free stats
banner 728x250
Berita  

Demo Tarif Masuk Taman Nasional Komodo Di Labuan Bajo Berujung Rusuh, Berikut Respons Sandiaga Uno

banner 120x600
banner 468x60

Laporan oleh reporter, Dennis Destryawan

JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengaku akan menyerap aspirasi terkait kontroversi kenaikan harga tiket masuk Pulau Komodo, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

banner 325x300

Sandiaga Uno mengaku mempertimbangkan fungsi konservasi Pulau Komodo dan dampak ekonomi dari kunjungan wisatawan.

Sandiaga Uno berdiskusi dengan semua pihak mulai dari tokoh masyarakat, tokoh kreatif dan kreatif, Pemprov NTT, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Badan Pelaksana Otoritas Labuan Bajo Flores (BPOLBF).

Semua aspirasi tersebut, kata dia, menjadi bahan pertimbangan untuk dikoordinasikan dengan seluruh pemangku kepentingan.

“Tentu kami mengapresiasi kontribusi aspirasi pemangku kepentingan selama beberapa hari terakhir, dan tentunya ini masukan yang akan kami koordinasikan nanti,” kata Sandiaga Uno dalam keterangannya, Rabu (3/8/2022).

Karena itu, kata Sandiaga, Kemenparekraf mengapresiasi aspirasi yang disampaikan.

”Tentunya kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk mensosialisasikan dan mengedukasi kebijakan konservasi dan pembangunan ekonomi yang berjalan beriringan,” kata Sandiaga.

Karena itu, ia meminta semua pihak menahan diri untuk tetap tenang dan dingin demi kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Memang, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kini telah membentuk tim yang dibentuk di bawah koordinasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan seluruh pemangku kepentingan untuk menanggapi aspirasi menetapkan kebijakan.

Oleh karena itu, sosialisasi dan edukasi diperlukan agar kebijakan dapat berjalan beriringan, yaitu antara fungsi konservasi dan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Penataan ini pada akhirnya akan menggusur dan menggeliatkan perekonomian Labuan Bajo serta meningkatkan kunjungan wisatawan,” kata Sandiaga.

Sandiaga Uno mengimbau agar tidak membiarkan kontroversi yang muncul akibat upaya pembatasan dan kontribusi biaya untuk menciptakan narasi negatif.

“Sehingga mengurangi kunjungan wisata yang berkualitas dan berkelanjutan ke Labuan Bajo,” tambah Sandiaga.

Polisi mengamankan tiga orang di Labuan Bajo

Polisi menangkap tiga aktivis terkait aksi protes atau demonstrasi menentang kenaikan tarif masuk Taman Nasional Komodo (TNK), Senin 1 Agustus 2022.

Ketiga aktivis tersebut adalah Rafael Todopela, Aloysius Suhartim Karya dan Eras.

Aksi unjuk rasa dan pemogokan tersebut dipimpin oleh sejumlah pemangku kepentingan pariwisata di Labuan Bajo.

Aksi mogok kerja yang berlangsung sejak 1 Agustus 2022 hingga 30 Agustus 2022 itu menolak dengan tegas penetapan biaya kepada TNK yakni Pulau Komodo, Pulau Padar dan perairan sekitarnya menjadi Rp 3,75 juta per orang untuk jangka waktu satu tahun.

Kebijakan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) akan dilaksanakan pada 1 Agustus 2022.

Aksi mogok hari pertama yang dilakukan oleh belasan Anggota Himpunan Anggota Forum Masyarakat Penyelamat Wisata (Formapp) Manggarai Barat diisi dengan pengumpulan sampah di kota Labuan Bajo.

Aksi pengumpulan sampah dilakukan dari Puncak Waringin hingga Marina Labuan Bajo dan Bandara Komodo Labuan Bajo.

Aksi yang dikawal ketat aparat itu ricuh tak jauh dari Bandara Komodo Labuan Bajo.

Sejumlah aktivis juga ditangkap, namun hanya tiga aktivis yang masih ditahan untuk dimintai keterangan di Mapolres Manggarai Barat.

Seorang peserta aksi, Affandi Wijaya, mengatakan awalnya aksinya lancar, namun di dekat bandara Komodo Labuan Bajo ricuh.

”Ada provokasi, tidak ada penyerangan terhadap anggota. Alhasil teman-teman langsung ditangkap, bahkan ada yang ditangkap di Puncak Waringin”, ujarnya.

Pemimpin Formapp Mabar Rafael Todopela mengatakan bahwa selain ditahan, dia juga menjadi sasaran kekerasan oleh petugas polisi.

Memungut sampah merupakan bentuk tindakan setelah pilihan mogok bagi para pemangku kepentingan pariwisata disepakati bersama.

“We were taken to the Polres. We did not commit any criminal act today, we only picked up rubbish,” he said.

His party hopes that the fighting spirit of the actors of tourism will not weaken, and will remain constant in the conduct of the strikes.

“We hope that our friends will continue to fight outside to continue carrying out strikes in accordance with our agreement,” he said.

