free stats
banner 728x250
Berita  

HUT Ke-77 RI, KKP Gelar Upacara Bendera Di Bawah Air Perairan Sumatera Barat Hingga Pameran BCL

banner 120x600
banner 468x60

Journalist Report, Ismoyo

JAKARTA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan menggelar rangkaian kegiatan di Kabupaten Pesisir Selatan dan Kota Padang, Sumatera Barat (Sumatera Barat) dalam rangka memperingati HUT RI ke-77.

banner 325x300

Doni Ismanto, Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik, menjelaskan rangkaian kegiatan ini merupakan bagian dari kick off rute Bulan Cinta Laut (BCL) yang dijadwalkan Oktober mendatang.

“BCL merupakan salah satu program ekonomi biru Menteri Sakti Wahyu Trenggono. Konsep BCL terus kita sosialisasikan di daerah-daerah sesuai kearifan lokal,” kata Doni dalam keterangannya (16/8/2022).

Menurut dia, rangkaian kegiatan di Sumbar diawali dengan pelaksanaan upacara bendera bawah laut di perairan Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan pada 17 Agustus 2022.

Upacara bendera tersebut dihadiri oleh puluhan peserta antara lain tim internal KKP, pejabat pemerintah daerah, akademisi dan puluhan penyelam profesional.

“Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan momen emosional bagi masyarakat Indonesia, dan Menteri Trenggono telah meminta seluruh jajaran KKP untuk memimpin perayaan ini pada 17 Agustus, sekaligus mengkampanyekan pentingnya menjaga kesehatan laut,” jelasnya. .

Serial animasi HUT RI ke-77 yang berlangsung dalam acara Exploring Mandeh Road To BCL ini juga diisi dengan turnamen fotografi dan videografi bawah laut di perairan Mandeh.

Tepatnya di lokasi bangkai kapal pengangkut barang (BMKT), MV Boeloengan Nederland yang tenggelam saat Perang Dunia Kedua.

Usai pengambilan foto dan video bawah air, peserta turnamen kemudian melakukan aksi bersih-bersih sampah di sekitar lokasi penyelaman, sebagai wujud komitmen bersama menjaga kesehatan laut.

Dalam rangkaian acara ini, KKP juga menyelenggarakan Festival Pukek Maelo di Pantai Purus Kota Padang yang melibatkan nelayan dan masyarakat pesisir pada 21 Agustus 2022.

Pada saat yang sama, juga digelar pameran program Love of the Sea (BCL), yang meliputi kegiatan membersihkan pantai dari sampah plastik.

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah meyakini pelaksanaan program BCL akan mendorong masyarakat untuk lebih peduli terhadap kondisi laut.

Program tersebut tidak hanya menjadi solusi permasalahan sampah laut, tetapi juga memberikan manfaat ekonomi bagi nelayan.

Sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan rangkaian kegiatan Jelajah Mandeh Road To BCL, pihaknya akan mengerahkan seluruh ASN provinsi yang berdomisili di Kota Padang, untuk ikut serta dalam aksi bersih-bersih sampah di pantai Purus.

“Apa yang sudah direncakan menteri (BCL), insya Allah Sumbar akan mendukung secara optimal, kita akan libatkan bupati dan walikota yang memiliki wilayah pesisir di Sumbar”, kata Mahyeldi.

“Kegiatan ini juga tentunya akan meningkatkan kecintaan dan kepedulian kita terhadap laut, karena memang kehidupan di bumi ini bergantung pada laut. Itu yang harus kita perhatikan,” ujarnya. dia menyimpulkan.

Program Bulan Cinta Laut (BCL) dirancang khusus untuk mengatasi masalah sampah plastik di laut.

Program BCL yang digagas oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono tidak hanya mengajak masyarakat untuk membersihkan sampah di pantai, tetapi juga mendorong para nelayan untuk memungut sampah di laut dan hasilnya akan dikonversi sesuai harga ikan termurah di waktu itu.

Pelaksanaan BCL di seluruh Indonesia menyesuaikan dengan kondisi cuaca masing-masing daerah, sehingga selama 1 tahun 1 bulan yang lalu program BCL dilaksanakan sesuai dengan kondisi cuaca atau musim penangkapan ikan.

Pemkab Demak Gelar Selamatan Hut Ri Ke 77 Tahun
23 jam yang lalu pemkab demak menggelar malam selamatan hut kemerdekaan ri ke 77 tahun acara berlangsung di pendopo satya praja di hadiri bupati eisti 39 anah

Kkp Akan Gelar Semarak Hut Ri Ke 77 Di Sumbar
1 hari yang lalu padang 16 8 kementerian kelautan dan perikanan kkp akan menggelar serangkaian kegiatan di kabupaten pesisir selatan dan kota padang

Kkp Akan Gelar Semarak Hut Ri Ke 77 Di Sumbar Info Kementrian
22 jam yang lalu kkp akan gelar semarak hut ri ke 77 di sumbar 16 agustus 2022 dok kkp padang gatra com kementerian kelautan dan perikanan kkp akan menggelar

Meriahkan Hut Ke 77 Ri Pubg Mobile Gelar Lomba 17 Agustusan
15 jam yang lalu img okezone com content 2022 08 16 326 2649099 meriahkan hut meriahkan hut ke 77 ri pubg mobile gelar lomba 17 agustusan foto pubg

Sambut Hut Ke 77 Ri Tri Gelar Promo Pesta Kemerdekaan
7 hari yang lalu lewat program promi ini tri memberikan penawaran menarik bagi para pelanggan mulai dari potongan pulsa potongan poin bonstri

Meriahkan Hut Ri Ke 77 Kodam Iskandar Muda Gelar Lomba
23 jam yang lalu meriahkan hut ri ke 77 kodam iskandar muda gelar lomba perahu hias selasa 16 aug 2022 10 56 wib red fian firatmaja

Perhatian Ini Pedoman Hut Ke 77 Kemerdekaan Ri Di Kota Surabaya
12 jam yang lalu wali kota surabaya eri cahyadi mengeluarkan surat edaran se tentang pedoman hari ulang tahun hut ke 77 kemerdekaan republik indonesia ri tahun 2022

Meriahkan Peringatan Hut Ri Ke 77 Klhk Selenggarakan Bakti
7 hari yang lalu meriahkan peringatan hut ri ke 77 klhk selenggarakan bakti sosial donor darah dan lomba bulutangkis kementerian lingkungan hidup dan

Rayakan Hut Ri Ke 77 Kkp Akan Gelar Upacara Bawah Air
24 jam yang lalu kkp akan menggelar serangkaian kegiatan di kabupaten pesisir selatan dan kota padang sumatera barat sumbar untuk menyemarakkan hut ke 77

Rayakan Hut Ri Kkp Gelar Upacara Bawah Air Youtube
18 jam yang lalu rayakan hut ri kkp gelar upacara bawah air no views aug 16 2022 kementerian kelautan dan perikanan kkp akan menggelar serangkaian

Ini Dia Logo Dan Tema Peringatan Hut Ke 77 Kemerdekaan Ri
Istana merilis logo dan tema peringatan hari ulang tahun hut kemerdekaan ke 77 ri logo tersebut resmi diperkenalkan ke publik melalui

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.