free stats
banner 728x250
Berita  

Jokowi Buka Kembali Keran Ekspor CPO Dan Minyak Goreng, Pengamat: Sudah Tepat

banner 120x600
banner 468x60

Akademisi Kebijakan Publik Universitas Gadjah Mada (UGM) Gabriel Lele menilai keputusan Presiden Joko Widodo membuka keran ekspor Crude Palm Oil (CPO) dan minyak goreng.

Gabriel menilai, keputusan membuka ekspor perlu diwaspadai dan jangan berspekulasi dalam menentukan harga minyak dalam negeri.

banner 325x300

“Relaksasi itu tepat karena stok cukup, terlihat dari harga yang stabil. Yang perlu dijaga jangan ada spekulasi lagi,” ujarnya saat dihubungi, Sabtu (21/5/2022).

Lebih lanjut ia menilai, permasalahan terkait kelangkaan minyak goreng di Indonesia bukan karena stok yang terbatas melainkan perilaku kelompok usaha yang ingin meraup untung besar atau rent seeking.

“Kendala minyak goreng kita bukan terbatasnya stok, tetapi perilaku rent-seeking sekelompok pengusaha.”

”Yang juga dipertahankan adalah relaksasi tidak mengarah pada liberalisasi,” jelasnya.

Adapun liberalisasi, yang dimaksud Gabriel adalah pemerintah tidak boleh melepas harga CPO dan minyak goreng ke mekanisme pasar.

“Harus tetap ada pemerintah dalam bentuk regulasi termasuk sanksi tegas jika ada yang melanggar,” katanya.

Gabriel juga mengingatkan pemerintah untuk terus melakukan inspeksi pasar guna memantau harga minyak di masyarakat.

“Pemeriksaan harus rutin dan bisa menggunakan teknologi. Pemerintah perlu memiliki sistem pemantauan kecukupan stok nasional dan distribusi regional,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jokowi memutuskan membuka kembali keran ekspor CPO dan minyak goreng mulai Senin (23/5/2022).

“Saya sudah putuskan ekspor minyak goreng akan dibuka kembali pada Senin, 23 Mei 2022,” kata Jokowi, Kamis (19/5/2022).

Sejumlah pertimbangan telah dilakukan pemerintah sebelum memutuskan untuk membuka kembali ekspor CPO dan minyak goreng.

Pertama, karena melimpahnya pasokan minyak goreng di dalam negeri.

Jokowi menjelaskan, kebutuhan minyak goreng curah nasional mencapai 194.000 ton per bulan.

Sebelum larangan ekspor berlaku, pasokan minyak goreng curah sebanyak 64,5 ribu ton per bulan.

Setelah larangan ekspor berlaku, pasokan naik menjadi 211 ribu ton per bulan.

“Ini sudah melebihi kebutuhan nasional kita,” katanya.

Selain pasokan yang melimpah, Jokowi mengklaim larangan ekspor yang diterapkannya berhasil menekan kembali harga minyak goreng curah.

Dikatakannya, sebelum larangan ekspor berlaku Kamis (28/4/2022), rata-rata harga minyak goreng nasional Rp. 19.800.

Jokowi mengklaim setelah larangan ekspor berlaku, harga minyak goreng curah berhasil turun menjadi Rp 17.200-17.600 per liter.

Jokowi mengakui harga minyak goreng curah di beberapa daerah masih relatif tinggi.

Namun, dia yakin dalam beberapa pekan ke depan harga minyak goreng akan semakin terjangkau atau bahkan sejalan dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

“Meskipun memang ada beberapa daerah yang saya tahu harga minyak goreng masih relatif tinggi, saya yakin dalam beberapa minggu ke depan harga minyak goreng curah akan lebih terjangkau dari harga yang kita tetapkan,” kata Jokowi.

Sedangkan pertimbangan ketiga adalah tentang jumlah orang yang bekerja di kelapa sawit.

“Mengingat 17 juta orang di industri kelapa sawit, baik petani maupun pekerja, saya memutuskan untuk membuka kembali ekspor minyak oreng pada Senin, 23 Mei 2022,” katanya.

