free stats
banner 728x250
Berita  

Ketua Komisi I: Anak Muda Pegang Peranan Penting Ciptakan Solusi Digital

banner 120x600
banner 468x60

Laporan pers, Rinas Abdullah

Jakarta – Isu inklusi dan inovasi pemuda dalam tata kelola digital mempengaruhi diskusi para delegasi dan panelis pada sesi kedua Pra-KTT Youth 20 (Y20) Indonesia 2022 di Lombok, Minggu (24/4/2022).

banner 325x300

Ketua Komite I DPR RI, Mutia Hafeez menegaskan, generasi muda berperan penting dalam munculnya solusi digital mulai dari aplikasi ride-hailing hingga layanan kesehatan.

“(Melek digital) adalah pekerjaan rumah bagi Indonesia. Infrastruktur sudah kita bangun, tapi kita juga harus membangun literasi digital untuk memetik manfaat dari dunia digital, khususnya bagi generasi muda,” jelas Meutya.

Pada saat yang sama, kaum muda menghadapi berbagai tantangan mulai dari kesenjangan infrastruktur internet serta pengetahuan dan keterampilan digital.

Sayangnya, mereka jarang berpartisipasi dalam perumusan kebijakan terkait ekonomi digital.

Ia menambahkan, “Pembangunan digital tanpa tata kelola digital tidak efektif. Adanya regulasi terkait tata kelola digital dapat membuat ekonomi digital lebih berkembang. Regulasi terkait perlindungan data pribadi, misalnya, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dalam bertransaksi digital. .”

Sementara itu, Leslie Goh, Penasihat Teknologi Senior di Bank Dunia, mengatakan pemberdayaan kaum muda harus menjadi inti dari perumusan kebijakan.

“Kami bergerak menuju pemulihan dan menciptakan masa depan yang lebih adil untuk semua,” kata Leslie.

Dalam kesempatan yang sama, Setiji selaku Asisten Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan meminta generasi muda proaktif dalam melakukan inovasi teknologi khususnya di bidang kesehatan.

“Kita perlu lebih banyak inovasi dari generasi muda, untuk bekerja sama mengatasi masalah kesehatan saat ini. Mari bersama-sama untuk pelayanan kesehatan Indonesia yang lebih baik,” kata Setiji.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.