free stats
banner 728x250
Berita  

Jokowi Buka Keran Ekspor CPO, Klaim Harga Minyak Goreng Sudah Turun

banner 120x600
banner 468x60

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk membuka kembali keran ekspor minyak sawit mentah dan minyak goreng mulai Senin (23/5/2022).

Pengembalian Tunjangan Ekspor CPO dan Minyak Goreng disampaikan langsung oleh Jokowi pada Kamis (19/5/2022).

banner 325x300

“Saya memutuskan untuk membuka kembali ekspor minyak goreng pada Senin, 23 Mei 2022,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan keputusan itu diambil dengan beberapa pertimbangan. Pertama, karena melimpahnya pasokan minyak goreng di dalam negeri.

Dia menyebutkan, kebutuhan minyak goreng curah nasional sebesar 194.000 ton per bulan. Sebelum larangan ekspor diberlakukan, pasokan minyak goreng curah sebanyak 64,5 ribu ton per bulan. Dan setelah larangan ekspor berlaku, pasokan meningkat menjadi 211 ribu ton per bulan.

“Ini sudah melebihi kebutuhan nasional kita,” katanya.

Selain pasokan yang cukup, Jokowi mengklaim larangan ekspor kembali menekan harga minyak goreng curah.

Dikatakannya, sebelum masuknya larangan ekspor pada Kamis (28/4/2022), harga rata-rata minyak goreng nasional Rp 19.800. Jokowi mengklaim setelah larangan ekspor berlaku, harga minyak goreng curah mampu turun menjadi Rp 17.200-17.600 per liter.

Jokowi mengakui harga minyak goreng curah di beberapa daerah masih relatif tinggi. Namun, dia yakin dalam beberapa pekan ke depan harga minyak goreng akan terjangkau atau bahkan sejalan dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

“Meskipun sudah ada beberapa daerah yang saya tahu harga minyak goreng masih relatif tinggi, saya yakin dalam beberapa minggu ke depan harga minyak goreng curah akan terjangkau dengan harga yang telah kita tetapkan,” kata Jokowi.

Sedangkan pertimbangan ketiga berkaitan dengan jumlah pekerja di sawit. Dia mengatakan, “Mengingat 17 juta orang di industri kelapa sawit, baik petani maupun pekerja, saya memutuskan untuk membuka kembali ekspor minyak pada Senin, 23 Mei 2022.”

Jokowi juga menegaskan akan terus memantau pasokan minyak goreng dalam negeri seiring dengan dibukanya kembali ekspor minyak goreng mulai 23 Mei 2022.

“Meskipun ekspor dibuka, pemerintah akan terus memantau dan memantau secara ketat untuk memastikan pasokan terpenuhi dengan harga yang wajar,” kata Jokowi.

Ia juga memerintahkan aparat penegak hukum untuk menindak mafia hukum yang menyebabkan kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng. Jokowi ingin segera mengusut dugaan penyelewengan distribusi dan produksi minyak goreng. Ia juga ingin proses hukum segera dilakukan.

“Saya tidak ingin ada orang yang mempermainkan orang yang menyusahkan dan merugikan mereka,” kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga berterima kasih kepada para petani sawit yang telah memahami kebijakan larangan ekspor CPO. “Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada para petani kelapa sawit atas pengertian dan dukungannya terhadap kebijakan pemerintah yang diambil untuk kepentingan masyarakat luas,” katanya.

Dan Jokowi sebelumnya telah memutuskan untuk melarang ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng, mulai Kamis (28 April). Keputusan itu diambil setelah harga minyak goreng naik dalam beberapa bulan terakhir.

Jokowi melarang ekspor minyak goreng guna mengatasi lonjakan harga dan kelangkaan minyak goreng yang terjadi lebih dari setengah tahun lalu.

Namun, para pelaku industri dan petani kelapa sawit mengeluhkan kebijakan ini. Petani mengaku rugi lebih dari 11 triliun rupiah akibat kebijakan tersebut.

Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Tours Manurong mengatakan kerugian tersebut disebabkan industri tidak menyerap hasil panen petani.

Pemerintah sudah berusaha mengatasi peningkatan dan kelangkaan minyak goreng. Pertama, peluncuran minyak goreng sederhana kemasan senilai Rp14.000 per liter di pasar retail dan pasar tradisional secara bertahap mulai Januari hingga Juni 2022.

Total minyak goreng yang dihabiskan adalah 2,4 miliar liter. Untuk menyediakan minyak goreng ini, pemerintah membayar subsidi sebesar Rp 7,6 triliun yang diperoleh dari dana budidaya kelapa sawit.

Kedua, implementasi komitmen produsen untuk memasok minyak goreng (DMO) dalam negeri sebesar 20% dari total volume ekspor atas dasar harga domestik (DPO) per 27 Januari lalu.

