free stats
banner 728x250
Berita  

Dukung Mudik Lebaran, Kementerian PUPR: Kemantapan Kondisi Jalan Nasional Mencapai 91,8 Persen

banner 120x600
banner 468x60

Laporan oleh Michael Davitt Adi Prasetyo

Jakarta – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H tahun ini, diperkirakan ada tambahan 80 juta orang yang akan mudik ke kampung halaman, setelah dua tahun ada larangan mudik akibat pandemi Covid-19.

banner 325x300

Untuk mendukung kelancaran arus pemudik yang merayakan Lebaran di rumah, Kementerian PUPR telah melakukan berbagai langkah, antara lain meningkatkan kelancaran arus lalu lintas pada saat mudik dan arus mudik Lebaran 2022 di jalan nasional yang meliputi jalan tol dan nontol. jalan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuligono mengatakan dukungan infrastruktur jalan dan jembatan yang menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR menjadi salah satu faktor kelancaran perjalanan pulang.

Menteri Basuki mengatakan: “Kelancaran manajemen penerbangan repatriasi ini tergantung pada tiga hal, pertama infrastruktur yang tersedia, kedua pengaturan/pengaturan lalu lintas, dan ketiga perilaku pengguna infrastruktur atau pemudik.”

Pihaknya sudah menyiapkan dukungan sarana dan prasarana jelang mudik Lebaran tahun ini dengan total 47.017 kilometer jalan nasional membentang dari Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku hingga Papua dengan kondisi stabil 91,8 persen.

Rincian persebaran jalan nasional tersebut adalah sepanjang 7.918 km dari Sumatera, 5.348 km dari Madura dan Bali, 6.556 km dari Kalimantan, 8.785 km dari Sulawesi dan 18.410 km dari Maluku-Papua.

Sedangkan total panjang jalan tol adalah 2.500 km dan dioperasikan oleh 46 Badan Usaha Tol Tol (BUJT) pada 66 ruas jalan tol.

Rute tersebut tersebar di Sumatera sepanjang 691 km, Jawa sepanjang 1640,4 km, Bali sepanjang 10,1 km, Kalimantan sepanjang 97,3 km dan Sulawesi sepanjang 61,5 km.

Lebaran jalan pulang di Jawa

Adapun jalur mudik Lebaran di Pulau Jawa, Basuki menuturkan, terdiri dari tiga jalur, yakni Jalur Trans-Jawa, jalur utara atau biasa disebut Jalur Pantora, dan jalur pantai selatan yang biasa disebut Pancilla. Garis.

Saat ini jalan tol di Pulau Jawa (Trans Jawa, Japoditabek dan Non-Trans-Jawa) beroperasi sepanjang 1.640 km dan dilengkapi Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di 96 lokasi untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran di Pulau Jawa.

Sementara di Jalur Bantura, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Lingkar Prebes-Tegal di Jembatan Kaligangsa, Kabupaten Prebes, Jawa Tengah pada Rabu, 13 April 2022.

PUPR juga telah menyiapkan Jalan Lintas Pesisir Selatan (Pansela) Jawa sebagai jalur alternatif. Total panjang jalur Pansela di Jawa Tengah-DIY adalah 332,91 km dan per September 2021 telah dibangun 165,13 km di Jawa Tengah dan 92,81 km di DIY.

Lebaran jalan pulang di sumatera

Tol Trans Sumatera akan menjadi salah satu jalur tersibuk bagi pemudik tahun ini karena merupakan jalur darat utama yang menghubungkan kota-kota di Pulau Sumatera dari Lampung, Palembang, hingga Aceh.

Saat ini, Rute Transit Sumatera yang beroperasi sepanjang 691 kilometer didukung oleh Comfort and Service Areas (TIP) di 25 lokasi dengan berbagai fasilitas.

Untuk mendukung kelancaran arus mudik dan arus mudik Lebaran 2022, pihaknya telah meningkatkan layanan transaksi dengan handheld reader dan mobile up di gerbang-gerbang ramai, serta menyiapkan tim tanggap bencana untuk mengantisipasi keadaan darurat di titik-titik rawan bencana (banjir, genangan air ), dan tanah longsor), serta menghentikan semua kegiatan perbaikan jalan (jalan tol dan jalan tidak berbayar) selambat-lambatnya pada hari kesepuluh Idul Fitri tanggal 21 April 2022.

Pihaknya juga menyiapkan Posko Siaga Sapta Taruna Lebaran 2022 yang tersebar di jaringan jalan nasional di seluruh Indonesia.

Pusat khusus ini didirikan sebagai fasilitas peristirahatan bagi pemudik yang lelah atau sakit dan dilengkapi dengan peta rute pulang untuk memberikan informasi tentang rute alternatif, titik kemacetan, dan pemeriksaan kesehatan bagi pemudik.

Menteri Basuki mengimbau para pemudik untuk selalu mentaati semua aturan lalu lintas yang telah disiapkan oleh Polri Corlantas demi tercapainya mudik yang aman untuk kepulangan yang sehat tahun ini.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.