free stats
banner 728x250
Berita  

Jelang Lebaran, 40 Perusahaan Di Jakarta Dilaporkan Belum Bayar THR Karyawan

banner 120x600
banner 468x60

Jakarta – Tri Yoni Wanto, Kepala Bidang Pengawasan Sudin Keimigrasian dan Tenaga Kerja Jakarta Barat, mengatakan pihaknya telah menerima sebanyak 40 laporan dari perusahaan yang bermasalah terkait pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawan.

“Kami menerima sekitar 40 laporan sejak Minggu lalu,” kata Tri Yoni Wanto saat dihubungi di Jakarta, Selasa (26/4/2022).

banner 325x300

Pihaknya diketahui mengadu melalui postingan aduan di https://poskothr.kemnaker.go.id.

Tri telah mengajukan surat imbauan kepada puluhan perusahaan untuk membayar THR karyawan.

Jika kemudian diketahui banyak perusahaan yang tidak mampu membayar total biaya karyawan yang dipekerjakannya, pihaknya akan mengambil alih mediasi.

Namun, jika perusahaan tetap tidak membayar THR kepada karyawannya, pihaknya akan mengeluarkan surat pemeriksaan terhadap perusahaan tersebut.

Ia menutup dengan mengatakan, “Kami akan membuat catatan pemeriksaan yang dapat ditindaklanjuti dengan pengenaan sanksi administratif.”

Sejauh ini, lanjut Trey, 40 perusahaan tersebut masih ditanganinya.

THR. tidak dapat dipasang

Pemerintah menjamin perusahaan di Indonesia untuk tidak membayar iuran Tunjangan Hari Raya (THR) 2022.

Menteri Tenaga Kerja Ida Fawzia meminta pengusaha membayar THR maksimal 7 hari sebelum Idul Fitri atau sekitar 25 April 2022 jika Idul Fitri jatuh pada 2 Mei 2022.

Namun perlu diingat bahwa THR juga dikenakan pajak penghasilan (PPh) 21 sebagai gaji bulanan.

THR termasuk penghasilan pekerja/buruh selain objek pajak penghasilan (PPh 21), khususnya wajib pajak orang pribadi.

Kementerian Tenaga Kerja mengutip akun resminya di Instagram, Jumat (15/4/2022) mengumumkan bahwa pemotongan pajak penghasilan atas gaji, THR, dan bonus untuk setiap pekerja tidak sama.

“Selain mengandalkan pokok pajak yang dipungut, pemotongan PPH 21 juga dipengaruhi oleh kepemilikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP),” bunyi pengumuman tersebut.

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa THR hanya dikenakan pajak jika melebihi batas penghasilan tidak kena pajak (PTKP).

Berdasarkan Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP), biaya PTKP adalah Rp 4,5 juta per bulan atau Rp 54 juta per tahun.

Oleh karena itu, bagi pekerja yang jumlah THR-nya seperti di atas, tidak dipotong pajak. Begitu pula sebaliknya, pekerja yang THR-nya melebihi jumlah di atas akan dipotong pajak.

Berapa harga THR pegawai khusus tahun 2022 sesuai ketentuan yang berlaku?

Pernyataan privasi yang dikeluarkan Menteri Tenaga Kerja Ida Fozia dan ditujukan kepada gubernur di seluruh Indonesia itu juga memuat ketentuan besaran THR 2022 bagi pegawai khusus.

Kami mohon bantuannya untuk menyampaikan surat edaran ini kepada wali/walikota dan pemangku kepentingan terkait di daerah Anda, kata Ida dalam SE yang ditandatangani pada 6 April 2022.

Peraturan THR 2022 untuk Pegawai Swasta

Ida menegaskan, pemberian THR keagamaan kepada pekerja/buruh merupakan upaya pemenuhan kebutuhan pekerja/pekerja dan keluarganya dalam rangka memperingati hari besar keagamaan.

Utusan Khusus mengatakan pemberian THR keagamaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan pengusaha bagi pekerja/buruh.

Pengenal khusus ini diterbitkan dengan mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan juncto Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja/Pekerja di Perusahaan.

Sebagaimana disebutkan dalam SE, THR keagamaan didorong dengan mempertimbangkan banyak hal.

THR 2022 diberikan kepada:

Karyawan/pekerja yang memiliki waktu kerja terus menerus selama satu bulan atau lebih.

Pekerja/pekerja yang mempunyai hubungan kerja dengan pemberi kerja berdasarkan perjanjian kerja waktu tidak tertentu atau perjanjian kerja waktu tertentu.

Akun THR 2022

Ketentuan yang berkaitan dengan perubahan personel di sektor swasta untuk tahun 2022 adalah sebagai berikut:

Bagi pegawai/pekerja yang mempunyai masa kerja dua belas bulan berturut-turut atau lebih, berdasarkan upah satu bulan.

Bagi pekerja/pekerja yang masa kerja satu bulan terus menerus tetapi kurang dari dua belas bulan, diberikan secara proporsional menurut perhitungan: masa kerja dibagi 12 kali upah satu bulan.

Sedangkan untuk menghitung THR 2022 bagi pekerja/buruh yang bekerja berdasarkan perjanjian kerja harian terakhir, upah satu bulan dihitung sebagai berikut:

Pegawai/pekerja yang telah menghabiskan waktu kerja 12 bulan atau lebih, upah satu bulan dihitung berdasarkan upah rata-rata yang diterima dalam 12 bulan terakhir sebelum hari raya keagamaan.

Pegawai/pekerja yang masa kerjanya kurang dari 12 bulan, upah satu bulan dihitung berdasarkan upah rata-rata yang diterima setiap bulan selama masa kerja.

Sedangkan bagi pekerja/buruh yang upahnya ditentukan berdasarkan satuan produksi, upah satu bulan dihitung atas dasar upah rata-rata 12 bulan terakhir sebelum hari raya keagamaan.

Sedangkan bagi perusahaan yang menetapkan besaran THR 2022 bagi pegawai swasta dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, perjanjian kerja bersama, atau adat istiadat yang dilakukan lebih besar dari nilai THR keagamaan sebagaimana dimaksud di atas, maka THR dibayarkan kepada pekerja/buruh sesuai dengan ketentuan yang berlaku. perjanjian kerja atau peraturan Perusahaan, perjanjian kerja bersama, atau praktek yang telah dilaksanakan.

THR Karyawan 2022 Kapan pencairannya?

Dalam Peraturan THR 2022 untuk Pegawai Khusus tersebut ditegaskan bahwa THR keagamaan wajib dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan atau Idul Fitri.

Selanjutnya, untuk memastikan pembayaran THR dapat dilaksanakan dengan baik, melalui Kementerian Tenaga Kerja SE juga telah meminta gubernur untuk mendorong dunia usaha di daerahnya agar membayar THR keagamaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selain itu, bagi perusahaan yang mampu, disarankan untuk membayar THR keagamaan lebih awal dari tanggal jatuh tempo pembayaran THR keagamaan.

Untuk mengantisipasi munculnya pengaduan dalam pelaksanaan pembayaran THR keagamaan, setiap daerah membentuk Pusat Komando Satgas (Posko Satgas) Pelayanan Penasihat dan Penegakan Hukum Tunjangan Cuti 2022 yang tergabung melalui website https://poskothr.kemnaker .go.id, demikian ketentuan penutup. untuk SE.

Demikian informasi mengenai penghitungan THR 2022 berdasarkan peraturan THR 2022 untuk pegawai khusus sekaligus jawaban atas pertanyaan kapan THR akan dicairkan untuk pegawai 2022. (/)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.