free stats
banner 728x250
Berita  

Gunawan Woen, CEO ESB Restaurant Technology: Bangkitkan Bisnis Restoran Lewat Solusi Digital

banner 120x600
banner 468x60

Laporan Wartawan , Choirul Arifin

JAKARTA – Saat bisnisnya semakin berkembang, pebisnis kuliner seperti restoran kerap dihadapkan pada pengelolaan usaha yang semakin kompleks, tidak hanya menyangkut suplai bahan baku, tapi juga mengelola pemesanan dari customer baik yang berasal dari gerai maupun pemesanan via online.

banner 325x300

Belum lagi mengelola tagihan atau piutang seperti pembelian oleh konsumen yang menggunakan kartu kredit.

Pengusaha kuliner akhirnya memerlukan solusi yang bisa menangani urusan yang kompleks tersebut yang bisa dikontrol melalui sebuah dasbor di layar komputer atau smartphone.

Esensi Solusi Buana (ESB), perusahaan penyedia software sistem operasional bisnis kuliner all-in-one sejak beberapa tahun terakhir serius menyediakan solusi yang dibutuhkan pengusaha kuliner agar bisnisnya semakin berkembang.

Gunawan Woen, CEO ESB Restaurant Technology mengatakan, perusahaannya memberikan solusi semua kebutuhan pengusaha restoran, mulai dari software yang bersentuhan langsung dengan end customer melayani pemesanan oleh customer di toko dan di luar toko, solusi untuk mendukung operasional restoran seperti kasir.

“Kita juga punya solusi untuk central kitchen, bahkan kita sekarang punya solusi untuk mempertemukan supplier dengan pengusaha F&B seperti marketplace, solusi data untuk dianalisa, dan yang sekarang kita godog, kita lagi siapkan solusi untuk pembayaran dan pembiayaan,” ujarnya dalam wawancara dengan melalui virtual baru-baru ini di Jakarta,

Gunawan menambahkan, ESB saat ini fokus untuk membantu pengusaha restoran di bidang pembayaran dan pembiayaan.

Gunawan menyatakan sejak lama tertarik dengan teknologi untuk industri kuliner.

“Banyak yang menanyakan mengapa kami memilih sektor F&B, bukan di yang lain. Sejak kecil saya suka pada kuliner dan saya suka memasak. Saat itu saya sudah mendapat beasiswa belajar ke Jepang buat belajardi bidang hospitality tapi nggak jadi. Itu di tahun 1998,” ujarnya.

Hal itu membawanya mulai mengenal dunia F&B.

“Saya bekerja di perusahaan konsultan PriceWaterhouse dan kemudian saya keluar bikin perusahaan konsultan sendiri. Sejak saat itu saya mulai banyak mendapatkan klien perusahaan F&B,” bebernya.

Dari interaksi dengan pebisnis F&B, Gunawan Woen bisa mendapatkan banyak insight tentang lika-liku bisnis F&B. Terlebih, dia kemudian dipertemukan dengan partner yang sangat menguasai perangkat lunak.

Dari situ saya jadi mengerti kenapa bisnis F&B itu sulitnya kaya apa. Saya bertemu cofounder saya yang mampu bikin software. nCofounder saya ini boleh dibilang programmer yang jenius,” jelasnya,

Bulan Oktober 2018 Gunawan Woen dan partnernya meluncurkan perangkat lunak untuk industri F&B.

Dia bertemu dengan seorang pengusaha restoran cukup besar di Jakarta yang memiliki beberapa cabang.

Kepadanya, sang pemilik jaringan restoran mengeluhkan kendala yang selama ini ditemuinya. Pengusaha tersebut mengaku kesulitan mempertemukan koneksi antara toko dengan stafnya di kantor.

“Jadi mereka selalu melakukan rekonsilisasi secara manual misalnya data penjualan dan piutang kartu kredit. Padahal, hal-hal ini bisa diotomatisasi,” ujar Gunawan.

Software ciptaan Gunawan Woen dan partnernya akhirnya dia perkenalkan kepada pengusaha tersebut dan menyatakantertarik mencoba. “Mulai sejak itu kita kemudian memperkenalkan software ini ke industri F&B yang dikelola secara profesional yakni industri F&B besar,” sebut Gunawan.

