free stats
banner 728x250
Berita  

Harga TBS Terjun Bebas, Pengamat Ingatkan BUMN Perkebunan Hindari Aksi Profit Taking

banner 120x600
banner 468x60

Jakarta – Harga tandan buah segar (TBS) minyak sawit kini turun setelah pemerintah mengumumkan larangan ekspor produk RBD Palm Olein dan minyak sawit mentah (CPO) ke pasar internasional untuk menstabilkan harga minyak goreng dalam negeri.

Terkait hal itu, pengamat pertanian dan anggota Dewan Pakar DPP Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Syaiful Bahari mengingatkan perusahaan sawit (PKS) termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor perkebunan untuk tidak memanfaatkan peluang. momentum untuk mendapatkan keuntungan) tentang Dengan mengurangi harga beli TBS dari petani kelapa sawit.

banner 325x300

Sayyev menyatakan bahwa BUMN harus berada di garda terdepan membela kepentingan negara, bangsa dan petani, dan tidak memanfaatkan peluang dan penderitaan petani sawit akibat kelebihan pasokan TBS.

Dia mengingatkan agar BUMN tani tidak menurunkan harga buah segar (TBS) dari petani agar bisa meraup untung besar dari kesenjangan kelebihan pasokan TBS dari petani.

Syaiful mengacu pada Surat Edaran Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Nomor 165/KB020/E/04/2022 yang ditujukan kepada 21 gubernur yang memiliki perkebunan kelapa sawit di lahannya untuk mencegah pemilik pabrik kelapa sawit (PKS) menetapkan harga secara sepihak karena dianggap merugikan. terhadap Menteri Pertanian Nomor 1 Tahun 2018.

Siyafull juga meminta Menteri BUMN Eric Thohir untuk mengingatkan BUMN agar mematuhi ketentuan harga baku pembelian TBS dari petani dan tidak melakukan aksi profit taking yang bisa menyebabkan kericuhan harga TBS.

Seafall menduga sejumlah PKS membeli TBS murah dari petani lalu mengekspornya kembali dalam bentuk CPO dengan harga internasional yang tinggi, karena ekspor CPO sebelumnya tidak dilarang.

Gubernur Kalbar Sutarmidji, salah satu dari delapan provinsi penghasil kelapa sawit, sebelumnya meminta PKS tidak sepihak menurunkan harga beli TBS dari kebun sawit rakyat.

Mengutip Kontan, Rabu 27 April 2022, Ketua Umum Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Gulat ME Manurung mengimbau seluruh Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dari Aceh hingga Papua untuk mematuhi dan mematuhi peraturan yang berlaku. Diantaranya adalah Kebijakan Kementerian Pertanian Nomor 01 Tahun 2018 dan Peraturan Gubernur (Bergob) terkait Rezim Perdagangan TBS yang diturunkan dari Menteri Pertanian.

“Hentikan Kecurangan PKS dan Cari Keuntungan Lebih Dari Yang Wajar” Pesta selesai.” Bagi pembeli CPO yang dikenal dengan The Big Five, untuk membeli CPO-CPO dari PKS-PKS dengan tarif KPBN, Menko memberikan pernyataan tunggu selama 4 hari. Semua ini Terkait dengan harga petani kami dari TBS “.

Golat juga mendukung Menko Perekonomian untuk melarang ekspor bahan baku minyak goreng hanya untuk RBD sawit. “Secara matematis dan ekonomis, larangan ekspor RBD palm olein tidak akan mempengaruhi konsumsi TBS dan harga TBS petani. Namun, ketidakpastian sebelumnya membuat semua orang siap untuk membuat harga TBS bagi petani,” kata Tours.

Larangan ekspor olein sawit RBD tidak berarti penghapusan konsumsi TBS produk lain seperti bahan kimia minyak bumi, biodiesel, PKO rafinasi, PKO mentah dan CPO.

Diketahui, data ekspor RBD palm olein tahun 2021 sebesar 14.164.793 KL atau setara dengan 63 persen dari total produksi RBD palm olein Indonesia tahun 2021 sebesar 22.468.337 KL.

Sedangkan konsumsi RBD palm olein dalam negeri sebesar 8.303.544 kL atau 37%. Karena hanya minyak sawit RBD yang dilarang diekspor, Gulat menyarankan 63% olein sawit RBD untuk ekspor, hanya perlu diubah menjadi produk lain seperti bahan kimia minyak, biodiesel, PKO olahan, PKO mentah dan CPO.

Artinya serapan kandungan TBS petani tidak akan terganggu dengan penghentian sementara ekspor RBD Palm Olein, karena mekanisme tujuan produk akan dilaksanakan sesuai dengan permintaan pasar yang disesuaikan dengan regulasi saat ini, kata Gawala.

Bagian kritis artikel ini diterbitkan dengan judul Apkasindo Wajibkan Pabrik Kelapa Sawit Patuhi Regulasi Harga TBS Petani

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.