free stats
banner 728x250
Berita  

Layanan Marketplace Ini Dongkrak Omzet 4 Kali Lipat, Dua UMKM Ini Kisahkan Pengalamannya

banner 120x600
banner 468x60

Arus digitalisasi yang telah merambah berbagai lini kehidupan memaksa para penggiat UMKM lokal untuk terus beradaptasi dan berinovasi untuk memaksimalkan penjualan dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Oleh karena itu, memasuki pasar digital melalui penjualan pasar juga menjadi solusi. Apalagi dengan hadirnya berbagai inovasi layanan yang diberikan pasar, para pelaku UMKM lokal dapat terbantu untuk mengatasi berbagai tantangan yang ada dalam berjualan online.

banner 325x300

Selain membantu UMKM sebagai penjual, kehadiran marketplace juga membantu masyarakat sebagai pelanggan untuk memberikan akses pembelian yang mudah dan cepat untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari.

Salah satu UMKM lokal yang merasakan kemudahan berjualan di pasar adalah AmazaraUMKM lokal di Yogyakarta yang menjual berbagai produk alas kaki wanita.

Dalam wawancara bersama, Kamis (9/6/2022), Uma Hapsari, pemilik Amazara mengungkapkan, berjualan di pasar sejak 2017 membuat bisnis yang dikelolanya tetap berjalan. mengembangkan.

Selain itu, dengan hadirnya fitur Tokopedia Served yang merupakan inovasi layanan dari Tokopedia, marketplace pilihan, Uma mengakui pengelolaan persediaan lebih maksimal, pengemasan produk lebih aman, pesanan langsung dikemas dan diterima. lebih cepat oleh pembeli, dan memberikan dirinya lebih banyak waktu untuk fokus pada pengembangan merek.

Amazara kini menggunakan gudang pintar Tokopedia di Jakarta dan Surabaya. Selain itu, melalui penggunaan fitur layanan Tokopedia, produk Amazara dapat menjangkau pasar domestik, bahkan merambah ke Papua.

“Jumlah pesanan di provinsi di luar Jawa juga meningkat signifikan, dengan peningkatan terbesar di Sulawesi Selatan, Riau, Sumsel, Kalbar, dan Lampung,” imbuh Uma.

Lebih mudah menaklukkan pasar Indonesia bagian timur

Tak hanya bagi Amazara, kehadiran gudang pintar Tokopedia yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia juga turut membantu UMKM lokal di Aceh yakni Toko Kopi Gayo.

UMKM di Aceh yang menjual kopi spesial dengan harga terjangkau telah go digital di marketplace Tokopedia sejak Mei 2016.

Namun, Iwan Aramiko, pemilik Gayo Coffee Shop, mengakui lokasi produksi dan penyimpanan produk di Aceh merupakan tantangan layanan dan logistik.

Oleh karena itu, dengan menggunakan gudang pintar Tokopedia di Jakarta, bisnis kopi yang dikelolanya dapat berkembang dan lebih mudah untuk menaklukkan pasar Jawa dan Indonesia Timur.

“Sejak menggunakan layanan Tokopedia, Kedai Kopi Gayo telah mampu menaklukkan pasar Jawa dan Indonesia Timur. Tidak hanya ongkos kirim yang lebih terjangkau, produk juga lebih cepat sampai ke tangan konsumen dibandingkan dengan yang kami miliki. kirim langsung dari Aceh,” kata Iwan.

Memang, bagi Toko Kopi Gayo, Tokopedia adalah yang pertama dan utama memberikan kontribusi terbesar dalam meningkatkan omzet bisnis kopi yang dikelolanya.

Hal ini juga sejalan dengan data internal Tokopedia pada Mei 2022 yang menunjukkan bahwa rata-rata transaksi penjual setelah menggunakan layanan Tokopedia hampir empat kali lipat dibandingkan sebelum menggunakan layanan Tokopedia.

