free stats
banner 728x250
Berita  

Kondisi Perekonomian Global Belum Membaik, Sejumlah Negara Berjuang Keluar Dari Tekanan Ekonomi

banner 120x600
banner 468x60

Laporan Wartawan, Nur Febriana Trinugraheni JAKARTA

– Situasi ekonomi global berpotensi melemah, dipicu oleh perang berkepanjangan antara Rusia dan Ukraina, sehingga mendorong kenaikan harga pangan dan sayur-sayuran global. ‘energi.

banner 325x300

Sejumlah negara mengalami gejolak ekonomi yang cukup mengkhawatirkan.

Hal ini dibuktikan dengan kenaikan inflasi yang tajam, baik di Eropa maupun di Amerika dan Asia.

Berikut rangkuman informasi terkait perkembangan ekonomi di berbagai negara di dunia pada pekan ini, seperti dilansir We Forum.

1. Ekonomi Inggris sedang berkontraksi

Ekonomi Inggris mengalami kontraksi pada kuartal kedua tahun ini, dipicu oleh krisis biaya hidup yang melanda negara itu.

Data resmi yang dirilis oleh pemerintah Inggris menunjukkan produk domestik bruto (PDB) turun 0,1% pada kuartal kedua tahun ini, lebih rendah dari perkiraan analis sebelumnya sebesar 0,3%.

Deputi Gubernur Bank of England (BoE) Dave Ramsden mengungkapkan pada Selasa (9/8/2022) bahwa BoE mungkin perlu menaikkan suku bunga lebih lanjut untuk melawan inflasi.

2. Pertumbuhan ekonomi Filipina melambat

Pertumbuhan ekonomi Filipina melambat pada kuartal kedua tahun ini di tengah tingginya inflasi. PDB Filipina mencapai 7,4%, lebih rendah dari perkiraan analis sebesar 8,2%.

3. Kepercayaan bisnis Australia rebound di bulan Juli

Australian Business Confidence Gauge rebound pada Juli karena penjualan dan laba bertahan dengan baik dalam menghadapi kenaikan suku bunga dan inflasi yang tinggi, meskipun bisnis juga melaporkan rekor biaya di tengah penurunan. kekurangan pasokan.

4. Inflasi Yunani melambat di bulan Juli

Inflasi Yunani di bulan Juli melambat menjadi 11,6% dari 12,1% di bulan Juni. Meningkatnya biaya energi, perumahan, transportasi dan makanan adalah faktor utama di balik angka tersebut, kata layanan statistik ELSTAT.

5. Inflasi konsumsi perkotaan tahunan di Mesir meningkat

Inflasi konsumsi perkotaan tahunan di Mesir naik menjadi 13,6% di bulan Juli dari 13,2% di bulan Juni.

Badan Statistik Mesir (CAPMAS) mengatakan bahwa di antara kenaikan harga tahunan terbesar adalah makanan dan minuman, hotel dan restoran. Ini termasuk kenaikan harga untuk sereal, roti, produk susu dan telur.

6. Bank Sentral Thailand menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin

Bank Sentral Thailand menaikkan suku bunga utamanya sebesar 25 basis poin. Peningkatan ini harus mengurangi tingkat inflasi.

7. Inflasi Norwegia di bulan Juli melonjak

Inflasi Norwegia pada bulan Juli mencapai level tertinggi dalam dua dekade, mencapai 4,5%. Sementara itu, inflasi negara pada Juni mencapai 3,6%.

8. Inflasi di Amerika Serikat pada bulan Juli melambat, didorong oleh harga bensin yang lebih rendah

Inflasi di Amerika Serikat (AS) pada bulan Juli melambat karena harga bensin turun tajam, memberikan bantuan kepada orang Amerika yang menyaksikan kenaikan inflasi dalam dua tahun terakhir.

Data Departemen Tenaga Kerja AS yang dirilis Rabu (10/8/2022) kemarin menunjukkan indeks harga konsumen (CPI) naik 8,5%, namun turun dari kenaikan 9,1% pada Juni yang merupakan rekor terbesar selama empat tahun. dekade. .

9. Inflasi tahunan Meksiko di bulan Juli melonjak

Inflasi tahunan Meksiko mencapai level tertinggi dalam 22 tahun di bulan Juli. Inflasi mencapai 8,15% di bulan Juli, dibandingkan dengan 7,99% di bulan Juni. Ini masih lebih tinggi dari perkiraan analis sebesar 8,13%.

10. Jerman kehilangan nilai tambah $265 miliar akibat perang di Ukraina

Institute for Employment Research melaporkan bahwa ekonomi Jerman akan kehilangan nilai tambah sebesar $265 miliar pada tahun 2030, karena perang di Ukraina dan kenaikan harga energi.

PDB Jerman tahun depan diperkirakan 1,7% lebih rendah karena penyesuaian harga. Sedangkan jumlah orang yang tidak bekerja akan mencapai 240.000.

Salah satu sektor yang paling tertekan adalah industri perhotelan yang tengah berjuang melawan pandemi Covid-19. Sektor lain seperti industri kimia dan industri baja juga kemungkinan akan terpengaruh.

Bab 1 Perkembangan Ekonomi Global Bank Indonesia
Sejumlah negara yang berhasil mengendalikan virus aktivitas konsumsi dan produksi global secara umum membaik gradual pasca relaksasi

Menjaga Momentum Pemulihan Ekonomi Sekretariat Negara
Kondisi tersebut sejalan dengan perbaikan ekonomi global yang mulai indikasi perbaikan lainnya juga terlihat pada sejumlah indikator

Dinamika Ekonomi Global Dan Pengaruhnya Bagi Indonesia
Situasi dan kondisi pada kuartal pertama di tahun 2022 cukup menantang bagi kinerja pemulihan ekonomi indonesia

Ekonomi Global Tertekan Fundamental Indonesia Lebih Kuat
Pada 2022 kondisinya membaik lebih banyak turis memang tidak sebanyak turis dari cina atau rusia seperti sebelumnya tapi turis turis dari

Ekonomi Dunia Di Masa Pandemi Covid 19 Dari Dampak Hingga
Tahun ini kinerja ekonomi global diharapkan tumbuh positif seiring sejumlah kapal yang berada di teluk lampung kamis 17 6 2021

Pemulihan Ekonomi Terus Menguat Di Tengah Omicron Dan Gejolak
Daya beli masyarakat terus membaik ditandai dengan semakin kuatnya perbaikan kondisi ketenagakerjaan meski belum sepenuhnya pulih

Ekonomi Dunia Kontraksi 3 Negara Negara Ini Resesi
Ramalan imf itu bak gayung bersambut dengan kondisi sejumlah negara beberapa menyebut masuk dan dinilai ekonom sudah resesi di kuartal i

Headline Bank Dunia Pangkas Ramalan Pertumbuhan Ekonomi
Mengutip laporan bank dunia dan imf kepala negara bilang kondisi perekonomian negara negara di dunia sedang tidak baik baik saja

Perekonomian Global Yang Membaik Juga Berandil Dongkrak
Sejumlah negara mitra dagang indonesia juga mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang positif sebut saja china yang menjadi tujuan utama ekspor

Dibayangi Tekanan Global Pemerintah Optimistis Perekonomian Ri
Kendati demikian pemerintah optimistis perekonomian indonesia bakal terus membaik tahun ini presiden joko widodo menjelaskan kondisi

Bab 1 Perkembangan Ekonomi Global Bank Indonesia
Ekonomi global pada tw2 19 makin tertekan oleh konflik sejumlah risiko masih akan mewarnai perekonomian global tenaga kerja yang belum membaik dan

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.