free stats
banner 728x250
Berita  

Bisnis GOTO Bakal Makin Terpacu Oleh Layanan Pesan GoFood Di Tokopedia

banner 120x600
banner 468x60

Report by reporter, Choirul Arifin

JAKARTA – Kehadiran layanan pesan-antar makanan GoFood di platform Tokopedia saat ini diyakini semakin menopang fundamental bisnis PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO).

banner 325x300

Inovasi ini dipandang sebagai langkah nyata sinergi ekosistem dan cross-selling perusahaan digital terbesar di Indonesia.

Analis pasar modal yang juga Associate Director Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus mengatakan, kehadiran layanan GoFood di Tokopedia merupakan bentuk kolaborasi strategis sejalan dengan upaya penguatan ekosistem yang telah dibangun manajemen GOTO dari awal untuk menjangkau konsumen yang lebih luas sekaligus menciptakan pengalaman baru bagi masyarakat. .

“Ini langkah membangun ekosistem yang hebat. Apalagi Tokopedia tidak main-main karena sudah hampir jadi SuperApps juga. Semuanya ada di sana. Dengan GoFood, belanja di Tokopedia, delivery dengan Gojek. Nah, di tengah, ada kan pembayaran tentunya juga menggunakan layanan kelompoknya. Bayangkan seberapa besar itu,” ujarnya dalam siaran pers tertulis, Senin (15/8/2022).

Nico menjelaskan, sinergi ini juga akan semakin memperkuat GoFood yang selama ini menjadi market leader di layanan pesan-antar makanan online. “Pasti makin kuat karena yang belum install aplikasi GoFood bisa pesan lewat aplikasi Tokopedia,” kata Nico.

Hasil riset JAKPAT yang dipublikasikan pada Juli 2022 menunjukkan bahwa GoFood memimpin 61% sebagai layanan yang paling banyak digunakan.

Sementara itu, riset Southeast Strategics yang diterbitkan pada Juni 2022 menyatakan bahwa GoFood adalah penyedia layanan pesan-antar makanan online (top) yang paling dikenal oleh konsumen dan mendorong tingkat pembelanjaan terbesar di dunia. industri.

“Ekosistem seperti apa yang disukai dan dibutuhkan masyarakat untuk menghadirkan pengalaman baru, kini GOTO meraihnya dengan mengambil bolanya,” ujarnya.

Aksi GOTO juga harus berdampak positif bagi UMKM, khususnya bidang kuliner, agar berkembang. “Bahkan sudah terlihat sejak pandemi, di mana Gojek menjadi perpanjangan tangan banyak orang untuk kebutuhan belanja,” imbuhnya.

Hal ini tercermin dari hasil Lembaga Penelitian Kependudukan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) yang diumumkan pada akhir tahun 2021. Pendapatan UMKM mitra GoFood di tahun 2021 rata-rata meningkat sebesar 66% dibandingkan tahun sebelumnya.

Kehadiran GoFood di aplikasi Tokopedia juga dipandang sebagai strategi bisnis yang cerdas untuk memaksimalkan sinergi pengguna di setiap platform.

“Ada banyak ruang untuk berkembang, terutama bagi pengguna Tokopedia yang belum menginstal aplikasi GoFood dan itu terbayar bagi merchant GoFood karena mereka dapat menjangkau pasar yang lebih luas melalui Tokopedia”, Nico menjelaskan.

Ruang pertumbuhan tersebut tercermin dari laporan kinerja GOTO Q1 2022 yang mencatat bahwa porsi pengguna Gojek dengan Tokopedia hanya mencapai 21% atau sekitar 11,6 juta. pengguna. Sejak menerapkan strategi sinergi ekosistem, pengguna GOTO lintas platform terus tumbuh sebesar 37%.

Sebelum adanya inovasi GoFood di Tokopedia, strategi cross-platform cross-selling ini juga telah diterapkan, antara lain dengan meluncurkan GoSend Car, layanan GoCar untuk mengantarkan paket Tokopedia. Ada juga GoKilat sebagai metode pengiriman untuk pembelian di Tokopedia dan peluncuran GoPay sebagai metode pembayaran di Tokopedia.

