free stats
banner 728x250
Berita  

Dukung Kelancaran Arus Mudik, Subholding Gas Pertamina Salurkan Gaslink Di Rest Area Km 72A

banner 120x600
banner 468x60

Laporan pers, Al-Senussi

Jakarta – Pertamina Gas distributes through its subsidiary PT Gagas Energi Indonesia (Gagas) Gaslink to the comfort zone KM 72A in Purwakarta – Bandung – Padaleunyi (Purbaleunyi) Toll Road, Karawang Regency, West Java.

banner 325x300

Upaya ini dilakukan dalam rangka mendukung kelancaran arus Idul Fitri 2022 dan mendukung pertumbuhan UMKM di daerah.

Gagas telah menandatangani pendistribusian gas bumi dengan PT Krida Bangun Persada selaku pengelola rest area KM 72A di kantor pusat PGN pada Selasa, (26/4/2022). Gaslink to Rest Area KM 72A rencananya akan digunakan sebagai bahan bakar utama untuk ruang makan dan dapur pusat.

Setelah penandatanganan kesepakatan PJBG, kegiatan gas akan dilanjutkan pada Rabu, 27 Mei 2021. Dengan begitu, pada puncak arus mudik nanti, pemudik dapat merasakan manfaat energi, baik itu gas bumi, gas bumi. , atau di zona nyaman 72A km.

Direktur Penjualan dan Operasi PGN, Faris Azis, mengatakan distribusi gas di zona nyaman KM 72A meningkatkan cakupan pasar gas bumi dan menunjukkan bahwa penggunaan infrastruktur di luar pipa gas bumi dapat lebih luas.

Comfort Zone 72A memiliki konsep sebagai inkubator bagi UMKM untuk maju ke kelas dan mampu mengembangkan usahanya dalam jangka panjang. Hal ini menjadi peluang bagi Sub-Ownership Gas Group untuk mendukung usaha retail, kecil dan menengah, serta banyak proyek masa depan di kawasan Al Baqi.

“Penggunaan gas bumi di Comfort Zone 72A juga dapat mendukung zona nyaman Rest Zone Green Energy sejalan dengan komitmen Pertamina terhadap transformasi energi. Selain itu, juga mendukung pertumbuhan UMKM di sana. Jadi kerjasama ini bukan hanya untuk kepentingan B2B saja, tapi pihak lain juga semakin berkembang,” kata Faris.

Untuk tahap awal, diperkirakan penyaluran gas akan mencapai 250 m3 – 4500 m3 per bulan. Apalagi, seiring dengan meningkatnya permintaan akan zona nyaman KM 72A, distribusi gas diperkirakan mencapai 10.000 m3 per bulan.

Distribusi akan menggunakan Gaslink CNG dengan kapasitas 24 meter per tabung. Ke depan, jika penggunaan zona nyaman meningkat, distribusi akan diganti dengan Gaslink biasa yang menggunakan truk Gaslink (Gas Transfer Unit/GTM) dan Pressure Reducing System (“PRS”).

Penyaluran gas tersebut akan bersumber dari SPBG milik Gagas, SPBG Purwakarta, sekitar 20 km dari lokasi.

“Tempat istirahat KM 72A merupakan rest area pertama yang menggunakan gas bumi. Ke depan, kami berharap akan ada rest area lain yang menyusul. Karena tidak hanya ramah lingkungan, penggunaan Gaslink juga terbukti meningkatkan efisiensi penggunanya.”

Selain mendistribusikan Gaslink ke rest area, untuk mendukung kelancaran operasional Mudik 2022, Hardiansyah menambahkan, Gagas juga akan tetap siaga mengoperasikan SPBU-nya seperti biasa.

“Kami akan tetap beroperasi dan melayani pelanggan Gasku dan Gaslink seperti biasa. Bagi pelanggan Gasku, dapat mengisi ulang Gasku di SPBG atau MRU terdekat dengan lokasi pelanggan. Untuk pelanggan Gaslink, kami akan mengirimkan gas ke lokasi pelanggan sesuai dengan informasi proses produksi pelanggan.”

Perwakilan Manajemen PT Krida Bangun Persada, Budi Haryono dalam kapasitasnya sebagai Pengelola Rest Area KM 72A mengatakan, keputusan penggunaan Gaslink di Rest Area KM 72A merupakan bentuk tanggung jawab mereka sebagai pengelola rest area untuk memberikan kebersihan, keandalan, dan kemanjuran yang lebih baik. Hemat bahan bakar untuk semua tenant.

“Kami berharap kerjasama ini dapat menjadi role model dan membawa hasil yang menjanjikan bagi seluruh tenant di sini. Kehadiran gas bumi di RA 72A merupakan kontribusi kami tidak hanya bagi pengusaha besar tetapi juga bagi usaha mikro, kecil dan menengah, karena memberikan manfaat ekonomi,” kata Bode.

Pada arus mudik, diperkirakan Jalan Borbalioni akan dilalui pemudik menuju Bandung dan sekitarnya. Mengutip data Kementerian Perhubungan, tahun ini diperkirakan terjadi peningkatan jumlah penumpang sebesar 40% dibandingkan jumlah penumpang tahun 2019.

Peningkatan jumlah penumpang tentunya akan meningkatkan jumlah kunjungan ke rest area, termasuk comfort area KM 72A. Untuk itu, Gaslink hadir untuk mendukung pelayanan tenant di Rest Area KM 72A agar semakin sempurna.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.