free stats
banner 728x250
Berita  

Jokowi Cabut Larangan Ekspor CPO, Ikappi Kecewa, GAPKI Sampaikan Apresiasi

banner 120x600
banner 468x60

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya membuka kembali keran ekspor minyak sawit mentah dan minyak goreng setelah sebelumnya dilarang mulai 28 April 2022.

Izin ulang ekspor CPO dan minyak goreng itu disampaikan langsung Presiden RI, Kamis (19/5/2022).

banner 325x300

“Saya memutuskan untuk membuka kembali ekspor minyak goreng pada Senin, 23 Mei 2022,” kata Jokowi.

Presiden mengatakan pembukaan kembali ekspor minyak goreng dan minyak goreng telah melampaui permintaan domestik untuk minyak goreng.

Menurut Presiden, kebutuhan minyak goreng curah nasional sekitar 194.000 ton per bulan.

Sebelum larangan ekspor diberlakukan Maret lalu, pasokan minyak goreng jauh di bawah kebutuhan nasional yang hanya 64,5 ribu ton.

“Tapi setelah larangan ekspor pada April, pasokan kami mencapai 211.000 ton per bulan, melebihi kebutuhan nasional bulanan kami,” kata presiden.

Selain pasokan, kata presiden, harga minyak goreng curah nasional juga turun.

Pada April, sebelum larangan ekspor, harga rata-rata nasional minyak goreng curah adalah sekitar Rs 19.800.

“Sekarang setelah larangan ekspor, harga rata-rata nasional turun menjadi Rs 17.200 menjadi Rs 17.600,” katanya.

Presiden mengatakan pembukaan keran ekspor juga karena pertimbangan kehadiran 17 juta pekerja di industri kelapa sawit, termasuk petani, pekerja dan staf pendukung lainnya.

Akapi kecewa

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) menilai dibukanya kembali ekspor minyak goreng oleh Presiden Jokowi sebagai bukti keengganan para menteri teknis untuk mengimplementasikan regulasi dan capaian regulasi yang diharapkan Presiden.

“Kami kecewa dengan Menko Perekonomian, Menteri Perindustrian, dan Menteri Perdagangan karena tidak dapat menjalankan perintah Presiden Republik Indonesia,” kata Renaldi Sarijuan, Sekretaris Jenderal DPP Ikappi. Dalam keterangan tertulis, Kamis (19/5/2022).

Sebelumnya, Jokowi mengatakan pasokan minyak goreng curah terus meningkat. Namun, Rinaldi menilai stok pendatang yang lepas tidak banyak ditemukan di pasar oleh para pedagang pasar.

Ia mengatakan, “Presiden berharap HET tercapai di pasar tradisional dan barang melimpah, tetapi kenyataannya kita belum menemukan minyak goreng dalam jumlah banyak yang melimpah di pasar tradisional.”

Ikabe setuju ekspor harus benar-benar dibuka agar penerimaan negara juga bisa terus berlanjut, namun kebutuhan dalam negeri harus dipenuhi sebagai fokus utama.

Karena itu, Ikappi meminta Kementerian Teknis mencari formula yang tepat agar terdistribusi dengan baik dan minyak goreng melimpah di pasaran.

Sementara jika stok melimpah di pasar, pedagang berharap harga rollover massal akan terus turun hingga HET ditetapkan.

Dia menyimpulkan, “Sejauh ini, harganya masih di atas Rs 17.000. Di kisaran Rp 18.000, bahkan ada yang Rp 19.000 per liter.”

Sebelumnya, Jokowi mengatakan pasokan minyak goreng terus meningkat. Kebutuhan minyak goreng curah nasional sekitar 194 ribu ton per bulan. Kemudian, pada Maret, sebelum larangan ekspor pasokan dalam negeri hanya sebesar 64.500 ton.

Pasca larangan ekspor pada April lalu, pasokan migran dalam jumlah besar mencapai 211 ribu ton per bulan, melebihi kebutuhan bulanan nasional.

Tidak hanya pasokan, Jokowi juga mengatakan setelah larangan ekspor terjadi penurunan harga rata-rata minyak goreng nasional.

Pada bulan April sebelum larangan ekspor, harga rata-rata nasional minyak goreng curah adalah sekitar Rs 19.800.

Kemudian setelah larangan ekspor, harga rata-rata nasional turun dari Rs 17.200 menjadi Rs 17.600 per liter.

“Meskipun ada beberapa daerah yang saya tahu harga minyak goreng masih relatif tinggi, saya yakin dalam beberapa minggu ke depan harga minyak goreng curah akan berada dalam jangkauan harga yang telah kami tetapkan karena ketersediaannya lebih melimpah,” Jokowi menjelaskan.

GAPKI MEMBERI APRESIASI

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) menyambut baik dan mengapresiasi kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka kembali embargo ekspor minyak goreng (Muhajir).

