free stats
banner 728x250
Berita  

Harga Minyak Goreng Belum Rp 14 Ribu Dan Melimpah Tapi Larangan Ekspor CPO Sudah Dicabut

banner 120x600
banner 468x60

Dilaporkan oleh jurnalis Cino Tre Sollistino

Jakarta – Ketersediaan minyak goreng dalam jumlah banyak di pasaran dinilai tidak melimpah dan harganya tidak sesuai dengan keinginan pemerintah sebesar Rp 14.000 per liter.

banner 325x300

Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pencabutan larangan ekspor minyak sawit mentah (CPO) dan minyak goreng yang berlaku mulai 23 Mei 2022.

Tercatat, larangan ekspor saat itu mulai berlaku pada 28 April 2022.

“Saya memutuskan untuk membuka kembali ekspor minyak goreng pada Senin, 23 Mei 2022,” kata Jokowi, Kamis (20/5/2022).

Pembukaan kembali ekspor minyak goreng dan minyak goreng, kata Presiden, karena pasokan minyak goreng telah melampaui permintaan domestik.

Menurut Presiden, kebutuhan minyak goreng curah nasional sekitar 194.000 ton per bulan. Sebelum larangan ekspor diberlakukan Maret lalu, pasokan minyak goreng jauh di bawah kebutuhan nasional yang hanya 64,5 ribu ton.

“Tapi setelah larangan ekspor pada April, pasokan kami mencapai 211.000 ton per bulan, melebihi kebutuhan nasional bulanan kami,” kata presiden.

Sebelumnya, pemerintah melalui Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan larangan ekspor dan penurunan CPO akan terus berlanjut hingga harga minyak goreng mencapai harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp 14.000 per liter.

“Ini berlaku untuk semua produk, antara lain CPO, RPO (red palm oil), RBD palm oil, POME (palm oil mill effluent), minyak goreng bekas. 28/4) untuk minyak goreng curah masing-masing seharga Rs 14.000. lt,” kata Airlangga.

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) sedang mempertimbangkan untuk membuka kembali ekspor minyak sawit mentah (CPO) yang menjadi bukti keengganan menteri teknis untuk menerapkan regulasi dan capaian yang diharapkan oleh Presiden Jokowi.

“Kami kecewa dengan Menko Perekonomian, Menteri Perindustrian, dan Menteri Perdagangan karena tidak dapat menjalankan perintah Presiden Republik Indonesia,” kata Sekjen PDP Ikapi Rinaldi Sarijuan.

”Presiden berharap HET (harga eceran tertinggi) terpenuhi di pasar tradisional, dan komoditas melimpah. Namun nyatanya kami belum menemukan minyak goreng dalam jumlah besar di pasar tradisional,” lanjut Rinaldi.

Ekapi meminta kementerian teknis mencari formula yang tepat agar terdistribusi dengan baik, dan minyak goreng melimpah di pasaran.

“Kalau di pasaran melimpah, diharapkan harganya terus turun. Sejauh ini harganya masih di atas Rp 17 ribu, di kisaran Rp 18 ribu, bahkan ada yang Rp 19 ribu per liter.”

Indonesia buka kran ekspor CPO, berikut pengaruh global dan nasional

Pengamat ekonomi Rahma Jafmi melihat pembukaan kembali ekspor CPO akan berdampak global dan nasional.

Rahma mengatakan, Indonesia merupakan eksportir CPO terbesar di dunia dengan pangsa ekspor sebesar 48 persen dari total ekspor CPO dunia.

Ekspor ban CPO dan turunannya berdampak pada kenaikan harga global akibat ketersediaan pasokan global yang semakin menipis.

Menurut Rahma, kebijakan tersebut dievaluasi secara berkala, sehingga ini merupakan langkah yang paling tepat saat membatalkan frame ekspor.

“Dampak global akan membantu meningkatkan harga CPO global dan ketersediaan pasokan global,” kata Rahma dalam keterangannya, Jumat (20/5/2022).

Efek tambahan yang diharapkan adalah mencegah krisis pangan karena banyak bahan pangan yang menggunakan CPO sebagai bahan baku.

“Selain itu, penghapusan ekspor ban diharapkan dapat mengurangi ketidakpastian global,” kata Rahma.

Sementara itu, dampak penghapusan ekspor ban secara nasional diperkirakan akan meningkatkan PDB Indonesia dengan meningkatkan ekspor CPO, karena pada triwulan I tahun 2022 PDB Indonesia tumbuh sebesar -0,96% QtQ dan 5,01% per tahun.

“Penghapusan ban ekspor juga akan membantu meningkatkan pendapatan para pemangku kepentingan, petani kecil dan petani kelapa sawit sehingga meningkatkan kesejahteraan mereka. Selain itu, penyerapan tenaga kerja di sektor ini diharapkan terus meningkat seiring dengan penghapusan ekspor ban CPO,” kata Rahma.

Namun, Rahma mengingatkan isu lingkungan dan keberlanjutan produk dan turunan CPO tetap menjadi kendala. Sehingga masih menjadi PR umum bagaimana produk ini bisa ramah lingkungan dan berkelanjutan sehingga bisa mengurangi dampak lingkungan dan perubahan iklim.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo akhirnya membuka kembali keran Ekspor CPO dan Minyak Goreng setelah sebelumnya sempat dilarang berlaku sejak 28 April 2022. Izin ulang ekspor CPO dan Minyak Goreng diserahkan langsung oleh Presiden, Kamis (19/ 5/2022).

