free stats
banner 728x250
Berita  

Buntut Kunjungan Nancy Pelosi, China Batasi Perdagangan Dengan Taiwan

banner 120x600
banner 468x60

Report you journalist, Mikael Dafit Adi Prasetyo

BEIJING — China telah membatasi perdagangannya dengan Taiwan di tengah meningkatnya ketegangan menyusul kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (DPR), Nancy Pelosi.

banner 325x300

Otoritas perdagangan dan bea cukai China mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka telah menghentikan ekspor pasir, bahan utama yang digunakan dalam konstruksi, dan impor buah jeruk Taiwan dan jenis ikan tertentu.

Selain itu, Administrasi Umum Bea Cukai China mengatakan impor makanan telah dihentikan karena adanya pestisida dan virus corona di beberapa pengiriman, sementara Kementerian Perdagangan mengatakan telah menangguhkan ekspor pasir sesuai dengan ketentuan hukum yang tidak ditentukan.

Kantor Urusan Taiwan China secara terpisah mengumumkan bahwa mereka akan melarang perusahaan dan individu China melakukan transaksi keuangan dengan dua yayasan Taiwan, Taiwan Democracy Foundation dan Taiwan International Cooperation and Development Fund.

Pengumuman itu datang ketika Pelosi sedang dalam kunjungan ke Taiwan, meskipun Beijing sebelumnya telah memperingatkan konsekuensi serius jika politisi veteran Demokrat itu bersikeras melakukan perjalanan ke Taiwan.

Pembatasan perdagangan tersebut menyusul pemberitahuan dari bea cukai China pada Senin (1/8) yang telah memasukkan lebih dari 100 merek makanan Taiwan ke daftar hitam karena gagal memperbarui pendaftaran ekspornya.

Direktur Jenderal Administrasi Makanan dan Obat Taiwan Wu Shou-Mei mengatakan pembatasan perdagangan China dapat dimotivasi secara politik karena produsen Taiwan diperlakukan berbeda dari yang ada di tempat lain.

China sendiri merupakan mitra dagang terbesar Taiwan, dengan total ekspor produk ke China dan Hong Kong mencapai US$188,9 miliar pada tahun 2021.

Tahun lalu, China juga melarang impor nanas Taiwan dengan alasan masalah “keamanan hayati”.

China telah dituduh menggunakan perdagangan sebagai senjata dalam beberapa tahun terakhir, dengan Australia dan Lithuania melihat ekspor mereka terkena tarif dan pembatasan lainnya setelah terlibat dalam perselisihan dengan China. Beijing.

Alicia García-Herrero, kepala ekonom untuk Asia-Pasifik di Natixis di Hong Kong, mengatakan penangguhan impor buah dan ikan akan berdampak kecil pada ekonomi Taiwan, tetapi menghentikan ekspor pasir dapat berdampak signifikan karena konstruksi telah menjadi faktor penting. sumber ekonomi Taiwan. pertumbuhan selama bertahun-tahun.

“Taiwan berpotensi dilanda krisis pasir dan kerikil dalam waktu dekat,” kata García-Herrero.

“Saya tidak akan mengatakan itu ekspor utama dari China, tapi itu merugikan Taiwan.” tambahnya.

Namun, Julien Chaisse, pakar investasi dan perdagangan di City University of Hong, mengatakan Taiwan hanya mengimpor sebagian kecil pasirnya dari China dan telah mengurangi ketergantungannya pada impor dalam beberapa tahun terakhir.

“Saya pikir pengukuran itu simbolis karena pasir adalah zat yang paling banyak digunakan setelah air, digunakan di hampir setiap konstruksi atau proses manufaktur,” kata Chaisse.

Sementara itu, pakar perdagangan China di Universitas Manajemen Singapura, Henry Gao, mengatakan Beijing harus memperkenalkan langkah-langkah ekonomi baru yang menargetkan Taiwan.

“Saya pikir sangat mungkin bahwa China akan mengumumkan sanksi ekonomi lebih lanjut, tetapi mereka tidak mungkin efektif kecuali China melarang impor terbesarnya dari Taiwan, yaitu semikonduktor,” kata Gao.

“Namun, itu juga akan merugikan China sendiri, karena banyak perusahaan China bergantung pada semikonduktor.” tambahnya.

Kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan

Pelosi yang merupakan Ketua DPR Amerika Serikat, mendarat di Taiwan pada Selasa malam (2/8) setelah kunjungan dua hari ke Singapura.

Dalam op-ed yang diterbitkan oleh The Washington Post beberapa menit setelah kedatangannya, Pelosi mengatakan Amerika Serikat tidak bisa duduk diam karena Beijing terus mengancam Taiwan.

