free stats
banner 728x250
Berita  

Kementerian ESDM Pantau Dinamika Ketersediaan Stok BBM Selama Periode Mudik Lebaran

banner 120x600
banner 468x60

Laporan jurnalistik, Ismoyo

JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus mempersiapkan dan memastikan pasokan bahan bakar minyak selama libur Idul Fitri 2022.

banner 325x300

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan, pihaknya terus memantau ketersediaan BBM di SPBU, terutama di titik-titik yang diperkirakan menjadi pusat keramaian lalu lintas pulang.

“Secara keseluruhan kesiapan stok dan distribusi BBM untuk memenuhi arus mudik cukup baik. Kami akan terus memantau dinamika lebih lanjut yang terjadi di lapangan” kata Tutuka dalam keterangannya yang dikutip, Minggu ( 4/24). /2022).

“Misalnya kebutuhan BBM lebih banyak atau ada antrian harus kita mitigasi. Kami akan terus pantau sampai setelah Lebaran berakhir atau arus mudik,” sambungnya.

Libur Lebaran tahun ini, menurut Tutuka, akan sangat berbeda dibandingkan 2 tahun sebelumnya karena adanya larangan mudik dari pemerintah, dan tahun ini larangan mudik tidak berlaku lagi.

Menurutnya, hal ini akan menimbulkan euforia besar di masyarakat dan hal ini harus disadari sepenuhnya oleh pengelola SPBU, mempersiapkan ketersediaan pasokan bahan bakar umum.

“Penting bagi kami untuk memberikan kesan kepada Pertamina dan pengelola SPBU setempat bahwa lonjakan menjelang Lebaran dan arus mudik tahun ini tidak seperti biasanya. Itu perlu dicermati dan dipersiapkan secara matang ” , dikatakan.

Sebelumnya, Dirjen Migas meninjau 11 SPBU di jalan tol dan non-tol di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Mengantisipasi lonjakan permintaan BBM jelang hari raya Idul Fitri, Pertamina telah menyiapkan penambahan stok BBM untuk unit pengisian bahan bakar jika terjadi keadaan darurat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Termasuk pengendara yang siap melayani masyarakat yang membutuhkan BBM di tengah kemacetan.

Pertamina juga mengganti pompa yang semula berbahan bakar solar menjadi Pertalite karena diperkirakan kebutuhan solar pada saat arus balik akan berkurang akibat larangan pengoperasian truk besar pada saat arus balik, sedangkan kebutuhan Pertalite semakin meningkat. .

“Pertamina sudah mempersiapkan diri menyambut pendatang baru. Sudah menyiapkan pom bensin saku, pengendara dan mobil tangki. Antisipasi peningkatan layanan operator dengan menambah jumlah pekerja”, jelas Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution dalam pernyataan yang sama.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.