“Sebetulnya, software kita menjangkau hanya F&B profesional sampai ke tukang bakso pinggiran. Tapi cara kita masuk ke market yang berbeda. Walaupun kita jualan solusi tapi kita sering dikira jualan POS (point of sales), dan kita selalu dibandingkan dengan kompetitor yang lain.”

“Padahal kita ingin masuk ke market yang orang lain susah masuk. Yakni industri F&B besar, mereka ini biasanya yang paling susah untuk ganti sistem.”

“Kita kasih konsep kita lalu mereka coba dan mereka suka. Kemudian kita juga turun ke UMKM dengan jenis produk yang berbeda karena jika dibandingkan ke usaha besar tingkat kompleksitasnya berbeda,” bebernya.

Dia mengatakan, pengusaha UMKM di Indonesia masih membutuhkan dukungan dan dukungan itu harus ditegaskan melalui komitmen.

“Dukungan untuk UMKM itu yang penting adalah komitmen. UMKM kan butuh dibimbing. Karena itu kita mesti punya komitmen yang kuat. Kita bukan cuma jual produk untuk dipakai,” ungkapnya.

Karena itu, untuk mendukung pengembangan UMKM kuliner di Tanah Air, perusahaannya menjalin kerja sama dengan kalangan asosiasi dan lembaga seperti ASENSI, pemerintahan, trainer, hardware dan sebagainya.

“Kita ingin memastikan jika menggunakan software kta, UMKM bisa maju,” tegasnya.

Untuk memasarkan perangkat lunaknya ke pasar pemerintahan dan lembaga yang lebih luas, pihaknya belum masuk ke e-procurement. “Kita fokus menggarap terjun membantu usaha mikro agar usaha mereka bisa bangkit lagi,” kata Gunawan.

“Kita tawarkan beberapa ekosistem ke pengguna misalnya ekosistem software as a services (SAAS). Mereka pakai software ini sebagai jasa, mereka membayar ekosistem ini sebagai jasa layanan.”

“Kita juga menawarkan ekosistem yang merupakan integrasi dari software yang dipakai di toko, gudang, central kitchen, kantor sampai ke pemilik. Jadi pemilik dengan ratusan atau ribuan outlet, cukup dari handphone dia buka dan pantau dan kemudian bisa mengambil keputusan,” imbuhnya.

Perusahaannya juga menawarkan ekosistem berdasarkan transaksi. Ini adalah bentuk software yang bisa dipakai oleh end customer untuk melakukan pembelian makanan, minuman, melakukan pembayaran dan mereka bisa ikut program promosi, bisa delivery dan ini bisa ditempatkan di mana-mana.

“Terakhir kita punya ekosistem keuangan dan suplai. Merchant yang menggunakan software kita boleh bayar secara bulanan, tapi sampai sekarang retensi kita mencapai 90,2 persen,” ujar Gunawan.

Untuk pengguna UMKM, perusahaannya juga menjalin kerjasama dengan asosiasi dunia usaha, peguyuban dan komunitas pengusaha.

“Kita berikan paket bundling juga dengan hardware-nya juga dan mereka mendapatkan diskon sampai 70 persen. Kami turun langsung ke lapangan dan kami berdiskusi dengan mereka apa yang bisa kami bantu untuk dicarikan solusi permasalahannya. Prinsipnya bagi kita, kalau UMKM maju, kita juga ikut maju,” lanjut Gunawan.

Berdasar hasil ujicoba selama ini ke sekitar 1.000-an UMKM, di 2021 sampai Januari 2022, setelah memakai software buatannya rata-ratakan penjualan UMKM kuliner naik 43 persen dengan nilai transaksi per bill yang ikut naik 13 persen.

Hasil ujicoba penggunaan software-nya pada industri F&B yang lebih besar, restorannya yang masih buka bisa beroperasi dengan kapasitas penuh.

“Mereka bisa beroperasi dengan hanya jumlah toko 30 dari 40 persen toko di awal, dengan softwsare kami mereka bisa jualan dengan kapasitas penuh,” ungkapnya.