Sekadar informasi, Served by Tokopedia adalah layanan pemenuhan pesanan di Tokopedia melalui gudang-gudang yang berada di berbagai wilayah di Indonesia.

Inovasi layanan ini juga merupakan wujud dari inisiatif Hyperlocal Tokopedia untuk membantu UMKM lokal menjalankan bisnisnya.

Dilayani oleh Tokopedia juga membuat masyarakat Indonesia lebih cepat dan efisien dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari. Pada kuartal pertama tahun 2022, pengiriman barang paling cepat melalui Tokopedia adalah 10 menit sejak pemesanan dilakukan hingga diterima oleh pembeli.

Beberapa kategori dengan transaksi tertinggi melalui Servi by Tokopedia pada Q1 2022 adalah Kesehatan, Personal Care, Food & Beverage, Mother & Baby, dan Household.

“Kami mencatat pengiriman barang terjauh selama triwulan I 2022 via Dilayani Tokopedia adalah dari Kota Medan, Sumatera Utara, hingga Kabupaten Merauke, Papua. Transaksi yang dilayani Tokopedia secara keseluruhan juga lebih dari lima kali lipat pada triwulan I tahun ini. 2022 dibandingkan triwulan I 2021,” kata Fulfillment Associate Vice President Tokopedia Samuel Simanjuntak.

Author: Nurfina Fitri Melina | Publisher: Bardjan

Pentingnya Digitalisasi Umkm Di Tahun 2022 Briapi
Digitalisasi umkm dongkrak pendapatan umkm di tahun 2022 pandemi mencapai 16 4 juta umkm atau tumbuh dua kali lipat dibandingkan dengan

Fitur Marketplace Di Pln Mobile Perluas Pemasaran Dan Dongkrak
4 hari yang lalu dari total omzet lebih dari rp 4 miliar umk yang telah memanfaatkan fitur marketplace untuk memasarkan produknya pun beragam dari kerajinan

Pameran Karya Kreatif Indonesia 2022 Catat Komitmen Temu Bisnis
Pada saat yang sama perhelatan selama 4 hari 26 29 mei 2022 tersebut mencatat omzet sebesar rp 28 2 miliar yang terdiri dari omzet

11 Cara Meningkatkan Omzet Penjualan Di 2022 Projasaweb
Ingin tahu cara meningkatkan omset penjualan anda di tahun ini maka tentu penjualan anda juga akan meningkat menjadi dua kali lipat

Blibli Hadirkan Vending Machine Produk Umkm Menteri Teten
Blibli hadirkan vending machine produk umkm menteri teten bisa dongkrak omzet menteri koperasi dan ukm teten masduki mendukung peluncuran

Telekomunikasi Page 142 Sport
San francisco pendapatan marketplace internet terbesar di dunia ebay inc naik 23 layar touchscreen tablet ponsel dongkrak omzet us 16 miliar

5 Strategi Promosi Bisnis Rumahan Di Kala Pandemi Money
Di era digital sekarang jumlah marketplace yang hadir di indonesia cara jitu dongkrak omzet bisnis yang terjun bebas akibat corona

Strategi Edan Omzet Milyaran Slideshare
Kalau strateginya edan omzetnya bisa milyaran strategi 4 sniper strategi ke 4 saya namakan sniper maksudnya marketplace 2

Dibatalkan Sri Mulyani E Commerce Tunduk Ke Pajak Umkm
Aturan kembali ke aturan lama yakni penghasilan sampai rp 4 8 miliar layanan platform marketplace kepada pedagang dan penyedia jasa

Cara Jitu Dongkrak Penjualan Dengan Ulasan Sedesa Id
Saat ini di indonesia tingkat pembelian konsumen terhadap suatu produk baik itu barang atau jasa yang dilakukan secara online terus meningkat

E Commerce Bantu Tingkatkan Awareness Perluas Pasar Fesyen
Jadi kita kemarin cari mana nih marketplace yang juga bisa support kita juga simak video dilayani tokopedia dongkrak omzet umkm lokal

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.