free stats
banner 728x250
Berita  

Bamsoet: Pandemi Dan Perang Tak Jelas Akhirnya, Ketidakpastian Global Berlanjut Hingga Tahun Depan

banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Bambang Soesatyo mengatakan pandemi Covid-19 masih menjadi tantangan bersama.

Tantangan ini diperparah dengan terjadinya perang Rusia-Ukraina dan inflasi di negara-negara maju.

banner 325x300

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini memprediksi ketidakpastian global masih akan berlanjut hingga tahun depan.

“Pemerintah daerah memiliki peran dan kontribusi penting dalam menumbuhkan ekonomi kerakyatan dan meningkatkan daya saing potensi ekonomi daerah di tingkat global”, ujarnya dalam Talk Show B-Talk yang diselenggarakan oleh Banjarmasin Post, Selasa (2/8/2022).

Menurutnya, pandemi yang sudah berlangsung lebih dari dua tahun ini memberinya pelajaran penting.
Bamsoet meyakini bahwa bidang kesehatan harus terus ditingkatkan untuk mengantisipasi berbagai wabah yang mengancam peradaban manusia di masa depan.

“Tujuannya agar kegiatan ekonomi masyarakat tidak terhambat oleh pembatasan mobilitas dan sedikitnya perusahaan yang memberhentikan pekerjanya,” kata politisi Partai Golkar itu.

Tak bisa dipungkiri, lanjutnya, daya beli masyarakat yang menurun drastis memicu kesuraman dunia usaha di mana banyak pelaku ekonomi yang berhibernasi.

Menurut catatan BPS, hampir 12 juta penduduk usia kerja terdampak pandemi Covid-19, di antaranya 0,96 juta menganggur, 0,58 juta tidak bekerja sementara, 9,44 juta mengalami penurunan jam kerja, dan sisanya 0,55 juta. juta tidak berada di pasar tenaga kerja.

Bamsoet mengajak seluruh masyarakat untuk kembali optimis, pulih, dan pulih tanpa mengurangi kewaspadaan protokol kesehatan.

Ia meyakini potensi ancaman Covid-19 masih nyata mengingat masih ada berbagai varian kasus baru yang ditemukan.

“Pandemi Covid-19 memang menjadi ujian bagi kita semua, baik pemerintah maupun seluruh rakyat Indonesia, namun kita harus berpikir positif dan optimis bahwa ujian ini akan membuat kita semakin kuat menghadapi kesuksesan di masa depan “, begitu dia menyatakan.

Bamsoet mengatakan, sejalan dengan tema South Kalimantan Go Global, pihaknya yakin potensi ekonomi Bumi Lambung Mangkurat bisa digali.

“Kalimantan Selatan memang dikenal sebagai daerah yang kaya akan sumber daya alam berupa batubara dan perkebunan kelapa sawit, namun tidak boleh dilupakan bahwa ada berbagai potensi lain seperti pariwisata, ekonomi kreatif, potensi perkebunan dan pertanian, dan lain-lain,” ujarnya. ditambahkan.

Bamsoet menambahkan, arahan Presiden Jokowi pada sidang tahunan MPR pada 16 Agustus tahun lalu bahwa program pemulihan ekonomi nasional tetap menjadi prioritas utama seiring dengan reformasi di berbagai bidang.

Pemerintah, kata dia, telah mengalokasikan anggaran khusus untuk sektor kementerian atau lembaga pemerintah sebesar Rp 136,7 triliun.

“Anggaran tersebut terutama untuk kepentingan pariwisata, ketahanan pangan, perikanan, kawasan industri untuk pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, pinjaman daerah dan antisipasi pemulihan ekonomi,” kata Bamsoet.

Sementara itu, anggaran dukungan UMKM dialokasikan sekitar Rp 48,8 triliun melalui subsidi suku bunga kredit usaha, penjaminan pembiayaan UMKM dan penempatan dana perbankan.

”Berbagai program dan anggaran pemerintah tentunya dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi daerah agar efektif dan bermanfaat,” jelasnya.