Sejauh ini ada ribuan brand yang menggunakan software ESB seperti industri F&B dari grup MAP. “Kita juga masuk ke industri F&B di luar negeri seperti Malaysia dan Swiss. Kita punya cita-cita menjadi tulang punggung untuk industri F&B di Asia Pasifik,” kata Gunawan.

Dalam setahun transaksi yang dijalankan klien ESB lewat sistem software-nya sudah tembus setengah miliar dolar AS dengan jumlah transaksi per bulan mencapai 10 juta transaksi.

“Proyeksi tahun ini kita fokus ke UMKM, kita lagi kejar target jumlah UMKM yang bisa on board ke sistem kita antara 20 ribu sampai 30 ribu UMKM. Soal jumlah transaksi kita proyeksikan bisa tembus 2.5 miliar dolar AS,” kata Gunawan.

Esb Dan Asensi Kerja Sama Perluas Skala Bisnis Umkm Kuliner
Dengan kelebihan ekosistem dan teknologi yang dimiliki kami ingin memaksimalkan peran mendukung pemerataan literasi dan inklusi keuangan serta akses digitalisasi bagi masyarakat secara luas terutama para pelaku bisnis umkm di bidang kuliner ujar ceo esb restaurant technology gunawan woen senin 8 8 2022

Esb Bangun Kolaborasi Dengan Asensi Untuk Dongkrak Skala Usaha Umkm
Gunawan woen ceo dari esb restaurant technology menyatakan pandemi covid 19 selama lebih dari 2 tahun ini telah menjadi tantangan berat bagi banyak orang tidak hanya dari sisi kesehatan namun

Kerja Sama Esb Asensi Bantu Umkm Kuliner Kembangkan Bisnis Lebih Luas
Penandatanganan kerja sama esb dan asensi untuk tingkatkan skala usaha umkm di indonesia pada ifra ile 2022 terutama para pelaku bisnis umkm di bidang kuliner kata gunawan woen ceo dari esb restaurant technology melalui keterangannya senin 8 8 2022 gunawan menambahkan bahwa esb yakin ekosistem yang dihadirkan akan dapat

All In One Restaurant Operations Platform Esb Raises Usd 7 6mn In
Esb has secured usd 7 6 million idr 110 billion in series a funding from alpha jwc ventures with participation from beenext vulcan capital ac ventures and skystar capital esb has served more than 500 f b brands managing more than 40 million orders per year with its new funding esb plans to extend its footprint into the market the fresh capital will also help esb develop new

Esb Gandeng Asensi Tingkatkan Skala Usaha Umkm Kuliner Indonesia
Gunawan woen ceo dari esb restaurant technology mengatakan pandemi covid 19 selama lebih dari 2 tahun ini telah menjadi tantangan berat bagi semua orang tidak hanya dari sisi kesehatan namun juga bisnis dan usaha

Esb Berkolaborasi Dengan Asensi Tingkatkan Skala Usaha Umkm Kuliner
Gunawan woen ceo dari esb restaurant technology menjelaskan kami memahami pandemi covid 19 yang kita hadapi selama lebih dari 2 tahun ini telah menjadi tantangan berat bagi semua orang tidak hanya dari sisi kesehatan namun juga bisnis dan usaha dengan kelebihan ekosistem dan teknologi yang kami miliki kami ingin memaksimalkan peran kami

Ceo Esb Kompetisi Permainan Bantu Meningkatkan Penjualan Digital
Gunawan woen ceo esb restaurant technology kiri bersama dengan roby cahyadi pemenang kompetisi tul pan tul asal jakarta utara kanan pemanfaatan teknologi yang tepat bisa membantu di berbagai sektor termasuk indutri f b salah satunya dilakukan oleh esb restaurant technology pt

Hingga 2021 Terdapat 64 Juta Umkm Di Indonesia Tapi
Ceo dari esb restaurant technology gunawan woen mengatakan berdasarkan data pada 2021 terdapat sekitar 64 juta pelaku umkm di indonesia tetapi hanya sekitar 19 juta yang telah memasuki ranah

