free stats
banner 728x250
Berita  

Mengapa Jokowi Tak Pakai Pesawat Kepresidenan Saat Kunjungan Ke AS? Lebih Memilih Carter Garuda

banner 120x600
banner 468x60

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Joko Widodo bertolak ke Washington, DC, Amerika Serikat (AS), Selasa pagi (5/10/2022).

Ke negeri Paman Sam itu, Presiden akan melakukan serangkaian kunjungan bisnis pada 11-13 Mei 2022.

banner 325x300

“Pagi ini saya dan rombongan akan berangkat melakukan kunjungan kerja ke Washington DC pada 11-13 Mei 2022,” kata Presiden di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (10/5/2022).

Berbeda dengan kunjungan bisnis biasanya menggunakan pesawat kepresidenan, perjalanan Jokowi dan rombongan kali ini menggunakan pesawat carteran Boeing 777-300ER dari Garuda Indonesia.

Presiden dijadwalkan untuk berpartisipasi dalam Seri KTT Khusus ASEAN-AS (AUSS) selama dua hari.

Presiden akan hadir bersama para pemimpin ASEAN lainnya.

Presiden mengatakan bahwa Indonesia saat ini menjadi koordinator Kemitraan ASEAN-AS untuk periode 2021 hingga 2024.

Indonesia berharap KTT khusus ini akan menghasilkan kerja sama yang dapat berkontribusi pada perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan.

Presiden Jokowi juga menegaskan, dengan pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik, ASEAN siap bekerja sama dengan semua negara mitra ASEAN, termasuk Amerika Serikat, dalam mengembangkan kerja sama konkrit yang komprehensif dan saling menguntungkan.

“Sudah menjadi tanggung jawab kita untuk membuat kawasan Indo-Pasifik damai, stabil dan sejahtera,” pungkasnya.

Alasan Jokowi Sewa Garuda Indonesia

Kepala Sekretariat Presiden (Castepress), Hero Bodhi Hartono menjelaskan, ada beberapa alasan delegasi presiden tidak menggunakan pesawat kepresidenan, di antaranya karena jarak tempuh yang jauh.

“Penerbangannya lama banget, kalau pakai Air Force One bisa dua kali penerbangan,” kata Hero saat dikonfirmasi, Senin (9/5/2022).

”Kalau nyebrang dua kali, berarti di setiap titik harus ada tim yang didahulukan. Sekarang ini (dengan pesawat Garuda) hanya sekali,” jelasnya.

Alasan kedua, pesawat kepresidenan hanya berkapasitas 48 orang. Di sisi lain, jumlah pengawal presiden mencapai 62 orang.

Oleh karena itu, lebih efisien menggunakan pesawat sewaan dengan kapasitas penumpang yang lebih besar.

“Sehingga semua menteri peserta bisa memiliki satu pesawat pulang pergi dan tim advance akan menerbangkan pesawat kembali sehingga bisa lebih efisien,” kata Hero.

Hiro mengatakan Jokowi juga menggunakan pesawat carteran saat berangkat ke Roma, Italia, untuk menghadiri KTT G20 pada Oktober 2021.

Jokowi juga menggunakan pesawat ini untuk melanjutkan perjalanan ke Skotlandia dan Uni Emirat Arab usai menghadiri KTT G20.

“Ya, benar (menggunakan pesawat yang sama),” kata Hiro.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Jokowi didampingi sejumlah menteri, antara lain Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Investasi/Presiden BKPM Bahleel Hadalia.

Kunjungan Jokowi ke Amerika Serikat untuk menghadiri KTT Khusus ASEAN-AS di Washington DC pada 12-13 Mei 2022. Presiden dijadwalkan kembali ke Indonesia pada Minggu (15/5/2022).

Seperti diketahui, Indonesia saat ini menjadi koordinator hubungan ASEAN dan Amerika Serikat. Dalam pernyataannya, Departemen Luar Negeri (Kiminlu) mengungkapkan bahwa KTT khusus antara ASEAN dan Amerika Serikat akan dihadiri oleh para pemimpin ASEAN dan Presiden AS Joe Biden.

