free stats
banner 728x250
Berita  

AS Tangguhkan Tarif Impor Baja Ukraina Selama Setahun Ke Depan

banner 120x600
banner 468x60

Press Report, Nur Vibriana Trinograhini

WASHINGTON – Departemen Perdagangan AS akan menangguhkan tarif impor baja dari Ukraina selama satu tahun.

banner 325x300

Tarif impor ditangguhkan untuk membantu memulihkan ekonomi Ukraina, yang berada di bawah tekanan karena perang yang sedang berlangsung.

Dilihat oleh Aljazeera.com, Ukraina adalah produsen baja terbesar ke-13 dan biasanya mengekspor sekitar 80 persen dari produksi bajanya. Departemen Perdagangan AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa perang mempengaruhi beberapa komunitas baja terbesar di Ukraina.

“Beberapa komunitas baja terbesar Ukraina termasuk yang paling terpengaruh oleh barbarisme Putin, dan pabrik baja Mariupol telah menjadi simbol permanen dari tekad Ukraina untuk melawan agresi Rusia,” kata kementerian itu.

Pada 2018, Amerika Serikat memberlakukan tarif 25 persen untuk impor baja, termasuk baja dari Ukraina. Perwakilan dari kedua partai besar AS pada April mendesak Presiden Joe Biden untuk menaikkan tarif impor baja dari Ukraina.

Sebelum konflik, hampir setengah dari impor AS dari Ukraina adalah logam seperti besi dan bijih atau bijih besi dan baja, meskipun mereka mewakili sebagian kecil dari total impor mineral AS. Baja dan sektor terkait menyumbang sekitar 12 persen dari PDB Ukraina.

Ketua Komite Keuangan Senat AS, Ron Wyden, memuji langkah AS untuk menangguhkan tarif impor baja Ukraina, karena dapat membantu perekonomian negara.

“Penting bagi Amerika Serikat untuk melakukan segala daya untuk mendukung ekonomi Ukraina,” kata Wyden.

Bulan lalu, Komisi Eropa mengusulkan penangguhan bea masuk satu tahun untuk semua barang dari Ukraina, yang tidak termasuk dalam FTA.

Uni Eropa juga telah mengusulkan pembebasan Ukraina dari perlindungan yang dapat membatasi impor baja, memperkenalkan tarif anti-dumping Uni Eropa saat ini pada pipa baja Ukraina dan baja canai panas.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.