Kompetisi Tul Pan Tul 2021 Dongkrak Penjualan Digital Investor
Jakarta investor id esb restaurant technology pt esb menggelar kompetisi tul pan tul 2021 pada 9 september 10 oktober 2021 kompetisi tersebut berhasil mendongkrak hasil penjualan digital restoran hingga sebesar 137 gunawan woen ceo esb mengatakan kompetisi tul pan tul dihelat untuk meningkatkan penjualan restoran mitra esb dan membangun hubungan antara restoran dan customer

All In One Restaurant Operations Platform Esb Raises Usd 7 6mn In
Gunawan woen co founder and ceo esb restaurant business is a combination of manufacturing trading and retail we strive to alleviate the headache of dealing with separate platforms to meet the needs of these different aspects and at the same time help businesses generate better customer engagement optimize their operations and eventually increase their net profit says gunawan woen

Pemanfaatan Digital Kunci Usaha Kuliner Naik Kelas
Menurut ceo esb reataurant technology gunawan woen salah satu cara untuk mengembangkan usaha kuliner di era saat ini adalah dengan menerapkan digitalisasi bisnis dengan digitalisasi para pelaku bisnis umkm dapat mengembangkan bisnis mereka secara lebih luas sekaligus meningkatkan kualitas dagang pemain sektor kuliner di industri franchise

Esb Dan Asensi Tingkatkan Skala Usaha Umkm Kuliner
Esb ingin membantu umkm agar mengembangkan pasarnya sekaligus meningkatkan kualitas dagang pemain sektor kuliner di industri franchise indonesia esb mendukung pertumbuhan perekonomian di indonesia pascapandemi covid 19 kata ceo esb restaurant technology gunawan woen dalam keterangan tertulisnya rabu 10 8 2022

Gandeng Asensi Software Esb Tingkatkan Skala Usaha Umkm Kuliner Indonesia
Gunawan woen ceo esb restaurant technology menjelaskan kami memahami pandemi covid 19 yang dihadapi selama lebih 2 tahun ini telah menjadi tantangan berat bagi semua orang tidak hanya dari sisi kesehatan tapi juga bisnis dan usaha

Gandeng Asensi Software Esb Tingkatkan Skala Usaha Umkm Kuliner
Gunawan woen ceo esb restaurant technology menjelaskan kami memahami pandemi covid 19 yang dihadapi selama lebih 2 tahun ini telah menjadi tantangan berat bagi semua orang tidak hanya dari sisi kesehatan tapi juga bisnis dan usaha

Gunawan Woen Ceo Esb Restaurant Technology Bangkitkan Bisnis Restoran
Gunawan woen ceo esb restaurant technology mengatakan perusahaannya memberikan solusi semua kebutuhan pengusaha restoran mulai dari software yang bersentuhan langsung dengan end customer

Tag Esb Restaurant Technology Gunawan Woen Ceo Esb Restaurant
Berita dan foto terbaru esb restaurant technology gunawan woen ceo esb restaurant technology bangkitkan bisnis restoran lewat solusi digital jumat 12 agustus 2022 cari network

Industri Mamin Tumbuh 8 Persen Startup Esb Perkuat Bisnis Umkm Kuliner
Dengan kelebihan ekosistem dan teknologi yang kami miliki kami ingin memaksimalkan peran kami agar dapat terus mendukung pemerataan literasi dan inklusi keuangan serta akses digitalisasi bagi masyarakat secara luas terutama para pelaku bisnis umkm di bidang kuliner ujar ceo dari esb restaurant technology gunawan woen dalam keterangannya senin 8 8

Beenext Leads 3m Series A Round Of Indonesian Startup Esb Tech In Asia
Esb founders from left chief revenue officer dwi prawira ceo gunawan woen chief technology officer setiadi prawiryo and chief operating officer eka prasetya photo credit esb

Sasar Umkm Kuliner Esb Target 20 000 Merchant Bergabung Ke Ekosistem
Kami menargetkan lebih dari 20 000 merchant dapat bergabung dengan ekosistem esb tahun ini ujar gunawan woen ceo dari esb restaurant technology dengan misi saat ini kami optimis dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis dua kali lebih besar dibandingkan tahun lalu lanjutnya

