free stats
banner 728x250
Berita  

Bisnis Harus Go Digital Agar Hasilnya Bisa Optimal

banner 120x600
banner 468x60

Laporan Wartawan, Eko Sutriyanto

MAKASSAR – Dunia digital membuka peluang besar bagi siapa saja untuk membangun bisnis tanpa perlu modal besar seperti bisnis konvensional namun membutuhkan pemahaman dan keterampilan digital agar bisnis dapat berkembang secara optimal.

banner 325x300

Business Owner dan Certified Business Coach Eko Sugiono menjelaskan alasan pentingnya sebuah bisnis go digital karena hemat biaya.

“Jika dulu membuka usaha sering terkendala kendala modal karena harus menyewa ruko atau kantor dan mengeluarkan biaya besar untuk berpromosi, di era digital ini masyarakat bahkan bisa memulai usaha tanpa memerlukan modal awal,” ujarnya saat webinar bertema Meningkatkan Penjualan Produk Melalui E-Commerce di Makassar baru-baru ini.

Lecturer of Library Science Universitas Brawijaya Bayu Indra Pratama; and Lecturer/Head of Digital Business Study Program Fadliyani Nawir.

Ditegaskan, di era teknologi yang penting bukan uang tapi kemauan, karena dulu untuk memulai usaha butuh modal yang besar, kalau sewa di mall Rp. 20 juta setahun.

“Tapi ketika kita mulai online, tanpa biaya kita bisa menggunakan marketplace yang ada atau menggunakan media sosial. Kalau kita tidak punya produk sendiri, kita bisa menjadi reseller. Risikonya juga tidak sebesar bisnis konvensional, ” dia berkata.

Ia melanjutkan, beberapa manfaat lain dari go digital antara lain memperluas jangkauan produk, membantu menemukan audiens yang ideal, hasil yang terukur, dan meningkatkan laba atas investasi atau ROI. Tak kalah pentingnya, para pesaing bisnis pun sudah melakukannya.

“Bagi pebisnis atau pengusaha, go digital now or die in the void. Jangan tunggu nanti, sekarang saja. Mengapa sekarang perlu go digital? karena pesaing Anda sudah melakukannya. Jadi, jangan tunda lagi.”

Bayu Indra Pratama menekankan perlunya kemahiran dalam media digital, yaitu mampu mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak dalam lanskap digital, mesin pencari informasi, aplikasi percakapan dan media sosial, serta aplikasi dompet digital, marketplace, dan transaksi digital.

Misalnya dalam penggunaan gadget, menurut Bayu, banyak orang yang membeli gadget canggih dan mahal hanya untuk gengsi namun tidak bisa menggunakannya secara maksimal.

“Bagaimana kita bisa membuat gadget yang kita beli dan miliki dapat memberikan nilai lebih. Coba utak-atik dan jadilah orang pintar yang bisa mengoptimalkan smartphone kita. Misalnya dengan gadget, kita bisa mencari informasi di mesin pencari informasi, dan untuk itu kita perlu kemampuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana mengakses berbagai informasi mesin pencari yang ada,” ujarnya.

Fadliyani Nawir menjelaskan tentang pembayaran berbasis digital yang juga harus dipahami dan diterapkan jika ingin berbisnis atau berjualan online.

Menurutnya, fitur-fitur yang dihadirkan dalam cashless society memudahkan aktivitas transaksi online di mana saja dan kapan saja.

Cashless society sendiri hanyalah sebuah kegiatan ekonomi yang dilakukan tanpa menggunakan uang fisik atau uang tunai.

Beberapa keuntungan dari cashless society antara lain lebih mudah melacak transaksi yang dilakukan dalam jangka waktu yang diperlukan, relatif lebih aman karena tidak perlu membawa uang tunai, menghemat banyak waktu dan biaya untuk transaksi, meminimalkan terjadinya tindakan kriminal seperti perampokan, serta meningkatkan volume penjualan dan menekan biaya. kerugian akibat human error,” jelasnya.

Dengan banyaknya penipuan online, ia juga mengingatkan mereka untuk selalu memperhatikan dan berhati-hati dengan keamanan saat bertransaksi online.

“Sering-seringlah mengupdate informasi terkait penggunaan teknologi di sektor keuangan agar tidak terjadi kecurangan,” ujarnya.

5 Alasan Umkm Wajib Go Digital Di Tengah Pandemi Investree Blog
Maka itu membawa usaha anda untuk go digital justru dibutuhkan agar tetap bisa bertahan di situasi pandemi dan mengurangi risiko

7 Strategi Bisnis Untuk Bersaing Di Era Digital Jurnal Id
Oleh karena itu strategi bisnis merupakan hal penting yang wajib anda buat agar dapat menghadapi persaingan bisnis mirisnya tidak semua pelaku usaha tidak

Membangun Bisnis Di Era Digital Website Lldikti Wilayah V
Menurut data yang dipaparkannya sebanyak 74 perusahaan mendigitalkan bisnisnya agar bisa bertahan saat pandemi covid 19 melanda

Penting Inilah 7 Alasan Umkm Harus Go Digital Hari Ini Exabytes
Go digital sudah menjadi keharusan sekarang ini agar bisnis umkm kamu bisa terus bersaing sumber adobe photo images

Umkm Go Digital
Buku umkm go digital ini disusun agar bisa menjadi pedoman praktis bagi pelaku usaha keuntungan materi prinsip bisnis syariah juga demikian adanya

Empat Tips Bagi Umkm Yang Ingin Go Digital Antaranews Com
Masuk platform digital diyakini bisa membantu usaha mikro pelaku usaha memahami pemasaran digital agar bisnis mereka teurs bertumbuh

Banyak Keuntungan Bagi Umkm Jika Go Digital Apa Saja
Lalu seberapa penting umkm harus go digital begitu diharapkan umkm yang belum masuk dalam ekosistem bisnis digital bisa terdorong dan

7 Alasan Umkm Harus Go Digital Hari Ini Linkumkm
Dengan go digital para pegiat umkm bisa lebih menghemat modal karena tidak harus memiliki toko fisik agar produk bisa dikenal

Saatnya Umkm Go Digital Sindonews
Transformasi teknologi penting agar produk umkm memiliki daya saing dan pasar platform yang bisa mendukung bisnis mereka secara online

10 Alasan Mengapa Digital Marketing Penting Untuk Bisnis Ukm
Dengan kata lain bisnis ukm perlu memperluas usahanya agar memperoleh hasil penjualan yang maksimal manfaatkan seluruh platform media online

Empat Strategi Go Digital Untuk Umkm Pajak Com
Ada empat strategi yang harus dipersiapkan agar hasil go digital bisa sesuai harapan dalam digitalisasi hal paling vital adalah pada

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.