free stats
banner 728x250
Berita  

AS Makin Jor-joran Bantu Ukraina Perangi Rusia, Kongres Setujui Paket Bantuan Rp 585 Triliun

banner 120x600
banner 468x60

WASHINGTON – Amerika Serikat semakin gencar memberikan bantuan kepada Ukraina yang sedang diserang Rusia.

Akhirnya, kongres negeri Paman Sam menyetujui paket bantuan militer dan kemanusiaan senilai hampir US$40 miliar atau Rp. 585 triliun (kurs Rp 14.664/dolar AS) untuk Ukraina.

banner 325x300

Ini adalah angka yang ‘belum pernah terjadi sebelumnya’ yang menurut para legislator AS akan membantu negara itu bertahan melawan invasi Rusia yang terus berlanjut.

RUU tersebut, yang sebelumnya disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat, disahkan di Senat pada hari Kamis dengan suara 86 berbanding 11, mengirimkan RUU tersebut kepada Presiden Joe Biden untuk ditandatangani.

Paket bantuan besar-besaran menandakan peningkatan besar dukungan AS untuk Ukraina setelah hampir tiga bulan perang, kata para analis kepada Al Jazeera.

“Skalanya belum pernah terjadi sebelumnya dan berbicara – dari perspektif AS – dengan gempa bumi yang disajikan oleh keadaan Eropa saat ini,” kata Elias Yousif, seorang analis riset di Stimson Center, sebuah think-tank di Washington, DC.

Undang-undang tersebut menyediakan 6 miliar dolar (Rp 87,8 triliun) untuk senjata, pelatihan dan dukungan keuangan untuk militer Ukraina dan 4 miliar dolar (Rp 58,8 triliun) untuk pembiayaan militer selama lima bulan ke depan hingga akhir September, menurut ringkasan dari hukum.

Ini juga termasuk 9 miliar (Rp 131 triliun) untuk mengisi kembali persediaan senjata AS yang dikirim ke Ukraina dan hampir 4 miliar dolar AS (Rp 58,8 triliun) untuk operasi militer AS yang diperluas di Eropa.

RUU tersebut menyediakan $8,76 miliar dalam dukungan ekonomi untuk pemerintah Ukraina dan lebih dari $5 miliar untuk mengatasi kekurangan pangan global yang meluas dan kenaikan harga yang disebabkan oleh konflik.

Secara khusus, $ 119 juta disisihkan untuk mendanai badan-badan AS untuk melacak dan menyita aset keuangan, kapal pesiar dan properti lainnya yang disetujui oleh oligarki Rusia.

“Ketika Anda melihat sifat dan isi bantuan keamanan AS, itu meningkat,” kata Yousif kepada Al Jazeera.

“Itu berubah dari senjata tunggal, senjata bahu-ke-bahu ke artileri berat, pesawat sayap putar, pengangkut personel yang lebih disukai dan beberapa kendaraan udara tak berawak yang sangat canggih.”

Dikombinasikan dengan pengumuman sebelumnya tentang bantuan AS ke Ukraina, pendanaan baru ini membawa total bantuan AS menjadi lebih dari $50 miliar sejak perang dimulai pada akhir Februari.

Itu jauh melebihi lebih dari $3,8 miliar bantuan keamanan tahunan yang diberikan AS kepada Israel, penerima terbesar bantuan militer Amerika.

“Benar-benar tidak ada yang sebanding dalam sejarah baru-baru ini,” kata William Hartung, peneliti senior di Quincy Institute, yang memperingatkan potensi risiko.

“Pertanyaannya menjadi, bagaimana reaksi Moskow?” Hartung mengatakan kepada Al Jazeera. “Ini adalah tempat yang berbahaya dengan seberapa cepat senjata bergerak, volumenya, dan pertanyaan terbatas yang diajukan tentang kebijakan apa yang harus digunakan.”

Pemungutan suara Senat hari Kamis dilakukan saat Biden menjamu Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson dan Presiden Finlandia Sauli Niinisto di Gedung Putih.

AS mendukung tawaran kedua negara Eropa untuk bergabung dengan aliansi NATO.

Biden memuji persetujuan Senat atas RUU tersebut dan mengumumkan transfer senjata AS lainnya ke Ukraina, termasuk radar dan artileri.

“Senjata dan peralatan ini akan langsung menuju garis depan kebebasan di Ukraina, dan menegaskan kembali dukungan kuat kami untuk orang-orang pemberani Ukraina saat mereka membela negara mereka melawan agresi Rusia yang sedang berlangsung,” kata Biden dalam pernyataan Gedung Putih. .