Esb Berkolaborasi Dengan Asensi Tingkatkan Skala Usaha Umkm Kuliner
Gunawan woen ceo dari esb restaurant technology menjelaskan pihaknya memahami pandemi covid 19 yang kita hadapi selama lebih dari 2 tahun ini telah menjadi tantangan berat bagi semua orang tidak hanya dari sisi kesehatan namun juga bisnis dan usaha gunawan menambahkan bahwa esb yakin ekosistem yang dihadirkan akan dapat membantu

All In One Restaurant Operations Platform Esb Raises Usd 7 Techsauce
The company expanded its objectives and started working on an all in one restaurant operating system covering point of sale pos system and mobile ordering technology called esb order with esb x27 s all in one approach the founders want to ease and streamline operating processes especially those with numerous outlets and consumer facing channels

Esb Asensi Kolaborasi Tingkatkan Skala Usaha Umkm Kuliner Indonesia
Gunawan woen ceo dari esb restaurant technology mengatakan sebagai salah satu penyedia software sistem operasional bisnis kuliner all in one yang mendedikasikan diri untuk dunia f b esb terus berupaya mendukung perputaran dan pertumbuhan roda perekonomian di indonesia pasca pandemi covid 19

Gunawan Woen Chief Executive Officer Pt Esensi Solusi Buana Linkedin
Lihat profil gunawan woen di linkedin komunitas profesional terbesar di dunia gunawan mencantumkan 9 pekerjaan di profilnya ceo of esb restaurant technology area dki jakarta 500 koneksi gabung untuk terhubung pt esensi solusi buana universitas tarumanagara laporkan profil ini tentang

Esb Asensi Kolaborasi Tingkatkan Skala Usaha Umkm Kuliner Indonesia
Gunawan woen ceo dari esb restaurant technology mengatakan sebagai salah satu penyedia software sistem operasional bisnis kuliner all in one yang mendedikasikan diri untuk dunia f b esb terus berupaya mendukung perputaran dan pertumbuhan roda perekonomian di indonesia pasca pandemi covid 19 baca juga ifra dan ile 2022 digelar hibrida pada agustus

Hadirkan Teknologi Terintegrasi Esb Dorong Kemajuan Digital Umkm
Hadirkan teknologi terintegrasi esb dorong kemajuan digital umkm gibran rakabuming raka selaku walikota surakarta saat mengunjungi booth esb pada pagelaran digitalisasi nusantara expo summit 2022 di mana gunawan woen selaku ceo dari esb restaurant technology turut menjelaskan ekosistem teknologi yang dihadirkan oleh esb antara ho

Gunawan Woen Commissioner Pt Esensi Solusi Buana Linkedin
Technology innovation business academia civil society organizations jakarta paulus parlindungan nahampun president ceo di pt king capital investment and advisory jakarta henry e p manalu gunawan woen ceo of esb restaurant technology area dki jakarta 1 orang lainnya yang bernama gunawan woen ada di linkedin

Esb Bantu Pengusaha Kuliner Naik Kelas Dari Hulu Ke Hillir
Gunawan woen ceo dari esb restaurant technology menjelaskan kami memahami pandemi covid 19 yang kita hadapi selama lebih dari 2 tahun ini telah menjadi tantangan berat bagi semua orang tidak hanya dari sisi kesehatan namun juga bisnis dan usaha gunawan menambahkan bahwa esb yakin ekosistem yang dihadirkan akan dapat membantu

All In One Restaurant Operations Platform Esb Raises Usd 7 6mn In
Esb is an all in one provider of culinary business operations software connecting restaurants x27 front end back end consumers and supply chain partners established in 2014 esb x27 s mission is to help f b businesses increase their profits by incorporating technology to improve sales and operational efficiency

All In One Restaurant Operations Platform Esb Raises Us 7 6mn In
Photo left to right esb board of directors andrew tiang cfo gunawan ceo setiadi cto dwi prawira cro eka prasetya coo esb indonesia x27 s only fully integrated restaurant operating platform announced its us 7 6 million idr 110 billion series a funding round led by alpha jwc ventures with participation from existing investors including beenext vulcan capital ac

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.