Analis Samuel Sekuritas Indonesia Muhammad Farras Farhan mengatakan kehadiran GoFood di aplikasi Tokopedia sejalan dengan strategi cross-pollination (sinergi antar platform) yang dilakukan GOTO untuk mengakselerasi profitabilitas. “Dengan ini, aktivitas (transaksi) akan meningkat,” katanya.

Meski dalam jangka pendek, dampak peningkatan transaksi pertama kali akan terjadi di Tokopedia, tambah Farras, namun strategi penyerbukan silang berupa penyertaan GoFood dalam commerce elektronik pada akhirnya akan berdampak lebih luas ke seluruh ekosistem GOTO.

Merujuk hasil risetnya, Farras masih meyakini potensi pertumbuhan Gross Transaction Value (GTV) GOTO akan mencapai Rp 710 triliun pada 2022 dibandingkan dengan mencapai Rp 461 triliun. tahun sebelumnya, terutama karena penerapan strategi hiperlokal dan penyerbukan silang ini.

GOTO dalam pengumuman resminya mengatakan saat ini perusahaan memiliki empat pilar strategi bisnis untuk mempercepat pencapaian profitabilitas.

Pertama, meningkatkan cross-selling atau up-selling antar platform yang terdiri dari Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial. Kedua, dengan menggunakan pendekatan hyperlocal untuk layanan logistik dan pemenuhan e-commerce.

Strategi ketiga adalah mengintegrasikan layanan financial technology (fintech) di semua platform dan strategi keempat adalah meningkatkan layanan bernilai tambah bagi mitra pengemudi, mitra bisnis, dan konsumen.

Bisnis Indonesia Mewaspadai Dua Risiko Dual Listing Goto
Bisnis jakarta rencana goto mencatatkan sahamnya di bursa efek indonesia bahkan para pelaku startup bakal makin terpacu untuk saling

Pertumbuhan Bisnis Diperkirakan Positif Simak Prospek Saham
Pertumbuhan bisnis pt goto gojek tokopedia tbk goto diperkirakan akan semakin positifi ke depan sejak merger goto fokus pada tiga segmen

Rencana Bisnis Goto Pasca Ipo Ekspansi Luar Negeri Tambah
Perusahaan gabungan gojek dan tokopedia bakal berfokus ekspansi ke luar negeri bisnis berkelanjutan hingga memperbanyak layanan

Dikabarkan Bakal Ipo Seberapa Menarik 39 Mesin 39 Bisnis Goto
Resmi tokopedia gojek merger jadi goto group lini utama yakni gojek layanan on demand pt tokopedia e commerce dan goto financial

Saham Goto Direkomendasikan Buy Dan Hold Simak Ulasannya
Manajemen goto gojek tokopedia goto semakin fokus dan konsisten dalam saat ini kekuatan fundamental goto ditopang tiga pilar bisnis

Bos Bank Jago Arto Bocorkan Tiga Inisiatif Kerja Sama Dengan
6 hari yang lalu bocorannya jago dan goto financial gopay akan memiliki kekuatan mereka akan meluncurkan layanan merchant business solusi kelola

Goto Ungkap Empat Rencana Bisnis Setelah Ipo Katadata
Goto perusahaan gabungan gojek dan tokopedia mengungkapkan empat rencana bisnis antar layanan dalam ekosistem goto sehingga semakin banyak konsumen

Faktor Fundamental Dan Strategis Bisnis Kuat Jadi Dasar
Strategi pt goto gojek tokopedia tbk goto untuk menerapkan berbagai ke depan lini bisnis fintech goto diproyeksi akan semakin

Hadirkan Layanan Gofood Di Tokopedia Goto Sinergikan Bisnis
4 hari yang lalu hal ini juga memberikan peluang lebih besar bagi merchant gofood untuk meningkatkan jumlah transaksi sejalan dengan semakin luasnya akses kepada

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.