Jokowi juga menegaskan akan terus memantau pasokan minyak goreng dalam negeri seiring dengan dibukanya kembali ekspor minyak goreng per 23 Mei 2022.

“Meskipun ekspor dibuka, pemerintah akan terus memantau dan memantau secara ketat untuk memastikan pasokan terpenuhi dengan harga yang terjangkau,” kata Jokowi.

Ia juga memerintahkan aparat penegak hukum untuk memproses mafia hukum yang mengakibatkan kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng. Jokowi ingin dugaan penyelewengan distribusi dan produksi minyak goreng segera diusut.

Ia juga ingin proses hukum segera berjalan.

“Saya tidak ingin ada yang main-main yang menyusahkan rakyat, merugikan rakyat,” kata Jokowi.

Jokowi juga berterima kasih kepada para petani kelapa sawit atas pemahaman mereka terhadap kebijakan larangan ekspor CPO.

“Saya juga ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih kepada para petani kelapa sawit atas pengertian dan dukungannya terhadap kebijakan pemerintah yang diambil untuk kepentingan masyarakat luas,” tutupnya.

(/John Liestyo Poerwoto/Srihandriatmo Malau)

Artikel lain terkait Larangan Ekspor CPO

Pemerintah Kembali Buka Keran Ekspor Cpo Petani Sawit
2 days ago terimakasih kepada bapak presiden jokowi yang sudah membuka kembali larangan ekspor minyak sawit ujar sekretaris jendral serikat petani

Jokowi Buka Keran Ekspor Cpo Klaim Harga Minyak Youtube
Video com presiden joko widodo jokowi memutuskan membuka kembali keran ekspor crude palm oil cpo dan minyak goreng mulai senin

Jokowi Buka Keran Ekspor Cpo Saham Emiten Sawit Terbang
1 day ago menurut airlangga kebijakan itu ditempuh menindaklanjuti keputusan presiden joko widodo yang membuka kembali ekspor cpo dan turunannya mulai

Jokowi Kembali Buka Keran Ekspor Minyak Goreng Mulai 23 Mei
2 days ago kontan co id jakarta presiden joko widodo jokowi kembali membuka izin ekspor minyak goreng yang sebelumnya sempat dilarang keputusan ini

Ini Alasan Jokowi Buka Lagi Keran Ekspor Minyak Goreng Dan Cpo
2 days ago presiden joko widodo jokowi menyatakan indonesia kembali membuka ekspor minyak goreng dan cpo mulai senin 23 5 2022 mendatang

Jokowi Buka Keran Ekspor Cpo Republika Online
1 day ago jakarta presiden joko widodo jokowi memutuskan untuk kembali membuka keran ekspor minyak sawit mentah cpo dan turunannya mulai senin

Akhirnya Jokowi Buka Keran Ekspor Minyak Goreng Dan Cpo
2 days ago presiden joko widodo membuka keran ekspor minyak goreng dan crude palm oil cpo mulai senin 23 mei 2022

Jokowi Buka Keran Ekspor Cpo Minyak Goreng Lagi Senin 23 Mei
2 days ago presiden jokowi membuka kembali keran ekspor cpo dan minyak goreng lagi mulai senin 23 5 setelah melarangnya mulai kamis 28 5 lalu

Jokowi Buka Lagi Ekspor Cpo Petani Sumringah Cnbc Indonesia
2 days ago melalui akun youtube sekretariat presiden hari ini kamis 19 5 2022 presiden joko widodo mengumumkan membuka kembali keran ekspor cpo dan

Buka Tutup Keran Ekspor Cpo Jokowi Cnn Indonesia
1 day ago presiden joko widodo jokowi akhirnya mencabut larangan ekspor cpo mulai senin 23 5 setelah mendapat protes dari petani sawit yang merasa

Jokowi Buka Keran Ekspor Cpo Dan Minyak Goreng Mulai 23 Mei
2 days ago tempo co jakarta presiden joko widodo alias jokowi mengumumkan akan kembali membuka ekspor cpo atau crude palm oil dan minyak goreng pada

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.