, asalkan kondisi rupiah dan perekonomian dunia stabil.

“Hal ini tentunya sejalan dengan apa yang disampaikan Kementerian Keuangan bahwa ada potensi Bank Indonesia menaikkan suku bunga sebesar 100 basis poin d” pada akhir tahun. Tentu saja, ini merupakan sinyal bagi kita untuk melihat bahwa ketidakpastian masih ada dan mempengaruhi laju pemulihan. “Ekonomi kita,” pungkas Nico.

Sinyal kenaikan harga BBM akan semakin kuat

Pemerintah semakin kuat dengan memberikan sinyal bahwa harga Bahan Bakar Minyak (BBM) akan segera naik dalam waktu dekat di bawah tekanan fluktuasi harga minyak mentah dunia.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) saat ini tengah mengkaji penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Sementara itu, isu revisi Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 juga sedang dilaksanakan dan diharapkan bisa selesai dalam waktu dekat.

Menurut Menteri ESDM Arifin Tasrif, penyesuaian harga Pertalite saat ini sedang dikaji.

”Ini (penyesuaian harga) juga termasuk dalam kajian yang sedang berlangsung. Nanti dilihat dan dievaluasi bersama, harga minyak mentah tidak turun,” katanya saat rapat. ‘rapat di Kementerian ESDM. , Senin (15/8/2022).

Selain mengkaji penyesuaian harga BBM bersubsidi, Arifin juga mengaku pihaknya sedang merampungkan revisi Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 191 Tahun 2014 tentang pembatasan pembelian BBM bersubsidi. dan diharapkan selesai pada Agustus 2022.

“Mudah-mudahan setelah 17 Agustus. Ya, selama bulan ini, kita harus bisa menyelesaikannya dalam waktu dekat,” jelasnya.

Dirjen Migas Tutuka Ariadji menambahkan, terkait penambahan kuota BBM bersubsidi, saat ini sedang dilakukan pembahasan dengan tim dan menteri terkait.

“Kalau melihat kebutuhan tentu akan bertambah, sekarang tinggal bagaimana menyikapinya,” jelasnya pada kesempatan yang sama.

Menurutnya, kebutuhan Pertalite dan Solar harus benar-benar diperhitungkan karena masyarakat sangat membutuhkannya. “Kami terus melihat dari waktu ke waktu, pada waktunya kami akan mengantarkan,” kata Tutuka.

Tutuka memberikan gambaran bahwa kajian yang masih berlangsung ini melihat keadaan wilayah Marketing Operations (MOR), khususnya untuk melihat MOR mana yang kritis dan mana yang tidak.

Secara nasional, MOR dibagi menjadi 8 seksi yang mewakili sejumlah daerah di Indonesia.

Untuk revisi aturan pembatasan pembelian BBM bersubsidi, Kementerian ESDM saat ini sedang mengkaji dan mencermati situasi saat ini karena banyak faktor yang perlu dipertimbangkan.

“Saat ini saya belum bisa mengatakan sesuatu yang konkrit karena belum selesai,” katanya.

Analisis Perencanaan Pembangunan Daerah Di Kabupaten Lombok
Yang melibatkan masyarakat hanya terjadi pada tahap penyelidikan perumusan masalah identifikasi daya masyarakat pelaku kebijakan pemahaman pelaku

Strategi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Melalui Sektor Umkm Dan
Menggunakan pendekatan teknik analisis isi dan studi pustaka adalah memberikan pendampingan kepada pelaku usaha pemberian insentif perpajakan

Penguatan Alat Bukti Tindak Pidana Pencucian Uang Acch Kpk
Kejahatan berkembang tidak hanya mengejar dan menghukum pelaku bukti tidak langsung didasarkan pada perkataan dan analisis yang masuk akal

Strategi Indonesia Dalam Membangkitkan Perekonomian Nasional
Penjualan terendah adalah produk olahraga yang hanya meningkat 170 dari proporsi sebesar 99 99 dari seluruh pelaku usaha di indonesia

Artikel Pembangunan Pertumbuhan Ekonomi Bappeda
Keinginan masyarakat dalam pembentukan modal berinvestasi ditentukan oleh permintaan memantau perilaku perekonomian kepentingan analisis ekonomi

Indonesia Akan Jadi Pemain Ekonomi Digital Terbesar Di Asia
Terlebih kebanyakan pelaku bisnis e commerce di tanah air berskala kecil dan tak hanya sekedar untuk mencari informasi dan chatting masyarakat di

Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Terhadap
Yang direncanakan baik oleh pemerintah swasta dan pelakunya usaha perorangan dengan permasalahan dalam penelitian ini dengan menggunkan analisis

Kepala Ppatk Tidak Hanya Dipenjara Pelaku Tppu Juga Harus
Laporan oleh arif maulana kepala pusat pelaporan analisis transaksi keuangan dian ediana rae bersama rektor universitas padjadjaran prof

Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Penurunan Kesejahteraan
Studi ini menggunakan analisis deskriptif ini sebagai alat analisa yang bertujuan untuk menganalisis keadaan masyarakat kota pontianak saat pandemic covid 19

Pembangunan Ekonomi Dalam Konsep Pembangunan Berkelanjutan
Jadi pembangunan berkelanjutan mensyaratkan masyarakat terpenuhi kebutuahan dengan model keberlanjutan melalui multikriteria analisis dampak lingkungan

Kebudayaan Pulihkan Perekonomian Kemenko Pmk
Oleh usman manor analis sumber sejarah kementerian koordinator bidang pelaku budaya dan masyarakat untuk melakukan kegiatan kebudayaan

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.