free stats
banner 728x250
Berita  

Kominfo: Masyarakat Harus Tetap Disiplin Prokes Saat Mudik Lebaran

banner 120x600
banner 468x60

Laporan pers, Rinas Abdullah

Jakarta – Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Kominfo Septriana Tangkary mengatakan masyarakat harus tetap disiplin terhadap protokol kesehatan dan pelaksanaan vaksinasi lengkap dan booster.

banner 325x300

Menurutnya, berbagai upaya telah dilakukan untuk mewujudkan kembalinya Idul Fitri tahun 2022 dengan aman dan sehat.

“Saat ini calon pemudik yang sudah memiliki kartu vaksin booster tidak wajib menunjukkan hasil negatif dari PCR dan tes antigen,” kata Sptriana kepada wartawan, Rabu (27/4/2022).

Ia menambahkan, “Pusat vaksin booster kini dapat diakses di berbagai tempat seperti stasiun, bandara, dalam perjalanan pulang bahkan pusat vaksinasi masih buka pada malam hari bagi calon pemudik yang berpuasa.”

Penanganan arus mudik di lapangan juga menjadi perhatian Corlantas Polri, baik saat arus mudik maupun arus balik.

Chief Operating Officer Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan, Korlantas Polri telah mengeluarkan peraturan bersama yang telah disosialisasikan kepada masyarakat mengenai penerapan rekayasa lalu lintas ganjil, genap, dan satu arah.

Kebijakan ini diambil karena adanya prakiraan kenaikan jumlah penumpang dari Kementerian Perhubungan serta analisis dan evaluasi dari 2018-2019.

Rekayasa lalu lintas ini akan dilaksanakan secara bertahap dan merupakan langkah antisipasi kemacetan yang berdampak luas bagi masyarakat, yang akan dilaksanakan mulai 28 April hingga 1 Mei 2022, kemudian untuk arus repatriasi mulai 6 Mei hingga Mei. 8, 2022.”

Selain itu, Kementerian Perhubungan dalam hal ini telah menyatakan dukungannya dengan menyediakan layanan pemulangan gratis dan pusat layanan di rest area dan jembatan Qabban.

Koordinator Kelompok Pengatur Lalu Lintas Jalan Departemen Perhubungan, Desi Waloyante mengatakan, hasil survei penelitian dan pengembangan di Departemen Perhubungan diperkirakan akan meningkatkan jumlah orang yang pulang kampung (85,5 juta orang).

Mereka akan pulang pergi menggunakan mobil, sepeda motor, bus/angkot, pesawat dan kereta api.

“Pengemudi dihimbau untuk istirahat setiap 4 jam sekali untuk menjaga kewaspadaan dan kesehatan pengemudi. Pemerintah juga telah menerapkan pembatasan angkutan barang untuk mengantisipasi kemacetan di jalan dan arteri.”

Jamaah Idul Fitri dimulai pada 2022 setelah dua musim Idul Fitri, karena pemerintah membatalkan program mudik karena COVID-19.

Tahun ini, pemerintah mengizinkan warga untuk mudik lebaran dengan syarat sudah mendapat vaksin booster.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.