free stats
banner 728x250
Berita  

Demonstrasi Kenaikan Biaya Masuk Di Labuan Bajo, Sandiaga Uno: Tahan Diri, Mari Cari Solusi

banner 120x600
banner 468x60

Laporan Jurnalis, Dennis Destryawan

JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meminta pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) yang berencana mogok karena kenaikan tiket masuk Labuan Bajo untuk menahan diri.

banner 325x300

Sandiaga Uno menanggapi rencana aksi mogok para pelaku Parekraf selama Agustus 2022. Hal tersebut dilakukan pelaku Parekraf akibat kenaikan tarif masuk ke Taman Nasional Komodo (TN), khususnya di Pulau Padar dan Pulau Komodo, sebesar Rp. 3,75 juta.

“Saya menghimbau kepada seluruh pelaku pariwisata ekonomi kreatif untuk menahan diri, tetap mengedepankan dialog terbuka yang transparan tentunya dengan hati yang sejuk dengan pikiran yang tenang. Mari kita duduk bersama mencari solusi,” kata Sandiaga dalam acara Weekly Press Briefing di Kantor Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2022).

Sandiaga Uno mengajak para pelaku Parekraf untuk mengambil tindakan positif. Misalnya melakukan pembersihan di sekitar kawasan Taman Nasional Komodo. Hal ini, menurutnya, akan berdampak positif bagi sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

”Saya usulkan masyarakat dan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif sudah berjalan dengan baik, daripada mogok, mereka ingin melakukan aksi bersih-bersih sampah, mungkin bisa membuat kegiatan yang lebih positif lagi,” kata Sandiaga.

Diketahui, pelaku pariwisata di Labuan Bajo menolak menerapkan harga baru masuk Taman Nasional Komodo senilai Rp. 3,75 juta. Di Labuan Bajo, para pelaku pariwisata turun ke jalan, bentrok dengan aparat, karena menolak kebijakan baru pemerintah.

Pemerintah mengenakan biaya konservasi bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau Komodo dan Pulau Padar. Hal ini masih menjadi kontroversi. Kenaikan biaya masuk, yaitu Rp 3,75 juta per orang per tahun, termasuk biaya masuk, atau secara kolektif Rp 15 juta untuk empat orang.

Angka ini naik 14 kali lipat dari tarif tiket saat ini untuk wisatawan domestik sebesar Rp265.000 per orang per hari atau per kunjungan. Kebijakan tersebut berlaku efektif 1 Agustus 2022. Kenaikan tarif hanya dikenakan kepada wisatawan, baik wisatawan asing maupun wisatawan asing, yang akan berkunjung ke Pulau Komodo dan Pulau Padar.

Tarif Trip ke Taman Nasional Komodo Naik Rp 3,75 Juta

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjelaskan, biaya kunjungan ke Taman Nasional Komodo (TN) di Nusa Tenggara Timur (NTT) sebesar Rp 3,75 juta per orang selama setahun.

Pasalnya, biaya tersebut digunakan untuk kebutuhan konservasi di destinasi yang kemudian dibebankan kepada pengunjung.

Sandiaga menjelaskan, biaya konservasi berlaku untuk Pulau Komodo dan Pulau Padar, serta beberapa perairan di sekitarnya.

“Wisatawan akan mengapresiasi upaya konservasi kita dan membantu membangun destinasi lain di NTT (Nusa Tenggara Timur) menjadi destinasi unggulan,” kata Sandiaga dalam acara Weekly Press Briefing (WPB) di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, Senin. (11/7/2022).

Sandi mengatakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Pemerintah Provinsi NTT, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Balai Taman Nasional Komodo sepakat membatasi kunjungan wisatawan ke Pulau Komodo dan Pulau Padar maksimal 200 ribu orang per tahun.

Sebelum pandemi Covid-19, kunjungan wisatawan ke destinasi tersebut mencapai 300-400 ribu orang per tahun dan diklaim berdampak negatif terhadap kelestarian ekosistem di Taman Nasional Komodo.

”Ini berdasarkan studi yang dilakukan,” kata Sandiaga.

Koordinator Program Konservasi Taman Nasional Komodo, Carolina Noge, menjelaskan konservasi berkaitan dengan pengelolaan sampah, kemudian tata kelola, serta pengamanan dan pengawasan kawasan.

Pihaknya menemukan, penurunan nilai jasa ekosistem ini tidak hanya terjadi secara alami, tetapi juga aktivitas manusia atau wisata di dalamnya.

“Oleh karena itu, kami memutuskan untuk memberlakukan pembatasan dengan kompensasi biaya konservasi,” kata Carolina.

Aksi Demo Kenaikan Harga Tiket Pulau Komodo Di Labuan Bajo
3 hari yang lalu ntt tv meksipun menuai polemik pemerintah memastikan harga tiket masuk taman nasional komodo tetap naik jadi rp 3 75 juta mulai 1

Marak Aksi Unjuk Rasa Tolak Kenaikan Harga Tiket Ke Komodo
23 jam yang lalu kepolisian daerah nusa tenggara timur mengirim personel brimob polda ntt untuk membantu pengamanan di labuan bajo manggarai barat

Kabur Saat Demo Kenaikan Tiket Masuk Tnk Di Labuan Bajo
2 hari yang lalu bupati manggarai barat ntt terkesan cuci tangan dengan kebijakan kenaikan tarif masuk taman nasional komodo dia bahkan kabur saat didemo

Massa Aksi Hadang Mobil Bupati Manggarai Barat Saat Demo
2 hari yang lalu demo tolak kenaikan harga tiket masuk taman nasional komodo vox timor aksi unjuk rasa menolak kenaikan tarif baru masuk pulau komodo

Demo Tolak Kenaikan Harga Tiket Masuk Tn Komodo Massa
3 hari yang lalu massa mengadang mobil bupati manggarai barat di depan hotel local collection labuan bajo

Polisi Siaga Kawal Demo Tiket Komodo Di Labuan Bajo Tirto Id
9 jam yang lalu pemprov ntt ingin persoalan kenaikan harga tiket masuk ke

Demonstrasi Tolak Tiket Masuk Taman Nasional Komodo Rp 3 75
3 hari yang lalu para pelaku wisata di kota labuan bajo ntt menolak kenaikan tiket rp 3 75 juta ke taman nasional komodo dan kembali berdemo jumat 29 7 22

Warga Labuan Bajo Gelar Aksi Protes Kenaikan Harga Tiket Masuk
3 hari yang lalu warga labuan bajo melakukan protes atas kenaikan tarif masuk ke pulau komodo pulau padar dan wilayah perairan lain dalam wilayah taman

Warga Komodo Demo Tolak Kenaikan Harga Tiket Masuk Tnk
3 hari yang lalu labuan bajo unjuk rasa menentang kenaikan tarif masuk taman nasional komodo tnk kembali terjadi kali ini demonstrasi dilakukan oleh

Warga Labuan Bajo Gelar Unjuk Rasa Protes Kenaikan Tiket Masuk
3 hari yang lalu warga labuan bajo melakukan protes atas kenaikan tarif masuk ke pulau komodo pulau padar dan wilayah perairan lain dalam wilayah taman na

Pelaku Pariwisata Labuan Bajo Unjuk Rasa Tolak Kenaikan Tiket
1 hari yang lalu massa unjuk rasa mendesak masuk menemui kepala dinas pariwisata dan ekonomi kreatif provinsi ntt zeth sony libing dan carolina noge selaku

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.