Dukungan untuk Ukraina dan ekspansi NATO berjalan jauh di Kongres AS, di mana konflik dengan Rusia dipandang sebagai ujian yang harus dimenangkan dari kemitraan trans-Atlantik yang telah dibangun AS dengan Eropa sejak runtuhnya Uni Soviet.

“Ketika saya memikirkan serangan tak beralasan [Presiden Rusia] Vladimir Putin di Ukraina, saya tidak bisa tidak berpikir bahwa Baltik akan jatuh ke tangan Putin dan agresinya sejak lama jika dia berhasil,” Senator kata Richard Durbin di Senat. pidato pada hari Rabu.

“Yang menahannya bukan hanya keberanian orang-orang yang tinggal di sana tetapi fakta bahwa mereka memiliki banyak teman yang bersedia mendukung mereka, anggota UE dan anggota aliansi NATO,” kata Durbin, yang ibunya adalah lahir di Lituania. .

Beberapa legislator AS telah menyuarakan keprihatinan tentang tingginya biaya undang-undang tersebut. Senator Rand Paul, seorang Republikan, telah menunda pengesahan RUU itu selama seminggu karena keberatan dengan biayanya. “Kita tidak bisa menyelamatkan Ukraina dengan menghancurkan ekonomi AS,” katanya.

Paket bantuan baru “merupakan pernyataan implisit bahwa ini akan berlangsung lama dan Amerika Serikat akan terus mendukung Ukraina,” kata Mark Cancian, penasihat senior di Pusat Studi Strategis dan Internasional, sebuah wadah pemikir di ibukota AS.

AS telah mengirim sekitar 18.000 tentara untuk memperkuat negara-negara Eropa Timur di NATO sejak perang dimulai. Mereka didukung oleh pasukan tambahan Jerman, Inggris dan Kanada.

Terkubur dalam teks paket bantuan Ukraina yang disahkan oleh Kongres adalah $ 600 juta untuk membantu kontraktor pertahanan AS membangun rudal lebih cepat dan mendapatkan pasokan jangka panjang dari logam tanah jarang yang digunakan untuk membuat senjata canggih, Cancian mencatat.

Biden telah meminta $33 miliar dalam pengeluaran Ukraina selama lima bulan ke depan, tetapi Kongres menaikkan jumlahnya menjadi $40 miliar.

Secara keseluruhan, RUU “dimaksudkan untuk mengomunikasikan tingkat investasi AS dalam konflik dan persepsi di beberapa ibu kota Barat bahwa prospek Ukraina untuk konflik telah meningkat”, kata Yousif.

Jor Joran Bantu Ukraina As Kirim Paket Senjata Terbaru Senilai
Jor joran bantu ukraina as kirim paket senjata terbaru senilai rp2 triliun siti aisah nurhalida musthafa 7 mei 2022 08 54 wib presiden amerika serikat

Jor Joran Kucurkan Bantuan Militer Ke Ukraina As Kemungkinan
Apr 16 2022 as dapat segera mengirimkan drone paling canggih dan mematikan ke ukraina untuk melawan pasukan rusia

As Beri Bantuan Us 800 Juta Buat Ukraina Perang Makin Lama
Apr 14 2022 seperti dilansir dari cnn international presiden as joe biden mengatakan kepada mitranya dari ukraina pada rabu 13 4 2022 bahwa as

Biden Bersumpah Putin Tak Akan Pernah Bisa Menduduki Ukraina
Apr 22 2022 presiden amerika serikat joe biden bersumpah bahwa presiden rusia baca juga as kirim drone 39 hantu 39 bantu ukraina sekali senggol

Makin Panas Negara Ini Mau Bantu Putin Gempur Ukraina Cnbc
May 12 2022 jakarta cnbc indonesia belarusia kembali membuka peluang dalam membantu rusia dalam melancarkan serangan militernya ke ukraina

Bantu Ukraina Perangi Rusia Selandia Baru Kirim Pesawat
Apr 11 2022 tentara ukraina naik kendaraan lapis baja di samping tank rusia yang hancur di pinggiran kiev ukraina 31 maret 2022

Rusia Vs Ukraina Makin Ngeri Hingga Warga As Diminta Angkat Kaki
Feb 12 2022 hubungan antara rusia dengan ukraina kian memanas saking ngerinya presiden as joe biden meminta warganya yang berada di ukraina angkat

Apa Itu Nato Dan Mengapa Putin Dan Rusia Tidak Mempercayainya
Jan 26 2022 rusia menginginkan pasukan itu keluar komitmen apa yang diberikan nato terhadap ukraina presiden as joe biden mengatakan rusia akan membayar

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.