free stats
banner 728x250
Berita  

Engineer Indonesia Turut Besut GrabMaps, Peta Digital Milik Grab Yang Bisa Deteksi Gang Sempit

banner 120x600
banner 468x60

Layanan transportasi pengiriman makanan dan barang secara online telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam menunjang mobilitas masyarakat di Indonesia. Dengan hanya menentukan titik penjemputan dan tujuan di aplikasi, orang dapat dengan mudah bepergian, memesan makanan, atau mengirim barang.

Namun seringkali lokasi pick up atau drop off point yang kurang tepat menjadi kendala mengganggu yang sering terjadi.

banner 325x300

Untuk itu, Grab, sebagai super app terkemuka di Asia Tenggara, telah mengembangkan peta digitalnya sendiri, GrabMaps, untuk meningkatkan layanannya.

GrabMaps menggunakan pendekatan hyper-local yang bekerja sama dengan berbagai mitra mulai dari mitra pengemudi, mitra merchant, hingga pengguna untuk menghasilkan peta digital dengan tingkat akurasi yang tinggi dan sesuai dengan kondisi jalan yang sebenarnya, termasuk jalur atau jalan sempit yang tidak terdeteksi di jalan. peta konvensional. .

“GrabMaps merupakan inovasi teknologi yang sangat istimewa bagi Grab karena dapat sangat membantu mitra pengemudi, merchant dan pengguna. Selain itu, GrabMaps juga mampu memenuhi kebutuhan Grab akan peta digital yang up-to-date,” ujar General Manager Grab Indonesia Neneng Goenadi.

Kolaborasi bakat lokal

Di Indonesia, tim GrabMaps di bawah ID Tech HQ – Grab bertanggung jawab untuk memastikan berbagai proses dan operasi lapangan untuk layanan pemetaan Grab.

Dipimpin oleh Ariek Wibisono, Senior Map Operations Manager, GrabMaps Indonesia, inovasi teknologi pemetaan digital ini kini mencakup 22 juta titik tujuan atau titik lokasi di lebih dari 200 kota di Indonesia. Total jumlah jalan yang dipetakan di GrabMaps lebih dari 500.000 kilometer atau setara dengan 12,5 kali keliling bumi. Saat ini, GrabMaps juga telah mendukung operasional Grab di 7 dari 8 negara operasional Grab.

Di Indonesia sendiri, GrabMaps sudah mulai diimplementasikan secara bertahap di beberapa kota mengingat luasnya lahan dan topografi Indonesia yang kompleks.

Menariknya, fitur GrabMaps ini juga dikembangkan secara mandiri oleh Grab dengan teknologi Kartaview Street Level Imagery, yaitu sebuah metode perekaman gambar jalanan untuk mendapatkan data yang sebenarnya menggunakan KartaCam.

Ariek menjelaskan, dengan menggunakan KartaCam, Grab bekerja sama dengan mitra pengemudi untuk mendapatkan data citra jalan sehingga data titik lokasi dapat terus diperbarui.

Kumpulan gambar jalan ini juga telah dikembangkan oleh GrabMaps sejak tahun 2018, mulai dari penggunaan kamera GoPro, Garmin View, smartphone, NCTech, hingga yang terbaru, KartaCam 360 milik Grab yang dapat menangkap gambar jalan secara global.

Dalam karyanya, Ariek tidak hanya memimpin timnya untuk dapat mengumpulkan data di lapangan, tetapi juga mengumpulkan informasi dari GrabFood, GrabCar, GrabBike, GrabExpress dan layanan Grab lainnya sehingga membentuk gambaran wilayah Indonesia yang sangat akurat.

Skema ini memungkinkan GrabMaps tidak statis, tetapi terus diperbarui berdasarkan perubahan kondisi nyata di lapangan.

“Ini salah satu keunggulan GrabMaps kami sehingga kami dapat mengupdate jaringan jalan secara real time, massif dan menyeluruh di berbagai lokasi,” jelas Ariek.

Dikembangkan oleh mitra pengemudi GrabCar

Kelahiran peta digital ini juga menyimpan fakta menarik dimana Ariek, pakar geomapping lulusan UGM yang menjadi ketua tim GrabMaps Indonesia, juga menjadi mitra driver GrabCar.

“Awal tahun 2017, saya adalah mitra pengemudi GrabCar. Jadi saya merasakan dan tahu betul apa kesulitan yang ada di lapangan. Bagus sekali, akhirnya saya bergabung dengan Grab dan dari situlah saya mendapat inspirasi mengembangkan teknologi yang dapat memudahkan masyarakat,’ kata Ariek.

Untuk itu, di bawah kepemimpinannya, Ariek dan tim Grab Indonesia Map Operations berkontribusi dalam pengembangan GrabMaps sebagai solusi tantangan di lapangan. Dengan titik lokasi dan navigasi yang akurat, mitra Grab akan memiliki waktu yang lebih produktif karena mereka bekerja secara efisien tanpa harus menghabiskan banyak waktu untuk berkoordinasi dengan pengguna atau menemukan titik lokasi yang diinginkan pengguna.

“Sebagai manajer, saya selalu menekankan kepada tim betapa pentingnya kita memposisikan diri sebagai konsumen, baik sebagai pengguna Grab maupun sebagai mitra pengemudi. Sehingga dapat mendengar apa yang mereka butuhkan. Itu yang ingin kami bawakan. kepada GrabMaps, bagaimana teknologi ini dapat membantu mereka,” kata Ariek.

Ia juga berharap kedepannya, GrabMaps dapat terus dikembangkan sehingga dapat terus memberikan dampak positif bagi masyarakat melalui pemanfaatan teknologi terkini.

Grab Bikin Grabmaps Peta Digital Pesaing Google Maps Halaman All
Ilustrasi peta grabmaps di aplikasi grab indonesia juga termasuk negara tempat grab menjalankan bisnis namun tampaknya tidak

Tak Bergantung Google Maps Grab Bangun Data Peta Lebih
Dengan peta yang akurat penyedia layanan dapat memberikan hal itu diungkapkan managing director grab indonesia ridzki kramadibrata

Grab Kembangkan Peta Digital Sendiri Grabmaps Memuat Rute
Grab meluncurkan peta digital buatan sendiri grabmaps yang termasuk indonesia sekaligus menantang aplikasi google maps yang sudah eksis

Tinggalkan Google Maps Grab Pakai Layanan Peta Dan Navigasi
Dimulai dari negara asalnya singapura grab meluncurkan grabmaps layanan terbaru ini dimanfaatkan grab untuk menangkap peluang pasar senilai us

Grab Buat Peta Digital Pesaing Google Maps Medcom Id
Termasuk negara tempat grab menjalankan bisnis namun indonesia diperkirakan tidak menggunakan grabmaps karena dikecualikan dalam daftar itu

Grab Resmi Luncurkan Peta Digital Grabmaps Ini Keunggulannya
Indonesia memang menjadi wilayah yang dikecualikan dari daftar tersebut grabmaps ditargetkan akan dapat digunakan di semua layanan aplikasi

Siap Gantikan Google Maps Grab Rilis Peta Digital Sendiri
Sebelum di indonesia grabmaps rupanyasudah berjalan di negara grab beroperasi yang berjumlah delapan kecuali indonesia

Grab Bikin Peta Digital Sendiri Bernama Grabmaps Pesaing
Grab bikin peta digital sendiri bernama grabmaps pesaing google maps grabmap grab suara com grab segera memperkenalkan peta digital

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.