free stats
banner 728x250
Berita  

Jerman Siapkan Skenario Baru Hentikan Impor Gas Dari Rusia

banner 120x600
banner 468x60

Laporan Pers, Nur Vibriana Trinograhini

BERLIN – Pemerintah Jerman diam-diam menyiapkan rencana penghentian impor gas dari Rusia dengan paket darurat yang mencakup penguasaan perusahaan-perusahaan penting di negara itu.

banner 325x300

Persiapan yang dipimpin oleh Kementerian Perekonomian Jerman menunjukkan kewaspadaan yang tinggi terhadap pasokan gas yang mendukung perekonomian negara dan penting bagi industri baja, plastik, dan mobil.

Menurut Reuters.com, pasokan gas Rusia menyumbang sekitar 55 persen dari impor Jerman tahun lalu. Jerman berada di bawah tekanan untuk memutuskan ketergantungannya pada pasokan energi dari Rusia, karena para kritikus mengatakan pendapatan Rusia dari sektor energi telah membantu mendanai pasukan Rusia.

Masih belum jelas apakah Jerman akan tiba-tiba menutup energi Rusia, tetapi Jerman telah memberikan dukungan untuk embargo gas Rusia, dan telah mendukung sanksi yang menargetkan batu bara dan minyak Rusia.

Jerman saat ini sedang mencoba untuk membuat rencana untuk menghadapi situasi jika Rusia secara sepihak memotong pasokan gas.

Pemerintah Jerman juga berencana untuk memberikan lebih banyak pinjaman dan jaminan untuk mendukung perusahaan energi, yang dapat membantu mereka mengatasi kenaikan harga, serta rencana untuk mengakuisisi perusahaan penting seperti kilang.

Jerman bulan lalu menyetujui perubahan yang memungkinkan pemerintah mengambil alih perusahaan energi sebagai upaya terakhir.

Saat ini, pemerintah Jerman sedang mendiskusikan bagaimana mengambil tindakan tersebut, seperti mengambil alih kilang PCK yang dioperasikan oleh Rosneft Rusia.

Nasionalisasi perusahaan energi

Salah satu sumber mengatakan nasionalisasi perusahaan energi adalah salah satu opsi yang dipertimbangkan pemerintah Jerman dengan cermat untuk mengamankan pasokan energi.

Menurut sumber lain, Jerman telah mengakuisisi saham di perusahaan lain.

Pada tahun 2018, Jerman mengambil langkah serupa ketika bank pembangunan negara KfW membeli 20 persen dari operator jaringan listrik 50-hertz, untuk menangkis tawaran dari jaringan negara China.

Pemerintah Jerman belum menyelesaikan paket darurat terakhir, tetapi dilaporkan bahwa Jerman akan mengambil saham minoritas di perusahaan energi dan campur tangan di kilang Schwedt, meskipun rencana ini belum ditentukan.

Pemerintah Jerman juga mempelajari apakah KfW dapat membantu mengurangi tekanan pada perusahaan energi, dengan mendukung mereka untuk mendapatkan lebih banyak pinjaman atau kredit darurat, yang dapat digunakan ketika mereka menghadapi kenaikan harga energi.

Awal tahun ini untuk mengatasi volatilitas di pasar energi, KfW membantu perusahaan energi Jerman Uniper, perusahaan gas alam VNG, dan operator pembangkit listrik tenaga batu bara Leag.

Jerman juga mencari cara bagaimana memompa gas keluar dalam keadaan darurat.

Regulator Jerman sedang mempertimbangkan apakah akan memprioritaskan industri daripada rumah tangga, yang akan menjadi kebalikan dari kebijakan saat ini.

Diskusi berlangsung dengan latar belakang perang di Ukraina dan konflik yang meningkat antara Rusia dan Jerman, yang mendukung pengenaan sanksi keras untuk mengisolasi Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada angkatan bersenjatanya pada parade militer pada hari Senin bahwa mereka akan terus berjuang untuk negara mereka, tetapi tidak memberikan indikasi berapa lama serangan terhadap Ukraina akan berlangsung.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.