Presiden Jenderal GAPKI Joko Sopriono mengatakan kebijakan ini akan menjamin keberlangsungan industri kelapa sawit nasional.

“Kami berharap perdagangan sawit dan turunannya kembali bergairah, baik di dalam negeri maupun di ekspor,” kata Joko Sopriono saat dihubungi, Kamis (19/5/2022).

Menurut Joko Sopriono, mitra dagang di Eropa, India, dan Pakistan juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden Indonesia Jokowi yang telah mencabut larangan ekspor migran.

Joko Sopriono mengatakan, GAPKI akan terus mendukung kebijakan dan program pemerintah Indonesia dalam menyediakan imigrasi massal yang terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

“GAPKI terus bekerja keras agar kemajuan industri kelapa sawit yang berperan penting dalam perekonomian Indonesia dapat terus berlanjut,” kata Joko Sopriono.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi sebelumnya telah melarang ekspor minyak goreng dan produk turunannya sejak 28 April.

Namun, Jokowi mencabut larangan tersebut agar minyak goreng dan bahan baku lainnya tetap bisa diekspor. Kebijakan ini akan berlaku mulai 23 Mei 2022 dan seterusnya.

“Berdasarkan pasokan dan harga minyak goreng saat ini, dan dengan adanya 17 juta pekerja di industri kelapa sawit, termasuk petani, pekerja dan staf pendukung lainnya, saya memutuskan untuk membuka kembali ekspor minyak goreng pada Senin, 23 Mei,” kata Jokowi dalam keterangan resmi yang disiarkan di KTV. Sekretariat Jenderal Kepresidenan Republik di YouTube, Kamis (19/5/2022).

Diakuinya, pihaknya dan jajarannya terus memantau dan mendorong berbagai langkah untuk menjamin ketersediaan minyak goreng bagi masyarakat sejak larangan ekspor diberlakukan. (/)

Jokowi Cabut Ekspor Minyak Goreng Ikappi Ungkap Kekecewaan
12 hours ago baca juga jika larangan ekspor cpo berlanjut surplus perdagangan bisa susut tak hanya pasokan jokowi juga mengatakan usai pelarangan

Buka Tutup Keran Ekspor Cpo Jokowi Cnn Indonesia
3 hours ago presiden joko widodo jokowi akhirnya mencabut larangan ekspor cpo menurut hasil pemantauan ikatan pedagang pasar indonesia ikappi

Usai Jokowi Resmi Cabut Larangan Ekspor Cpo Organisasi Petani
3 hours ago dibukanya kembali ekspor minyak goreng dan cpo dinilai akan menormalkan tataniaga sawit tandan buah segar tbs petani sawit di seluruh

Beragam Reaksi Atas Pencabutan Larangan Ekspor Cpo
4 hours ago sekretaris jenderal dpp ikatan pedagang pasar indonesia ikappi reynaldi sarijowan mengatakan pembukaan kembali ekspor cpo harus mendahulukan

Jokowi Cabut Larangan Ekspor Minyak Goreng Dan Cpo Ini
16 hours ago presiden joko widodo jokowi mencabut larangan ekspor minyak goreng dan cpo yang berlaku mulai senin 23 5 2022

Harga Minyak Goreng Masih Mahal Kebijakan Larangan Ekspor
May 3 2022 reynaldi menduga tidak efektifnya larangan ekspor cpo dan minyak maka dari itu ikappi mendesak pemerintah untuk lebih memperkuat

Tok Jokowi Cabut Larangan Ekspor Minyak Goreng Cnbc
17 hours ago sebelumnya pemerintah mengeluarkan larangan terkait ekspor cpo karena melonjaknya harga tag jokowi larangan ekspor cpo minyak goreng

Larangan Ekspor Cpo Dicabut Saat Harga Minyak Goreng Masih
15 hours ago republika co id jakarta presiden joko widodo memutuskan mencabut larangan ekspor minyak sawit mulai senin 23 5 2022 padahal harga minyak

Ekspor Cpo Dibuka Lagi Bukti Ketidaksiapan Menteri Teknis Kbr Id
15 hours ago bagikan kbr jakarta ikatan pedagang pasar indonesia ikappi menilai dibukanya kembali ekspor cpo minyak goreng oleh presiden joko widodo

Pemerintah Membahas Tindak Lanjut Larangan Ekspor Turunan
Apr 24 2022 sementara itu sekjen serikat petani kelapa sawit spks mansuetus darto mengapresiasi langkah presiden jokowi untuk menghentikan ekspor yang

Ikappi Minta Kebutuhan Minyak Goreng Terpenuhi Dahulu
9 hours ago ikappi belum mendapati minyak goreng curah itu cukup melimpah di pasar tradisional ketika pemerintah memutuskan mencabut larangan ekspor

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.