Dengan kebijakan ini, harga eceran tertinggi ditetapkan menjadi tiga. bahwa itu; Minyak goreng curah Rp 11.500 per liter, minyak goreng sederhana kemasan Rp 13.500 per liter, minyak goreng kemasan Rp 14 ribu per liter. Harga berlaku mulai 1 Februari 2022.

Pemerintah juga telah menangkap sejumlah orang yang terlibat dalam permainan minyak goreng. Para pihak yang disebut dalam daftar tersangka adalah Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Indrasari Wisnu Wardhana, Komisaris PT Wilmar Napati Indonesia, Master Parulian Tumangur, Senior Director Corporate Affairs PT Pelita Agung Agrindustri/Permata Group Hiju Stanley MA, dan Direktur Umum Public Affairs PT Musim Mas. Picare Tagore Sitanggang.

Meski pemerintah unggul dalam mengendalikan harga minyak goreng, yang terjadi justru sebaliknya. Masalah baru muncul. Terkait kebijakan satu harga Rp14.000, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Auk Norwan mengatakan kebijakan itu membuat masyarakat menyerang minyak goreng di ritel. Akibatnya, minyak goreng menjadi langka di pasaran. Padahal dengan kebijakan DMO dan DPO.

Karena tidak efektif, pemerintah mengeluarkan kebijakan baru; Menghapus harga eceran tertinggi minyak goreng premium, menyerahkan harga ke mekanisme pasar, dan menaikkan harga eceran tertinggi minyak goreng curah menjadi Rp 14.000 per liter.

Setelah kebijakan itu dikeluarkan, harga minyak goreng dalam kemasan dinaikkan menjadi sekitar Rp25.000 per liter. Hal yang sama berlaku untuk minyak goreng dalam jumlah besar. Meski HET ditetapkan Rp 14 ribu per kilogram, harga minyak goreng curah masih lebih tinggi dari Rp 22 ribu per liter. (net/fik/dod)

Jokowi Kembali Buka Keran Ekspor Minyak Goreng Metro Tv
Presiden joko widodo membuka kembali ekspor minyak goreng mulai senin 23 mei 2022 presiden beralasan keputusan tersebut diambil setelah

Jokowi Buka Keran Ekspor Cpo Minyak Goreng Lagi Senin 23 Mei
15 hours ago presiden jokowi membuka kembali keran ekspor cpo dan minyak goreng lagi mulai senin 23 5 setelah melarangnya mulai kamis 28 5 lalu

Pemerintah Kembali Buka Keran Ekspor Cpo Petani Sawit
9 hours ago terimakasih kepada bapak presiden jokowi yang sudah membuka kembali larangan ekspor minyak sawit ujar sekretaris jendral serikat petani

Jokowi Buka Keran Ekspor Cpo Dan Minyak Goreng Mulai 23 Mei
14 hours ago presiden joko widodo alias jokowi mengumumkan akan kembali membuka ekspor cpo atau crude palm oil pada 23 mei 2022

Jokowi Kembali Buka Keran Ekspor Minyak Goreng Mulai 23 Mei
14 hours ago kontan co id jakarta presiden joko widodo jokowi kembali membuka izin ekspor minyak goreng yang sebelumnya sempat dilarang keputusan ini

Presiden Jokowi Kembali Buka Keran Ekspor Minyak Goreng
14 hours ago menurut presiden jokowi alasan pembukaan kembali ekspor minyak goreng adalah karena sejumlah pertimbangan seperti pasokan yang bertambah

Jokowi Akhirnya Buka Kembali Ekspor Minyak Goreng Klaim Harga
13 hours ago jokowi akhirnya membuka kembali keran ekspor crude palm oil cpo dan minyak goreng setelah sebelumnya dilarang per 28 april 2022

Akhirnya Jokowi Buka Keran Ekspor Minyak Goreng Dan Cpo
14 hours ago presiden joko widodo membuka keran ekspor minyak goreng dan crude palm oil cpo mulai senin 23 mei 2022

Ekspor Cpo Asosiasi Petani Sawit Dukung Langkah Jokowi Cabut
Ekspor cpo organisasi petani kelapa sawit mendukung langkah jokowi mencabut larangan ekspor cpo mereka berharap pemerintah mendukung petani lewat dana

India Prediksi Jokowi Buka Keran Ekspor Cpo Dan Minyak Goreng
May 4 2022 perusahaan india adani wilmar memperkirakan jokowi tak lama melarang ekspor cpo bahkan diperkirakan membuka ekspor cpo lagi 10 mei

Jokowi Klaim Harga Minyak Goreng Turun Dan Stok Melimpah
10 hours ago pemerintah akan membuka kembali keran ekspor migor pada senin 23 mei 2022 meskipun ekspor dibuka pemerintah akan tetap mengawasi dan

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.