free stats
banner 728x250
Berita  

Kisah Sukses Jumirah Ciptakan Batik Tulis Sragen: Karyanya Dipakai SBY Dan Tembus Pasar Ekspor

banner 120x600
banner 468x60

PONTIANAK – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menparekraf Sandiaga Uno singgah di booth Batik Murni Asih, salah satu peserta Apresiasi Kreatif Indonesia (AKI) 2022 yang berlangsung belum lama ini di Pontianak, Kalimantan Barat.

Sandiaga kagum dan bangga melihat desain batik lokal Sragen produksi Jumirah yang mampu menciptakan batik tulis dan memasarkannya ke luar daerah.

banner 325x300

Pure Asih batik was used by former Indonesian President Susilo Bambang Yudhoyono and the General Election Monitoring Agency (Bawaslu) in the 2019 general election.

Batik tulis Sragenya yang digunakan SBY memiliki motif parang/pola standar dengan gambar batik merak dan batik cendrawsih. Sementara itu, Agus Yuhdoyono pernah mengenakan motif burung versi biru dengan kain motif warna Demokrat.

”Batik adalah kain yang dilukis dengan cairan lilin malam menggunakan alat canting sehingga pada kain tersebut terdapat cat yang bernilai seni tinggi. Batik adalah deretan titik-titik yang menjadi satu dan memiliki makna,” kata Jumirah, sang pemilik . .

Dia memulai bisnis batiknya 10 tahun yang lalu.

Karena dekat dengan dunia batik, ia tinggal di sebuah desa wisata batik di desa Pungsari, kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen.

Jumirah dan suaminya memulai bisnis di Pusat Grosir Batik Thamrin City di Jakarta Pusat untuk menjual batik.

“Saya awalnya memulai bisnis kain batik karena banyak pengrajin di desa yang kesulitan menjual produk mereka dan penjual yang buruk, banyak yang tidak membayar, yang menghamburkan uang ke banyak pengrajin,” katanya.

”Dari situ saya ikut membantu menjual produk-produk perajin batik dari Sragen ke Jakarta. Akhirnya saya mendapat kepercayaan dari para perajin batik,” kata Mira dalam keterangannya, Jumat (5/8/2022).

Ia memproduksi batik secara manual dengan proses manual tanpa menggunakan mesin.

“Prosesnya hampir mirip dengan sablon, hanya saja prosesnya lebih lama karena harus di steam panas, dicuci dan direndam selama 24 jam di bawah terik matahari. Prosesnya kurang lebih seminggu “, begitu dia menyatakan.

“Batik tulis dibuat secara manual dengan cara menggambar di atas kain, mewarnainya beberapa kali. Kain batik direbus. Prosesnya bisa sebulan hingga setahun, tergantung pola desain dan proses pewarnaannya. Kualitas batiknya halus atau tidak. ,” dia berkata.

Jumirah juga memproduksi kain batik yang dipadukan dengan handprint. Selain itu juga mengedukasi masyarakat agar dapat melihat secara langsung perbedaan kualitas antara batik cap, batik cap tangan, batik cap, batik kombinasi dan batik cap.

Usaha batiknya semakin berkembang, bahkan dalam sehari Jumirah mampu memproduksi lebih dari 500 lembar kain batik, dengan puluhan pengrajin dan telah dipasarkan di berbagai daerah.

Ia kini menjalankan 10 toko di kawasan pusat grosir kain dengan merek Batik Murni Kota Asih Thamrin, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Batik Murni kini telah melewati proses kurasi yang ketat dan juga menjadi partner pilihan PT. Pertamina aktif dalam Ikatan Pengrajin dan Pengusaha Batik Indonesia serta berpartisipasi dalam kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif seperti AKI, planogram Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Mengintip Wisata Batik Di Masaran Sragen Visit Jawa Tengah
Semua proses pembuatan batik tersebut bisa kita pelajari di desa kliwonan maupun pilang jika belum membawa pulang batik tulis yang yang dijual

Proses Pembuatan Desain Dan Pelestarian Batik Tulis Kliwonan
Keberadaan batik tulis yang sampai sekarang masih di nikmati pembuatan batik tulis di desa kliwonan kecamatan masaran kabupaten sragen

Kisah Aminah Pengusaha Batik Tertua Di Desa Wisata Batik Pilang
Com sragen aminah 68 dan suaminya sumardi merupakan pengusaha awalnya aminah memproduksi batik tulis kemudian berpindah ke batik

Cerita Batik Murni Asih Khas Sragen Kian Populer Jadi Fashion
Siapa sangka brand batik tulis sudah di pakai oleh mantan presiden ri susilo bambang yudhoyono merasa bangga berhasil menjadi satu dari brand

Kisah Sukses Batik Abstrak Murni Asih
4 jam yang lalu jumirah sudah cukup lama terjun di bidang batik tulis karena ia sempat menjadi karyawan toko batik di sragen saat itu jumirah hanya

Kisah Sukses Batik Abstrak Murni Asih Msn
4 jam yang lalu jumirah sudah cukup lama terjun di bidang batik tulis karena ia sempat menjadi karyawan toko batik di sragen saat itu jumirah hanya

Angkat Batik Tulis Khas Pilang Agustina Wiludjeng Minta Dibuat
Menurutnya salah satu motif batik yang khas dari batik pilang adalah batik soga baca juga kisah sukses alumni sman 2 sragen

Berkah Pilpres Batik Motif Jokowi Diburu Pembeli Krjogja
Perajin batik setempat menciptakan motif batik jokowi yang langsung motif asli batik sragen itu sukses menembus pasar batik nasional

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.