free stats
banner 728x250
Berita  

Geser Ukraina, China Kini Jadi Pemasok Aluminium Untuk Sejumlah Negara Eropa

banner 120x600
banner 468x60

Laporan pers, Namira Unia Lisanti

SHANGHAI – Peran Ukraina sebagai eksportir aluminium terbesar di dunia tampaknya mulai bergeser, setelah invasi tentara Rusia menghancurkan kegiatan ekspor dan perekonomian rakyatnya.

banner 325x300

Akibat konflik yang berkecamuk, produk aluminium buatan China berhasil menguasai pangsa dunia.

Bahkan China merupakan pemasok utama aliran mineral ke banyak negara besar di benua Eropa.

Hal ini tentu sangat kontras dengan kondisi di China dua tahun lalu, di mana negara berkanopi bambu ini menjadi importir aluminium terbesar di dunia.

Menurut laporan data Bea Cukai Shanghai yang dirilis oleh Nikkei Asia, total ekspor aluminium China pada Februari 2022 meningkat secara signifikan sebesar 26.378 ton.

Jumlah ini 500 persen lebih banyak dari ekspor Januari. Pencapaian tersebut membawa ekspor aluminium China ke rekor tertinggi untuk pertama kalinya sejak November 2019.

Peningkatan ekspor dimulai ketika Ukraina tidak dapat lagi mengimpor produksi aluminiumnya, serta meroketnya harga gas alam dan energi Rusia di pasar dunia, memaksa produsen aluminium Eropa untuk mengurangi produksi logam untuk tenaga listrik.

Cina mengambil kesempatan ini untuk meningkatkan produksi aluminium negaranya.

Bahkan, peningkatan permintaan ekspor aluminium mendorong harga aluminium global di London Metals Market ke rekor tertinggi US$4.000 per ton pada awal Maret.

Meski pasar aluminium di China saat ini melemah, dampak dari penutupan regional tidak serta merta menghambat permintaan ekspor, harga aluminium China di pasar berjangka Shanghai tercatat di kisaran 21.000 yuan atau 3.150 dolar AS.

Jauh lebih murah daripada harga aluminium global di London Metal Exchange, yang diperdagangkan sekitar $3.300.

Selisih harga sekitar $1.500 menyebabkan aluminium China dibanjiri permintaan dari produsen global, terutama importir dari Eropa.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.