Calon Kepala
Daerah Provinsi Kalsel Diskominfo Muhamad Muslim mewakili Gubernur Kalsel mengatakan, terminologi Go Global biasanya lahir dari perbandingan.

Ini adalah pertanyaan tentang menyiapkan strategi kompetitif sehingga produk atau layanan suatu wilayah dapat diterima oleh pasar internasional.

“Tujuan Go Global juga untuk menciptakan efisiensi operasional dan rantai pasokan sehingga pasokan dan permintaan tetap stabil,” kata Muslim.

Muslim mengatakan Kalsel memiliki potensi lokal yang besar namun tetap perlu dihadirkan dengan brand image yang kuat agar dapat berkontribusi terhadap pendapatan daerah.

“Tantangan dan peluang ke depan tentu berbeda dengan 10 atau 20 tahun lalu, kini ruang Go Global terbuka lebar karena pesatnya perkembangan teknologi IT. informasi,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Muslim menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada posko Banjarmasin ke-51.

Menurutnya, di usia setengah abad merupakan pencapaian yang membanggakan.

”Tidak mudah bagi sebuah surat kabar harian untuk terus meningkatkan eksistensinya selama 51 tahun, kami berharap Banjarmasin Post semakin maju dalam menyajikan informasi yang nyata dan akurat kepada masyarakat,” kata Muslim. (Jaringan/Reynas Abdila)

Bamsoet Ingatkan Tni Polri Waspada Hadapi Situasi Geopolitik
Ketua mpr ri bambang soesatyo bamsoet mengingatkan tni polri agar dari pendadakan strategis pandemi covid 19 dan perang di ukraina

Bamsoet Ingatkan Indonesia Butuh Pphn Untuk Bersiap Hadapi
3 hari yang lalu bamsoet menambahkan arahan presiden joko widodo sudah jelas bahwa seluruh pemangku kepentingan harus dapat meningkatkan rasa krisis sehingga

Bamsoet Didaulat Jadi Ketua Dewan Kehormatan Asian African
Mengingat tidak ada yang menang dalam perang semua pihak yang terlibat akan sama sama sengsara jelas bamsoet usu

Pemerintah Diminta Antisipasi Ancaman 39 Krisis Di Atas Krisis 39
Untuk itu bamsoet meminta pemerintah agar menyampaikan proposal yang menghadapi pandemi covid 19 maupun dampak perang rusia ukraina

Bamsoet Siap Gelar Lomba Mobil Modifikasi 39 Imx Black Stone
Bamsoet siap gelar lomba mobil modifikasi 39 imx black stone livemods 2022 perang bintang 39 kategori mpr ditayangkan 07 april 2022 read time 1 min

Bamsoet Fkppi Siap Bantu Tni Jaga Kedaulatan Bangsa
Melainkan juga menyasar perang siber dan informasi ujar bamsoet usai widodo yang kembali menjadi inspektur upacara jelas bamsoet

Hindari Kegaduhan Bamsoet Ajak Seluruh Elemen Bangsa Atasi
Jakarta ketua mpr ri bambang soesatyo mengungkapkan dampak lanjutan pandemi covid 19 ditambah dampak akibat perang rusia ukraina

Catatan Bamsoet Inisiatif Indonesia Akhiri Ketidakpastian Global
Kebuntuan komunikasi menjadi semakin jelas ketika kepala staf tahun pandemi covid 19 kini terus berlanjut oleh ekses dari perang rusia

Bamsoet Apresiasi 76 Tahun Pengabdian Bin Jaga Kedaulatan
Memasuki era new normal pasca pandemi covid 19 serta melihat perkembangan geopolitik dunia akibat perang rusia ukraina

Bamsoet Dulu Usir Penjajah Sekarang Berjuang Perangi Pandemi
Kalau para pejuang di masa lalu maju ke medan perang dengan bambu runcing semua elemen bangsa terkini harus mengalahkan cengkeraman covid 19

Bamsoet Tegaskan Pentingnya Melayani Dan Melindungi Pemudik
Kesempatan ini hendaknya tidak disia siakan kata bamsoet kendati pandemi covid 19 belum berakhir presiden joko widodo memutuskan untuk

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.