free stats
banner 728x250
Berita  

Kenaikan Tarif Ojol Diundur, Berikut Waktu Penerapannya, Harganya Disarankan Sesuai Dengan Daya Beli

banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus menerapkan tarif baru ojek online (Ojol) sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan (KM) Nomor KP 564 Tahun 2022 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Penggunaan Sepeda Motor Bekas untuk Kepentingan Masyarakat dengan Permohonan.

Kementerian Perhubungan baru menunda pelaksanaan kenaikan tarif ojol dari 10 hari menjadi 25 hari setelah SK Menhub ditetapkan pada 4 Agustus 2022.

banner 325x300

Penambahan waktu tersebut dimaksudkan agar sosialisasi kepada masyarakat mengenai kenaikan tarif ojol lebih lama.

“Kementerian Perhubungan telah menetapkan bahwa aplikator penyesuaian tarif dapat dilakukan selambat-lambatnya 25 hari kalender setelah KM ditetapkan,” kata Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, dikutip Senin (15/8/2022). ).

Artinya, jika dihitung berdasarkan timing 4 Agustus 2020, tarif ojol baru akan berlaku pada 30 Agustus 2022 pukul 00.00.

Bahkan, konsumen keberatan dengan tarif ojol baru tersebut karena kenaikannya terlalu tinggi. Banyak pihak juga menilai kenaikan tarif ojol yang terlalu tinggi akan berdampak pada fondasi perekonomian. Seperti menurunkan daya beli, memicu kenaikan harga barang, dan dapat meningkatkan inflasi.

“Dampaknya akan luas, karena ojol sekarang menjadi salah satu alat transportasi atau transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Mulai dari mengangkut orang, fasilitas pengantaran makanan, hingga barang,” kata Sri Adiningsih, Ekonom Universitas Gadjah Mada (UGM) seperti dikutip dari , Senin (15/8/2022).

Menurut Sri, kenaikan tarif ojol yang tinggi terutama akan berdampak pada masyarakat menengah ke bawah yang memang menjadikan ojol sebagai salah satu moda transportasi utama.

“Kalau tarif ojol naik, akan berdampak pada kenaikan harga atau inflasi, besarannya tergantung kenaikan tarif ojol,” ujarnya.

Karena itu, Sri berharap kenaikan tarif ojol tidak hanya ditunda, tapi bisa disesuaikan dengan kondisi perekonomian saat ini. Kalaupun harus ada kenaikan, dia menyarankan agar dilakukan bertahap alias tidak langsung tinggi.

“Mudah-mudahan kenaikannya tidak tinggi, tapi bertahap. Kalau tarif ojol tidak naik, yang 3 juta sopir juga kasihan,” ujarnya.

Diakuinya, kenaikan tarif ojol, seperti kenaikan harga lainnya, tidak bisa dihindari karena adanya kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan lain-lain. Ia berharap kenaikan tarif ojol tidak berdampak pada pengemudi ojol dan pelaku usaha UMKM.

“Mudah-mudahan para pengemudi ojol dan UMKM tidak mengalami penurunan kesejahteraan dengan kenaikan tarif ojol baru,” ujarnya.

Seperti diketahui, dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 564 Tahun 2022 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Penggunaan Sepeda Motor Bekas Untuk Kepentingan Masyarakat yang Dilakukan oleh Aplikasi, rata-rata kenaikan tarif dasar bervariasi dari 30 persen hingga 40 persen. persen.

Sebelumnya, Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah juga menyarankan agar pemerintah mengkaji ulang kenaikan tarif ojol. Pieter mengatakan, kalaupun ada kenaikan, harus dilakukan secara moderat.

”Saya kira angka yang wajar itu maksimal 10 persen. Saya juga heran kenapa naik setinggi itu, seperti apa perhitungannya,” ujarnya.

Kenaikan Tarif Ojol Bisa Dorong Inflasi Hingga 5,7 Persen

Direktur Center of Economics and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira mengatakan, tingginya kenaikan tarif ojek online (ojol) akan membuat inflasi di sektor transportasi meningkat tajam.

“Dan ini bisa mempengaruhi inflasi terutama di perkotaan, ditambah dengan kenaikan harga pangan dan energi, perkiraan inflasi secara umum bisa mencapai 5,5-5,7 persen year on year (yoy) sepanjang 2022,” kata Bima dalam keterangannya, Minggu. . (14/8/2022).

Bhima mengatakan dampak kenaikan tarif ojol juga tidak berkorelasi dengan peningkatan pendapatan mitra pengemudi. Jika tarif naik tinggi, konsumen akan kaget dan mencari alternatif transportasi lain.

“Misalnya dari rumah ke kantor, mungkin konsumen kelas menengah akan naik motor sendiri daripada membayar jasa ojol yang dianggap mahal,” tambah Bima.

Pemerintah, kata Bima, harus berhati-hati dalam merancang kenaikan tarif. Pertama, periksa peningkatan konsumsi kelas menengah, kemudian tingkat inflasi, serta tantangan ke depan yang bisa menghambat daya beli.

“Penghasilan sekali pakai dari konsumen ojol juga tergerus oleh harga pangan. Dari sisi pendapatan, pengemudi saat ini masih dalam proses pemulihan karena mobilitas belum kembali seperti sebelum pandemi,” kata Bhima.

Data Google Mobility di Jakarta per 10 Agustus 2022 menunjukkan, tingkat pergerakan orang ke pusat perbelanjaan atau retail masih minus 11 persen, ke stasiun transit minus 24 persen, dan ke perkantoran minus 7 persen.

