free stats
banner 728x250
Berita  

Legislator PAN Nilai Aktivitas Mudik Lebaran 2022 Genjot Ekonomi Daerah Dan Nasional

banner 120x600
banner 468x60

Jakarta – Anggota DPR RI dari Fraksi PAN, Gospardi Jos, memperkirakan mudik Lebaran 2022 ke kampung halaman di daerah juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

“Setelah menunggu dua tahun tak kunjung pulang akibat pengetatan yang diberlakukan pemerintah akibat wabah Covid-19. Izin mudik lebaran tahun ini sudah menjadi momen vital dalam menggerakkan roda perekonomian. Secara khusus, kata Gospardi kepada wartawan, Selasa (10/5/2022), hal itu didorong oleh belanja konsumsi publik.

banner 325x300

Perayaan Idul Fitri tahun ini terlihat istimewa karena sejak merebaknya pandemi Covid-19 pada tahun 2020, pemerintah baru mengizinkan masyarakat untuk mudik pada tahun 2022.

Pemerintah juga memberikan cuti gabungan 4 hari kerja dan libur nasional 2 hari.

Harapannya, masyarakat Indonesia dapat merayakan Idul Fitri di rumah namun tetap menerapkan langkah-langkah kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Pemulangan pada 2022 juga diharapkan menjadi salah satu momen pemulihan ekonomi nasional setelah dua tahun stagnan akibat pandemi COVID-19,” ujarnya.

Anggota DPRD Sumbar itu menambahkan, hampir seluruh daerah di Indonesia merasakan dampak positif mudik ke daerahnya.

Diperkirakan lebih dari 80 juta orang di Indonesia akan mudik Lebaran tahun 2022.

Jika kita asumsikan setiap penghuni rumah menghabiskan rata-rata Rp 1,5 juta di tempat mudik, maka ini berarti sudah ada lebih dari Rp 120 triliun yang beredar di wilayah tersebut.

“Hal ini juga dirasakan masyarakat Sumbar yang mudik lebaran tahun ini diperkirakan mencapai dua juta orang di 18 provinsi/kota Sumbar. Kegembiraan para patriot dari luar negeri ke kampung halaman tentunya akan berdampak pada perluasan perekonomian di daerah karena uang akan mengalir dari kota ke daerah dalam jumlah yang sangat besar yang dibawa oleh para pemudik.”

“Bisa dibayangkan berapa banyak uang yang beredar karena pengeluaran uang dari para pendatang kembali untuk meningkatkan permintaan perumahan atau hotel, menikmati berbagai makanan khas daerah, dan membeli oleh-oleh di pusat oleh-oleh atau yang berjejer di sepanjang jalan, yang biasanya ditawarkan. oleh UMKM. daerah mereka.”

Selain itu, mantan Ketua Dewan Pembina Kaden Sumbar itu juga memperkirakan kegiatan repatriasi dan lebaran tahun 2022 memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, khususnya usaha kecil dan menengah di daerah.

Selain itu, masuknya repatriasi juga akan mengakibatkan redistribusi atau peredaran dana di daerah-daerah yang diperkirakan mencapai 75 persen dari total “uang belanja” para migran yang pulang kampung.

“Selain itu, kami berharap libur Idul Fitri tahun ini dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat pedesaan. Karena semakin banyak uang yang beredar di suatu daerah maka perekonomian masyarakat desa juga semakin berkembang, Sektor UMKM menjadi antusias, sektor pariwisata lebih hidup Dan sumber daya ekonomi di kawasan ini akan tumbuh. Dan tentunya akan memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional”, pungkas anggota Komite Kedua Republik Demokratik Kongo.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.