free stats
banner 728x250
Berita  

Kerahkan 100 Bus, Kemenhub Berangkatkan 5.000 Peserta Mudik Gratis Dari Terminal Jatijajar Depok

banner 120x600
banner 468x60

Reporter Laboran, Nouval Lantin

Jakarta – Dinas Perhubungan (Kemenhub) menggelar pemulangan gratis pada H-4 Lebaran 2022.

banner 325x300

Sebanyak 100 bus yang mengangkut hampir 5.000 peserta gratis diberangkatkan pulang dari Stasiun Jatigagar, Depok, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022) mulai pukul 10.50 WIB.

Mudik gratis ini membawa pemudik ke 24 kota tujuan yang tersebar di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Coordinating Minister for Human Development and Culture (Menko PMK) Muhadjir Effendy along with Transport Minister (Menhub) Budi Karia Sumadi and Brigadier General Dirgakkum Korlantas Polri Brigadier General Aan Suhanan immediately released the departure of the free bus back home.

Mohajer Effendi memuji langkah Kementerian Perhubungan untuk menyelenggarakan mudik gratis.

Berbicara di Stasiun Jatigagar, Depok, Menteri Perhubungan mengatakan: “Sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, saya sangat merasa mendapat dukungan untuk membawa orang-orang di seluruh Indonesia agar mereka dapat menikmati liburan ini dengan cara yang luar biasa.” , Jawa Barat, Kamis (28/4/2022).

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Kariya Sumadi menjelaskan bahwa pemulangan gratis tersebut merupakan instruksi dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Ini merupakan bentuk berbagi kebahagiaan dengan masyarakat, tambahnya.

”Kami sangat senang dalam satu hal, kami tidak memberikan kemacetan, kami memberi kenyamanan, kami memberikan kepastian agar saudara-saudara kami bisa sampai ke daerahnya,” kata Bode.

Ia pun bersyukur pihaknya bisa menggelar mudik gratis, bahkan sampai ke puluhan kota tujuan.

“Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, kita hadir dan berbahagia saudara-saudara kita bisa pulang kampung tanpa dipungut biaya ke kotanya masing-masing dan lebih dari 20 kota,” ujarnya.

Dia berpesan kepada pengemudi bus untuk berhati-hati saat mengemudi. Karena, seperti yang dikatakan Bodhi Kariya, menjadi pengemudi sama dengan bertanggung jawab atas transportasi penumpang.

“Kita doakan semoga saudara kita bisa pulang dengan selamat ke tempat tujuannya. Tadi sudah kami sampaikan kepada pengemudi agar tidak terburu-buru, yang penting semuanya berjalan lancar,” kata Menhub.

Berdasarkan pantauan di lokasi, sekitar pukul 08.00 WIB, kawasan Terminal Jatijajar, Depok, Jawa Barat mulai ramai dipadati pemudik.

Terlihat dari bagasi penumpang yang tampak besar, terdiri dari koper, koper, dan kardus.

Peserta mudik gratis juga terdiri dari berbagai kelompok umur. Mereka biasanya pulang ke rumah bersama keluarga.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.