Kementerian Luar Negeri China kemudian mengutuk kunjungan Pelosi ke Taiwan, menambahkan bahwa itu adalah bagian dari “provokasi politik besar” oleh Amerika Serikat.

Ketegangan antara China dan Amerika Serikat

Pekan lalu, ketegangan antara China dan Amerika Serikat mulai meningkat karena laporan bahwa Pelosi mengunjungi Taiwan.

Mengutip Al Jazeera, ketegangan itu meningkat ketika Presiden China Xi Jinping memperingatkan Presiden AS Joe Biden untuk tidak ikut campur dengan Taiwan.

Gedung Putih kemudian mengatakan kebijakan AS tidak berubah dan Washington sangat menentang upaya sepihak untuk mengubah status quo atau merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.

Sementara itu, Biden mengatakan pembicaraan yang dia lakukan dengan Xi Jinping bertujuan untuk menemukan cara baru untuk bekerja sama dengan China di tengah meningkatnya persaingan global dan ketegangan antara kedua negara mengenai hak asasi manusia. manusia, kesehatan global dan kebijakan ekonomi.

No It S Not Sexist To Call Nancy Pelosi Rich
On the heels of passing a long overdue legislative relief package house speaker nancy pelosi was accused of being out of touch for saying that she believed a 600 stimulus check was a consequential sum of money to working people as her co

Buntut Kunjungan Nancy Pelosi Impor Buah Dan Ikan Dari Taiwan
8 jam yang lalu impor beberapa buah dan ikan dari taiwan ditangguhkan oleh china rabu 3 8 waktu setempat

Buntut Kunjungan Pelosi Ke Taiwan Cina Stop Impor Ikan Dan Buah
3 jam yang lalu beijing riaupos co cina mengumumkan sanksi disiplin untuk taiwan sebagai dampak dari kunjungan ketua dpr amerika serikat nancy pelosi

Buntut Kunjungan Ketua Dpr As Ke Taiwan Asean Ikut Campur
22 jam yang lalu hal tersebut akan dilakukan buntut kunjungan ketua dpr as nancy pelosi ke taiwan yang membuat china murka

Buntut Kunjungan Nancy Pelosi Ke Taiwan China Panggil Dubes As
1 hari yang lalu buntut kunjungan ketua dpr as nancy pelosi ke taiwan pemerintah china memanggil duta besar amerika serikat dubes as di beijing

China 39 Gebuk 39 Taiwan Dengan Sanksi Gara Gara Lawatan Pelosi
21 jam yang lalu pemerintah china menyetop sementara ekspor pasir alam ke taiwan buntut dari kunjungan ketua dpr as nancy pelosi

Alert China Resmi Sanksi Taiwan Buntut Kedatangan Pelosi
24 jam yang lalu ini terjadi di tengah panasnya hubungan negeri itu dengan taiwan dan amerika serikat as seiring datangnya ketua dpr nancy pelosi

Nancy Pelosi S Life In Pictures Best Photos Of Nancy Pelosi
See photos of nancy pelosi the speaker of the house through the years here every item on this page was chosen by a town country editor we may earn commission on some of the items you choose to buy these days the speaker of the house

5 Skenario China 39 Hukum 39 Taiwan Jika Kedatangan Pelosi
2 hari yang lalu china memperingatkan bakal merespons dengan tegas kunjungan ketua dewan perwakilan rakyat dpr amerika serikat nancy pelosi ke taiwan

What S Going On In Taiwan How China Taiwan Tensions Impact Global Relations
Taiwan has a government separate from china but its independence has never officially been declared tensions between the countries continue to arise over this issue

Buntut Kunjungan Pelosi China Setop Perdagangan Dengan Taiwan
China menghentikan sejumlah perdagangan dengan taiwan butut dari kunjungan ketua dewan perwakilan rakyat as nancy pelosi ke taiwan

Buntut Kunjungan Ketua Dpr As Ke Taiwan China Janji Luncurkan
1 hari yang lalu militer china dilaporkan dalam kondisi siaga tinggi sehubungan kunjungan ketua dpr as nancy pelosi yang tiba di taiwan selasa 2 8 2022

China Panggil Dubes As Terkait Kunjungan Nancy Pelosi Ke Taiwan
14 jam yang lalu pemerintah china memanggil dubes as nicholas burns menyusul kunjungan ketua dewan perwakilan rakyat as nancy pelosi ke taiwan

Buntut Nancy Pelosi Ke Taiwan China Panggil Dubes As Untuk
1 hari yang lalu sifat kunjungan pelosi sangat kejam dan konsekuensinya sangat serius kata wakil menteri luar negeri china xie feng kepada burns seperti

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.