“Saya memutuskan untuk membuka kembali ekspor minyak goreng pada Senin, 23 Mei 2022,” kata Jokowi.

Gabungan saham emiten CPO hijau

Saham eksportir dengan bisnis minyak sawit mentah bergerak tertekan di zona hijau pada Jumat (20/5/2022).

Hingga pukul 09.29 WIB perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), saham sektor ini naik lebih dari 4 persen.

PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP) rose 4.33% to Rs 1,445 per share, and Astra Agro Lestari (AALI) jumped 4.30% to Rs 1,275 per share.

Selanjutnya, Eagle High Plantations (BWPT) naik 9,72 persen menjadi Rs 79 per saham dan Dharma Satya Nusantara (DSNG) naik 7,14 persen menjadi Rs 600 per saham.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya membuka kembali keran ekspor minyak sawit mentah (CPO) dan minyak goreng setelah sebelumnya dilarang pada 28 April 2022.

Izin ulang ekspor CPO dan minyak goreng itu disampaikan langsung Presiden RI, Kamis (19/5/2022).

“Saya memutuskan untuk membuka kembali ekspor minyak goreng pada Senin, 23 Mei 2022,” kata Jokowi.

Presiden mengatakan pembukaan kembali ekspor minyak goreng dan minyak goreng telah melampaui permintaan domestik untuk minyak goreng.

Menurut Presiden, kebutuhan minyak goreng curah nasional sekitar 194.000 ton per bulan. Sebelum larangan ekspor diberlakukan Maret lalu, pasokan minyak goreng jauh di bawah kebutuhan nasional yang hanya 64,5 ribu ton.

“Tapi setelah larangan ekspor pada April, pasokan kami mencapai 211.000 ton per bulan, melebihi kebutuhan nasional bulanan kami,” kata presiden.

Selain pasokan, kata presiden, harga minyak goreng curah nasional juga turun. Pada April, sebelum larangan ekspor, harga rata-rata nasional minyak goreng curah adalah sekitar Rs 19.800.

“Sekarang setelah larangan ekspor, harga rata-rata nasional turun menjadi Rs 17.200 menjadi Rs 17.600,” katanya.

Presiden mengatakan pembukaan keran ekspor juga karena pertimbangan kehadiran 17 juta pekerja di industri kelapa sawit, termasuk petani, pekerja dan staf pendukung lainnya.

Het Rp 14 000 Per Liter Dan Ada Sanksi Harga Minyak Goreng
Mar 19 2022 ilustrasi menteri perdagangan muhammad lutfi menerbitkan aturan kenaikan harga eceran tertinggi het minyak goreng curah jadi rp14 000 per

Sebulan Aturan Het Minyak Goreng Dihapus Harga Belum Turun
2 days ago seharusnya harga sudah harus turun ke rp 14 ribu per liter mengapa bisa terjadi anomali tersebut patut diduga terjadi kombinasi dua hal

Harga Minyak Goreng Di Pasaran Belum Sepenuhnya Rp14 Ribu
Jan 27 2022 dinas perindustrian dan perdagangan dinperindag banyumas jawa tengah jateng mengakui distribusi minyak goreng satu harga masih belum

Diupayakan Turun Hingga Rp14 Ribu Per Liter Harga Minyak
Apr 26 2022 pemerintah menerapkan larangan ekspor rbd palm olein yang merupakan bahan baku minyak goreng sawit untuk menstabilisasi harga kebutuhan

Jurus Baru Pemerintah Jaga Harga Minyak Goreng Rp 14 Ribu Liter
Apr 27 2022 presiden joko widodo disampaikan airlangga memberikan instruksi untuk menerapkan dua cara agar minyak goreng curah bisa di angka rp 14 000

Duh Harga Minyak Goreng Curah Di Bekasi Belum Mau Turun
May 4 2022 masih susah kalau ngikutin harga pemerintah nyatanya saya beli di agen masih mahal di atas rp 14 ribu jadi gimana saya mau jual segitu

Larangan Ekspor Cpo Dicabut Meski Harga Minyak Goreng Belum
19 hours ago pemerintah memiliki target harga minyak goreng curah turun jadi rp14 ribu dari akibat larangan ekspor cpo tapi kebijakan dicabut meski

Harga Minyak Goreng Turun Bisa Rp14 Ribu Per Liter Lagi
May 10 2022 subsidi itu ditujukan agar minyak goreng curah di dalam negeri bisa memenuhi harga eceran tertinggi yang ditetapkan yaitu rp14 000 per

Siap Siap Minyak Goreng Kemasan Rp 14 Ribu Per Liter Akan
Mar 16 2022 siap siap minyak goreng kemasan subsidi rp 14 ribu per liter akan hilang di pasaran karena pemerintah akan melakukan ini

Airlangga Pelarangan Ekspor Hingga Harga Minyak Goreng Curah
Apr 27 2022 menko perekonomian airlangga pelarangan ekspor hingga harga minyak goreng curah di tanah air rp14 ribu liter

Minyak Goreng Rp 14 Ribu Belum Ada Di Pasar Tradisional
Jan 27 2022 inkopas sudah berkirim surat ke kemendag sejak beberapa hari lalu agar harga minyak goreng rp 14 ribu per liter bisa diberlakukan di pasar

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.