“Sementara persaingan juga semakin ketat karena banyak pekerja formal yang beralih ke pengemudi ojol akibat tekanan pandemi. Jadi kenaikan tarif seolah membantu pendapatan pengemudi, tapi sebenarnya bisa blunder,” kata Bima.

Kenaikan tarif ojol dapat menyebabkan kenaikan biaya pengiriman makanan dan barang. Praktis, jika tarif antar penumpang naik, layanan serupa juga akan meningkat. Yang dirugikan adalah pelaku UMKM makanan dan minuman dan konsumen pada umumnya karena ongkos kirim lebih mahal.

“Pemerintah disarankan untuk terlebih dahulu mencabut aturan kenaikan tarif ojol dan memperbaiki rumusan kenaikan tarif, bukan hanya menunda kenaikan,” kata Bima.

Rincian Kenaikan Tarif Ojol

Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan peraturan yang mengatur tarif jasa angkutan ojek online atau ojol yang akan berlaku efektif pada 14 Agustus 2022.

Peraturan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 564 Tahun 2022 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Pelayanan Penggunaan Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat yang Dilakukan Dengan Permohonan.

Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno mengatakan, dengan aturan ini, tarif jasa ojol akan dibagi menjadi tiga zona.

“Zone I includes Sumatra, Java (besides Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) and Bali,” said Hendro, Tuesday (9/8/2022).

Then Zone II includes Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang and Bekasi. Zone III includes Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara and its surroundings, Maluku and Papua.

Tarif jasa batas bawah jasa angkutan ojol zona I adalah tarif jasa batas bawah Rp 1.850 per kilometer dan tarif jasa batas atas Rp 2.300 per kilometer.

”Untuk biaya pelayanan minimal di zona I, biaya pelayanan berkisar antara Rp9.250 hingga Rp11.500,” kata Hendro.

Kemudian pada zona II, biaya layanan batas bawah Rp 2.600 per kilometer, biaya layanan batas atas Rp 2.700 per kilometer, dan biaya layanan minimal dengan kisaran biaya layanan antara Rp 13.000 – Rp 13.500.

Selanjutnya untuk zona III tarif pelayanan batas bawah Rp 2.100 per kilometer, biaya pelayanan batas atas Rp 2.600 per kilometer, biaya pelayanan minimal dengan kisaran biaya pelayanan antara Rp 10.500 – Rp 13.000. (/)

Kenaikan Tarif Ojol Ditunda Hingga 29 Agustus Kemenhub Tvone
1 hari yang lalu kemudian berdasarkan hasil peninjauan kembali diperlukan waktu yang lebih panjang untuk melakukan sosialisasi terhadap tarif baru ini bagi

Kenaikan Tarif Ojek Online Ditunda Jawapos Com
6 jam yang lalu kemenhub memutuskan untuk menunda penyesuaian tarif angkutan sepeda motor daring alias ojek online ojol pertimbangannya memberikan waktu

Kenaikan Tarif Ojol Ditunda Berlaku Paling Lambat 29 Agustus
12 jam yang lalu hendro menambahkan waktu sosialisasi penyesuaian tarif ojol baru diperpanjang atas masukan dari berbagai pihak dia berharap semua penyedia

Kenaikan Tarif Ojek Online Ditunda Hingga 29 Agustus Ini Alasannya
6 hari yang lalu penundaan penyesuaian tarif ojek online ini bertujuan untuk memberikan waktu sosialisasi kepada masyarakat

Kenaikan Tarif Ojol Diundur Ke 29 Agustus 2022 Cnn Indonesia
13 jam yang lalu kementerian perhubungan kemenhub menunda kenaikan tarif ojol dari 14 agustus 2022 menjadi 29 agustus 2022 karena masih perlu waktu untuk

Kenaikan Tarif Ojol Diundur Ini Alasan Kemenhub Detiknews
1 hari yang lalu kemenhub menunda kenaikan tarif ojek online yang awalnya kalender dari 4 agustus 2022 waktu terbitnya km nomor kp 564 tahun 2022 dapat

Kenaikan Tarif Ojol Ditunda Hingga 29 Agustus 2022 Ini Alasan
15 jam yang lalu berikut alasan kemenhub tunda kenaikan tarif ojol tersebut kemenhub memutuskan kenaikan tarif baru ojol diundur untuk menambah waktu

Tarif Ojol Baru Diundur Bakal Mulai Berlaku Pada Tanggal Ini
11 jam yang lalu kenaikan tarif ojek online ojol diundur dari 14 agustus 2022 pasalnya kementerian perhubungan kemenhub memerlukan waktu untuk

Tarif Baru Ojek Online Berlaku Mulai 29 Agustus Berikut Rincian
9 jam yang lalu kementerian perhubungan menunda kenaikan tarif ojol kemenhub memutuskan kenaikan tarif baru ojol diundur untuk menambah waktu sosialisasi baca

Kenaikan Tarif Ojek Online Ditunda Ini Respons Grab Indonesia
12 jam yang lalu oleh karena itu diharapkan 25 hari kalender dari 4 agustus 2022 waktu terbitnya km nomor kp 564 tahun 2022 dapat dilaksanakan hendro berharap

Kenaikan Tarif Ojol Ditunda Berlaku Paling Tekno
12 jam yang lalu beberapa waktu lalu kementerian perhubungan kemenhub mengumumkan penyesuaian tarif ojek online ojol di indonesia

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.