free stats
banner 728x250
Berita  

Larangan Ekspor Minyak Goreng Justru Dapat Mengerek Harga CPO

banner 120x600
banner 468x60

Laporan Jurnalis Tawfiq Ismail

. com, Jakarta – Presiden DPP PKS Mardani Ali Sera menilai kebijakan pelarangan ekspor minyak goreng bisa menaikkan harga Crued Palm Oil (CPO).

banner 325x300

Sementara itu, harga tandan buah segar untuk petani kelapa sawit turun.

Mardani mengatakan di akun Twitternya @mardanialisera, Rabu (Karena komunikasi yang buruk ini, langkah pemerintah sebenarnya dapat menaikkan harga minyak goreng karena harga CPO sedang naik, dan di sisi lain, harga TBS untuk petani adalah rendah.” 27/4/2022).

Karena itu, menurut dia, larangan ekspor minyak goreng tidak menyelesaikan masalah. Karena tata kelola industri tidak diperhatikan.

“Pertanyaannya adalah, setelah membongkar kebijakan, strategi apa yang akan disiapkan pemerintah untuk mengatasi masalah minyak goreng domestik yang berbeda secara struktural?” dia berkata.

Pemerintah mengatakan tidak boleh kalah dengan kartel rent-seeking dan minyak goreng.

Oleh karena itu, pemerintah harus memberikan perhatian khusus pada pengendalian persediaan, membangun struktur pasar yang lebih baik, meningkatkan tata kelola dan integrasi dari hulu ke hilir hingga pengawasan ketat di daerah ini.

“Harus ada poin penting di situ,” katanya.

Mardani mengatakan rendahnya harga TBS sawit merupakan bukti bahwa mata rantai paling rentan dalam rantai sawit adalah petani/petani dan buruh tani.

“Dan lagi-lagi pemerintah perlu belajar, komunikasinya harus jelas dan berdasarkan aturan teknis yang sudah dikeluarkan.

Durasi kebijakan juga harus jelas agar tidak merugikan petani.”

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.