free stats
banner 728x250
Berita  

BUMN Diklaim Berkontribusi Rp 1.200 Triliun Ke Negara Dalam 3 Tahun Terakhir

banner 120x600
banner 468x60

Laporan wartawan, Yanuar Riezqi Yovanda

JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengatakan, sebagai bagian dari upaya peningkatan peran negara, BUMN yang semula memiliki berbagai bentuk kegiatan usaha menjadi lebih efisien dan fokus dalam menjalankan usahanya.

banner 325x300

Asisten Deputi Bidang Perundang-undangan Kementerian BUMN Wahyu Setiawan mengatakan, bukti nyata dampak transformasi BUMN terlihat dari kontribusinya kepada Negara, terutama dalam hal pendapatan yang setiap tahun meningkat.

“Selama tiga tahun terakhir, kontribusi BUMN mencapai sekitar Rp 1,2 triliun. Itu terdiri dari setoran pajak dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP), termasuk yang berasal dari dividen dan bagi hasil,” kata Wahyu dalam keterangannya, Rabu (10/8/2022).

Dijelaskannya, proses transformasi dilakukan melalui holding BUMN yang dibagi sesuai klasifikasi kegiatan usaha yang tercantum pada 5 pilar.

Kelimanya antara lain memberikan kontribusi nilai ekonomi dan sosial, mendorong inovasi model bisnis, mencapai kepemimpinan teknologi, mendorong peningkatan investasi dan implementasi pengembangan talenta dalam pembangunan berkelanjutan.

Selain memberikan kontribusi kepada negara, kata Wahyu, peran BUMN diperkuat melalui pembentukan model bisnis baru seperti perbankan syariah, merger beberapa BUMN, dan integrasi ultra-micro holdings yang ditujukan untuk memajukan UMKM.

“Dalam hal penyelenggaraan kemanfaatan umum, peran BUMN semakin strategis belakangan ini, terutama dalam rangka pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19. percepatan pembangunan infrastruktur di berbagai pelosok sehingga menambah nilai bagi masyarakat,” ujarnya.

Wahyu menambahkan seiring dengan proses transformasi, BUMN menghadapi berbagai tantangan dan hambatan.

Secara khusus, hal ini berkaitan dengan isu hukum strategis yang menarik perhatian berbagai pemangku kepentingan dan berdampak pada masyarakat luas.

Dengan adanya tantangan dan hambatan tersebut, dipandang perlu untuk mengkonsolidasikan fungsi hukum perusahaan publik dengan meningkatkan keterampilan dan kapasitas mereka.

Hal ini bertujuan untuk mendukung dan mengawal proses transformasi BUMN, mencegah dan menyelesaikan berbagai tantangan dan hambatan permasalahan hukum BUMN, baik yang terjadi saat ini maupun yang akan datang.

“Konsolidasi fungsi hukum BUMN juga penting sebagai sarana berbagi pembelajaran, agar persoalan hukum strategis serupa tidak muncul di BUMN lain”, tutup Wahyu.

Dalam rangka mendukung konsolidasi tersebut, dilaksanakan kegiatan Road to BUMN Legal Summit 2022 yang melibatkan staf hukum BUMN dan mahasiswa hukum dari beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia.

BUMN Legal Summit 2022 merupakan acara yang wajib dihadiri oleh seluruh staf hukum BUMN dan afiliasinya.

Erick Thohir Wanti Wanti Bos Bumn Laba Harus Naik Ke Rp 144 T
7 hari yang lalu transformasi pada bumn diklaim menunjukkan hasil hal itu tercermin dari laba pada 2021 laba bumn meningkat menjadi rp 126 triliun

Pertamina Dan Akr Corporindo Belum Setor Pajak Bahan Bakar
Pertamina kemudian menyatakan juga telah menyetorkan hampir rp200 triliun sepanjang tahun lalu kontribusi kepada keuangan negara ini diklaim

Erick Ungkap Kontribusi Bumn Sentuh Rp 1 200 Triliun Dalam 3
Menteri bumn erick thohir saat rapat kerja dengan komisi vi dpr erick menyampaikan kontribusi sebesar rp 4 013 triliun berasal dari rp

Ungkap Kontribusi Bumn Tembus Rp1 200 Triliun Erick Thohir
Belum lama ini menteri bumn erick thohir menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan dan persetujuan komisi vi dpr

Erick Kontribusi Bumn Untuk Negara Capai Rp 1 200 Triliun Dalam
Erick menyampaikan kontribusi bumn terhadap negara dalam 10 tahun terakhir mencapai rp 4 013 triliun yang berasal dari rp 2 118 triliun

Catatan Kritis Kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional Untuk Bumn
Persentase total kontribusi bumn terhadap total pendapatan negara hanya sebesar 22 perekonomian dengan anggaran sebesar rp405 1 triliun

Erick Thohir Pamer Ke Dpr Kontribusi Bumn Tembus Rp1 200 Triliun
Kementerian badan usaha milik negara bumn melaporkan kontribusi perusahaan pelat merah per tahun naik sebesar rp50 triliun selama tiga

Erick Thohir Pamer Kontribusi Bumn Capai Rp1 200 Triliun Dalam
Akumulasi kontribusi bumn dalam tiga tahun terakhir mencapai rp1 200 triliun yang berasal dari dividen pajak dan bagi hasil

Erick Thohir Klaim Bumn Berkontribusi Rp1200 Triliun Kepada
Menteri bumn erick thohir mengklaim bahwa perusahaan plat merah telah alhamdulillah kontribusi bumn untuk indonesia mencapai rp1 200 t

Pamer Kontribusi Bumn Ke Negara Tembus Rp1 200 Triliun Erick
Pamer kontribusi bumn ke negara tembus rp1 200 triliun erick thohir di dpr ini prestasi bagi saya luar biasa

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.