Pertemuan tersebut akan membahas bagaimana menghadapi epidemi, bekerja sama di bidang kesehatan dan pendidikan, serta mempercepat pemulihan ekonomi untuk berbagai tantangan geopolitik regional dan global.

KTT Khusus ASEAN-AS akan menjadi pertemuan fisik pertama antara para pemimpin ASEAN dan presiden AS sejak 2017. Sebelumnya, Presiden Joe Biden hadir pada KTT ASEAN ke-9 dengan AS sekitar 26 Oktober 2021.

pesawat yang dirancang khusus

Pada Selasa (5/10/2020), maskapai nasional Garuda Indonesia kembali mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerja (Conquer) ke luar negeri.

Agendanya adalah kunjungan kerja ke Amerika Serikat (AS) untuk menghadiri KTT ASEAN-AS di Washington DC, pada 12-13 Mei 2022.

Sedangkan untuk penerbangan menuju Andrew Air Force Base Airport di Washington DC, Jokowi menggunakan pesawat Boeing B777-300ER Garuda Indonesia.

Pesawat tersebut dilengkapi dengan ornamen atau corak khusus seperti pesawat negara, berupa campuran warna merah dan putih, disertai dengan lambang negara dan prasasti Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan dalam keterangan resmi: ”Penerbangan resmi ini berangkat dengan lancar hari ini pukul 07.20 WIB pagi ini. Kami akan terus berkoordinasi dengan otoritas terkait untuk memastikan penerbangan seluruh negara berjalan dengan baik.”

Ia menambahkan, perjalanan dinas ini berlangsung melalui serangkaian persiapan operasional yang komprehensif dan koordinasi dengan para pemangku kepentingan.

“Hal ini untuk memastikan seluruh aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan dapat terlaksana secara optimal,” imbuh Irfan.

Dijelaskannya, pengoperasian penerbangan negara tersebut merupakan wujud tersendiri Garuda Indonesia dalam menjalankan tugasnya sebagai maskapai nasional.

Khususnya dalam mendukung penyediaan akses layanan penerbangan yang menjadi agenda strategis negara.

Jokowi akan bertemu CEO AS

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertemu dengan para CEO Amerika Serikat (AS) dalam rangkaian kunjungan kerja ke negeri Paman Sam pada 11-13 Mei 2022.

Hal itu disampaikan Yang Mulia Presiden dalam keterangannya sebelum bertolak ke Amerika Serikat, Selasa (10/5/2022).

“Bertemu dengan para CEO dari Amerika,” kata Jokowi.

Kegiatan utama presiden untuk Amerika Serikat adalah menghadiri KTT Khusus ASEAN-AS (AUSS) selama dua hari. Kegiatan lainnya termasuk pertemuan dengan anggota Kongres dan pertemuan dengan Wakil Presiden Harris dan Tim Perubahan Iklim AS.

“Indonesia berharap KTT khusus ini akan menghasilkan kerja sama yang dapat berkontribusi pada perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marinves) Luhut Bensar Pandjitan usai rapat terbatas di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (9/5/2022).

“Oh ya, kami pernah bertemu, dan kami masih mengatur tempat untuk bertemu,” kata Luhut.

Luhut mengatakan saat ini tim dari Tesla sedang berada di kantornya. Besok tim Tesla berencana berangkat ke Morowali.

“Sekarang tim Tesla sedang berbicara di kantor saya,” katanya, “semalam kami makan siang, setelah makan malam, dan besok di lapangan kami akan melihat Murwali di mana-mana.”

Lohot mengatakan Tesla sangat puas dengan data yang diperoleh hari ini. Namun, Luhut tidak menjelaskan apakah data tersebut terkait dengan rencana investasi Tesla di Indonesia.

“Sebelumnya mereka sangat puas dengan data yang didapat selama ini,” ujarnya. (/)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.