free stats
banner 728x250
Berita  

Kanada Bantu Ukraina Agar Bisa Ekspor Gandum Lagi Demi Atasi Gangguan Pangan Dunia

banner 120x600
banner 468x60

OTTAWA

– Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan Kanada akan membantu Ukraina mengekspor gandum lagi untuk membantu mengatasi gejolak keamanan pangan global akibat invasi Rusia ke Ukraina.

banner 325x300

Seorang pejabat pangan PBB mengatakan hampir 25 juta ton biji-bijian tidak dapat dikirim ke luar Ukraina karena tantangan infrastruktur dan menutup pelabuhan Laut Hitam termasuk Mariupol.

Mariupol, sebuah kota di Ukraina selatan, dirusak oleh pasukan Rusia.

Mengutip situs Reuters.com, setelah invasi Rusia ke Ukraina, harga pangan global melonjak ke level rekor di bulan Maret.

Ukraina adalah pengekspor jagung terbesar keempat di dunia pada musim 2020/2021, dan pengekspor gandum terbesar keenam di dunia.

Dalam sebuah wawancara, Trudeau mengatakan bahwa untuk mencegah krisis pangan, perlu untuk memastikan bahwa Rusia tidak memblokir pengiriman biji-bijian dari Ukraina.

Kita tahu bahwa orang-orang di seluruh dunia akan kelaparan karena tindakan Rusia. Ada pil yang menunggu untuk dikirim di Ukraina. Kita harus memastikan bahwa Rusia tidak mencegah biji-bijian yang dibutuhkan dunia keluar ke dunia.” kata Trudeau.

Sejak awal invasi Rusia, Ukraina harus mengekspor gandum dengan kereta api melintasi perbatasan baratnya. Selain itu, Ukraina juga mencari cara untuk menggunakan pelabuhan di Danube, yang terletak di selatan negara itu.

Trudeau menambahkan bahwa pengiriman melalui pelabuhan Danube dapat menjadi bagian dari solusi ekspor Ukraina. Dia juga mengatakan bahwa sejumlah opsi sedang dipertimbangkan untuk mengatasi masalah ekspor Ukraina.

“Kami hanya mencari untuk memecahkan masalah yang sangat langsung,” katanya.

Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Jolie mengatakan pada Senin (9/5/2022) kemarin bahwa kerja sama dengan Turki dapat dilakukan sebagai salah satu cara untuk mengeluarkan gandum dari Ukraina.

“Kami akan bekerja untuk memastikan bahwa ada rute yang berbeda yang dapat digunakan. Kami akan bekerja dengan berbagai negara, termasuk Turki, karena kami tahu bahwa selat Bosphorus adalah basis akses ke Laut Hitam.”

Setelah bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelensky pada hari Minggu, Trudeau mengatakan Kanada akan memberikan $25 juta untuk Program Pangan Dunia PBB, sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan global. Kanada juga akan menghapus tarif perdagangan untuk semua impor Ukraina ke Kanada untuk tahun depan.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.