free stats
banner 728x250
Berita  

Bangladesh Kerek Harga Bahan Bakar Hingga 50 Persen Akibat Lonjakan Harga Energi

banner 120x600
banner 468x60

Journalist Report, Mikael Dafit Adi Prasetyo

DHAKA – Pemerintah Bangladesh mengumumkan kenaikan harga BBM sebesar 50 persen pada Sabtu (6/8/2022).

banner 325x300

Sebelumnya, Bangladesh dilaporkan mencari pinjaman dari lembaga global, termasuk Dana Moneter Internasional (IMF) setelah tagihan impornya membengkak karena melonjaknya harga energi dan pangan.

“Harga bensin naik 51,2 persen menjadi 130 taka atau sekitar 1,38 dollar AS per liter, harga bensin oktan 95 naik 51,7 persen menjadi 135 taka, sedangkan solar dan minyak tanah naik 42,5 persen,” katanya. Kementerian listrik, energi dan sumber daya mineral Bangladesh, menambahkan bahwa kenaikan harga bahan bakar tidak dapat dihindari, mengingat kondisi pasar global.

Selain itu, Bangladesh Petroleum Corporation yang dikelola negara telah kehilangan lebih dari 8 miliar taka atau sekitar 85 juta dolar AS dari penjualan minyak dalam enam bulan hingga Juli.

“Harga baru sepertinya tidak bisa ditolerir semua orang. Tapi kami tidak punya pilihan lain. Masyarakat harus bersabar,” kata Nasrul Hamid, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bangladesh.

Dia juga menambahkan bahwa harga BBM akan disesuaikan kembali jika harga minyak dunia turun.

“Perlu, tapi saya tidak pernah membayangkan peningkatan yang drastis. Saya tidak tahu apakah pemerintah memenuhi prasyarat untuk memiliki pinjaman IMF,” kata seorang pejabat pemerintah dikutip dari Reuters, Minggu (7/8). /2022). .

Sekjen Partai Nasionalis Bangladesh (BNP) Mirza Fakhrul Islam Alamgir mengatakan kenaikan harga BBM akan berdampak negatif terhadap perekonomian.

Sementara itu, tingkat inflasi Bangladesh telah berada di atas 6% selama sembilan bulan berturut-turut, dan mencapai 7,48% pada bulan Juli, memberikan tekanan pada keluarga miskin untuk memenuhi pengeluaran sehari-hari dan meningkatkan risiko kerusuhan sosial.

“Kami sudah berjuang untuk memenuhi kebutuhan. Sekarang pemerintah telah menaikkan harga BBM, bagaimana kami bisa bertahan?” kata Mizanur Rahman, seorang pegawai swasta.

Pemerintah Bangladesh terakhir menaikkan harga solar dan minyak tanah sebesar 23% pada bulan November, yang juga mendorong kenaikan tarif transportasi hampir 30%.

Di tengah cadangan devisa yang semakin menipis, Pemerintah Bangladesh telah mengambil serangkaian tindakan, termasuk membatasi impor barang mewah dan impor bahan bakar termasuk gas alam cair (LNG) dan menutup pembangkit listrik tenaga diesel karena pemadaman listrik berulang.

Secara terpisah, cadangan devisa Bangladesh saat ini mencapai 39,67 miliar dolar AS per 3 Agustus, diperkirakan hanya cukup untuk menutupi impor selama lima bulan ke depan.

Sri Lanka Kerek Harga Bbm Ke Rekor Tertinggi Warga Diimbau
Ini merupakan rekor kenaikan harga bahan bakar di tengah krisis ekonomi terburuk negara itu karena kekurangan cadangan devisa

Daftar Harga Bbm Pertamina Dan Spbu Swasta Mana Yang Lebih
Pertamax turbo ron 98 rp 13 500 hingga rp 14 000 dexlite cn 51 rp 12 150 hingga rp 12 650 pertamina dex cn 53 rp 11 550 hingga rp

Harga Keekonomian Rp 14 256 Pertamina Disarankan Kerek
Kenaikan harga minyak dunia hingga kini belum berpengaruh pada harga jual bbm jenis pertamax dan pertalite di pulau jawa pertamax dilego rp

Harga Bbm Berubah Cek Di Spbu Pertamina Shell Vivo Bp
Harga bbm berubah cek di spbu pertamina shell vivo bp tim redaksi cnbc indonesia news 04 august 2022 09 50 kendaraaan mengiisi bbm di salah satu

Ini Alasan Pertamina Naikkan Harga Bbm Per 3 Agustus 2022
4 hari yang lalu pertamina meyakini kenaikan harga bbm nonsubsidi tersebut tidak akan icp yang masih tertahan tinggi hingga pertengahan tahun ini

Harga Bbm Di Spbu Pertamina Naik Lebih Mahal Dari Bbm As
Jakarta cnbc indonesia pt pertamina persero resmi menaikkan harga untuk ketiga produk bahan bakar minyak bbm miliknya yakni pertamax

Daftar Harga Bbm Pertamina Terbaru 2022 Pertalite Pertamax
Kenaikan harga bbm pertamina berbeda beda di setiap wilayah indonesia yaitu berkisar rp 1 500 hingga rp 2 650 per liter

Home Nasional Kabar Tegal
Harga bbm nonsubsidi melejit hampir di seluruh provinsi indonesia hingga menyentuh angka rp17 000 liter annisa nurul fadila 11 juli 2022 22 50 wib

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.