West Manggarai Police Chief, AKBP, Felli Hermanto told a press conference that the protesters were arrested for disturbing public security and order (kamtibmas) and threatening the security of a vital object, namely Komodo Labuan Bajo Airport.

“Fokus saya perlindungan, perlindungan masyarakat yang ingin kita amankan masyarakat kita sendiri. Tapi kalau dalam hal ini diperlukan upaya paksa, kita akan ambil tindakan tegas. Nah, mungkin di lapangan, kita tidak tahu. bahwa bagian-bagian ini berkelahi dan sebagainya, ”katanya.

Menurut dia, pengamanan telah dilakukan untuk mencegah pengunjuk rasa menduduki bandara Komodo Labuan Bajo.

“Mereka sempat mencoba membobol objek vital ini, karena untuk menghindari pendudukan atau boikot, dan ada perlawanan terhadap anggota Polri yang berjaga, kami mengamankan bagian-bagiannya”, ujarnya.

Diakuinya, ada laporan yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat serta objek vital di Labuan Bajo.

“Beberapa pihak ditangkap, yang kami anggap sebagai ancaman keamanan dan keselamatan, bahwa beberapa waktu lalu ada agenda yang dilakukan dengan bergabung dengan aliansi atau asosiasi untuk memberikan aspirasi protes kami. Hari ini jam 2 siang, untuk objek vital nasional tidak bisa diganggu dan dianggap sebagai ancaman dan gangguan. Maka pada kesempatan ini kami menindak tegas para pengunjuk rasa yang akan dimintai keterangan di Polres Manggarai Barat,” jelasnya.

Saat ini, lanjut Kapolres Mabar, status siaga satu keamanan di Labuan Bajo diturunkan menjadi siaga dua.

“Today it is designated as a first alert with information about threats that will affect West Manggarai Regency Kamtibmas as a priority tourist destination, therefore action must be taken and states to the public that West Manggarai is on standby. “a Kamtibmas. However, with this condition, after performing security, Kamtibmas is back to normal. For now, we have lowered the first alert to the second alert state,” he said. declared.

In addition, security forces have deployed approximately 1,000 personnel to provide security in Labuan Bajo.

“Today there will be additions (staff), ranks from the police and Polda NTT,” he said.

Seruan Menolak Kenaikan Tarif Masuk Pulau Yahoo Berita
20 jam yang lalu merdeka com merdeka com pemerintah resmi menaikan harga tarif masuk taman nasional komodo dan pulau padar sebesar rp3 7 juta sejak senin

Demo Tolak Kenaikan Tarif Tn Komodo Satu Warga Jadi Tersangka
4 jam yang lalu tirto id polisi menangkap tiga massa demo penolak

Demo Tolak Kenaikan Tarif Masuk Taman Nasional Komodo Polisi
23 jam yang lalu polisi menahan tiga aktivis terkait aksi unjuk rasa atau demo menolak kenaikan tarif masuk ke taman nasional komodo

Bisnis Janggal Pt Flobamor Di Taman Nasional Komodo
7 jam yang lalu protes masyarakat di labuan bajo terhadap kenaikan tarif masuk tn komodo juga dialamatkan langsung ke ekspansi bisnis pt flobamor

Demo Tolak Kenaikan Harga Tiket Masuk Tn Komodo Massa
5 hari yang lalu ntt kembali menggelar demonstrasi menolak kenaikan tarif tiket masuk taman nasional tn komodo jumat 29 7 2022

Tiket Masuk Pulau Komodo Naik Ylki Konservasi Tidak Ada
3 jam yang lalu sebelumnya terjadi aksi demonstrasi oleh para pelaku pariwisata di adapun kenaikan harga tiket masuk ke taman nasional komodo hanya

Warga Demonstrasi Tolak Kenaikan Harga Tiket Masuk Taman
Warga demonstrasi tolak kenaikan harga tiket masuk taman nasional komodo rp3 75 juta per orang mereka berdemo di di kantor bupati manggarai

Seruan Menolak Kenaikan Tarif Masuk Pulau Merdeka Com
10 jam yang lalu penolakan kenaikan tarif taman nasional komodo dan pulau padar tak hanya melakukan aksi unjuk rasa dan aksi mogok melayani tamu

Warga Komodo Demo Tolak Kenaikan Harga Tiket Masuk Tnk
5 hari yang lalu labuan bajo unjuk rasa menentang kenaikan tarif masuk taman nasional komodo tnk kembali terjadi kali ini demonstrasi dilakukan oleh

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Komodo Naik Jadi Rp 3 75 Juta
3 jam yang lalu kedua lanjut andreas meskipun demonstrasi menentang kenaikan tarif ke kawasan tn komodo ini sudah dijawab dengan ditetapkannya kunjungan ke

Warga Manggarai Barat Demo Protes Harga Tiket Taman Nasional
Pemesanan tiket wisata taman komodo daring mulai agustus 2022 middot kenaikan harga terbaru tiket masuk taman nasional komodo middot tarif masuk komodo rp 3

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.