free stats
banner 728x250
Berita  

CATL Investas 5 Miliar Dolar AS Bangun Pabrik Sel Baterai Kendaraan Listrik

banner 120x600
banner 468x60

Reporting by Michael Davitt Adi Prasetyo

SAN FRANCISCO — Kontemporer Amperex Technology Co. (CATL) akan menginvestasikan $5 miliar di situs manufaktur sel baterai kendaraan listrik Amerika Utara yang potensial.

banner 325x300

Menurut laporan dari Teslarati.com, Senin (9/5/2022) CATL sedang melakukan pembicaraan dengan BMW AG dan Ford Motor Company untuk menjalin kerjasama.

BMW dan Ford memiliki pabrik perakitan di North Carolina dan Kentucky dan memiliki potensi kemitraan dengan CATL.

Pabrik tersebut akan mampu memproduksi 80 gigawatt-jam per tahun.

Carolina Selatan akan memberikan CATL perputaran tercepat untuk memulai produksi sel baterai, dijadwalkan pada 2026, jika pembuat baterai China memilih lokasi ini untuk pabrik.

Zeng Yuqun, CEO CATL, mengatakan perusahaan sedang melokalisasi produksi untuk memasok baterai dari luar negeri.

Perusahaan juga berencana untuk mempertahankan reputasinya sebagai pemasok utama baterai untuk produsen mobil di luar China.

Lokalisasi produksi akan bermanfaat, tetapi juga dapat membantu mengurangi kemacetan logistik dan produksi bahan mentah.

Strategi ini juga dapat digunakan untuk memangkas biaya karena CATL mengumumkan minggu ini bahwa mereka akan menaikkan harga pada kuartal kedua.

CATL terus meningkatkan produksi sel baterai kendaraan listrik karena permintaan global untuk kendaraan listrik terus meningkat.

Wood Mackenzie, seorang konsultan, mengatakan CATL berada di jalur untuk melipatgandakan produksi sel baterai pada tahun 2025.

Sementara itu, pabrik sel baterai pertama CATL di luar China akan dibuka di Arnstadt, Jerman akhir tahun ini dan memberikan layanan kepada BMW, di antara perusahaan mobil lainnya.

Pabrik ini diharapkan memiliki kapasitas awal 8 gigawatt-jam dan biaya $ 1,89 miliar.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.