free stats
banner 728x250
Berita  

Hari Ini Larangan Ekspor Bahan Baku Minyak Goreng Berlaku, Eksportir Nakal Bakal Ditindak Tegas

banner 120x600
banner 468x60

Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian memastikan kebijakan pelarangan ekspor produk turunan sawit akan berlaku mulai Kamis, 28 April 2022 pukul 00.00 WIB.

Menteri Koordinator Perekonomian Erlanga Hartarto menjelaskan, produk minyak sawit yang tidak boleh diekspor berkisar antara Refined, Bleached and Deodorized Palm Oil (RBD Palm Olein) hingga Crude Palm Oil (CPO).

banner 325x300

Airlangga menegaskan, kebijakan ini dilakukan dalam rangka menekan harga dan menjaga ketersediaan stok minyak goreng di dalam negeri.

Terkait arahan Presiden Republik untuk mencegah ekspor minyak goreng dan bahan baku minyak goreng, hal itu menyusul penjelasan pemerintah sebelumnya. Hal ini penting agar tidak terjadi perbedaan interpretasi terkait kebijakan pelarangan ekspor CPO dan turunannya dalam rangka penyediaan minyak goreng curah sebesar Rs 14.000 per liter.”/4/2022).

“Kebijakan pelarangan ini detail, yang berlaku untuk semua produk, baik CPO, RPO (red palm oil), RBD Palm Olein, limbah pabrik kelapa sawit (POME) atau minyak goreng bekas. Itu telah diatur oleh Peraturan Menteri Perdagangan dan akan mulai berlaku. Eksekusi malam ini pukul 00.00 WIB sesuai arahan Presiden.”

Larangan ekspor ini, lanjut Airlangga, tercatat dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag).

Namun, Bermendag tidak menjelaskan secara detail.

Menko Erlanga juga mengatakan, Ditjen Bea Cukai dan Polri melalui Satgas Pangan akan melakukan pengawasan ketat dalam implementasi kebijakan tersebut.

Pengawasan akan dilakukan secara berkesinambungan, termasuk pada saat libur Idul Fitri.

“Untuk implementasi dan implementasi kebijakannya tetap sama, yaitu pengendalian larangan ekspor oleh bea cukai dan pelaksanaan peredaran CPO dan produk turunannya,” kata mantan Menteri Perindustrian itu.

Ia menyimpulkan, “bila terjadi pelanggaran, akan dilakukan tindakan tegas karena satgas di bidang pangan, bea cukai, dan kepolisian akan terus melakukan pemantauan serta Kementerian Perdagangan.”

Pemerintah akan mengambil tindakan tegas

Pemerintah akan menindak tegas pihak-pihak yang nekat mengekspor minyak sawit mentah dan turunannya mulai malam ini.

Pemerintah resmi melarang ekspor CPO dan turunannya mulai malam ini pukul 00.00 WIB, Kamis (28/4/2022).

kata Menko Perekonomian Erlanga Hartarto kurang lebih, Rabu (27/4/2022).

Namun, Airlangga tidak merinci sanksi atau tindakan tegas yang akan diberikan jika terjadi aktivitas ekspor CPO dan turunannya di tengah kebijakan larangan ekspor tersebut.

Ia menjelaskan, “dalam hal penerapan dan pelaksanaan kebijakan tetap sama, yaitu pengendalian pabean larangan ekspor, pelaksanaan peredaran CPO dan produk turunannya.”

Airlangga mengatakan larangan ekspor CPO dan turunannya dalam rangka penyediaan minyak goreng curah dengan harga Rp14.000 per liter yang merata di seluruh Indonesia.

Menurut dia, keputusan itu diambil dengan mempertimbangkan pendapat dan tanggapan masyarakat, sehingga kebijakan pelarangan ekspor CPO dan turunannya dirinci.

“Ini (larangan ekspor) berlaku untuk semua produk, baik CPO, RPO, RBD palm Oolein, POME, minyak goreng bekas. Semua produk tersebut tercakup dalam peraturan Menteri Perdagangan dan akan diberlakukan malam ini pukul 00.00 hingga minyak goreng dalam jumlah besar. Harganya 14 ribu rupiah per liter.

Hingga 14 ribu rupiah

Pemerintah kembali melanjutkan penerapan larangan ekspor minyak sawit mentah dan turunannya pada pukul 00.00 WIB, Kamis (28/4/2022).

“Pelarangan ekspor CPO dan turunannya dalam rangka suplai minyak goreng curah dengan harga Rp 14.000 per liter yang merata di seluruh Indonesia,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Erlanga Hartarto kasar, Rabu (27/4). / 2022).

Menurut dia, keputusan itu diambil dengan mempertimbangkan pendapat dan tanggapan masyarakat, sehingga kebijakan pelarangan ekspor CPO dan turunannya dirinci.

“Ini berlaku untuk semua produk, baik CPO, RPO (red palm oil), RBD palm olein, POME (stream palm oil mill), minyak kokas bekas
. Harga minyak goreng curah Rp 14.000 per liter,” kata Airlangga.

“Kebijakan ini memastikan produk CPO dapat disesuaikan dengan ketersediaan minyak goreng curah dan harganya Rs 14.000 per liter, terutama di pasar tradisional, usaha kecil dan mikro,” lanjut Airlangga.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.