free stats
banner 728x250
Berita  

Mitra BUMN Didorong Ciptakan Ekosistem Sehat, Erick Thohir: Yang Nakal Akan Saya Blacklist

banner 120x600
banner 468x60

Wartawan Reza Dini melaporkan

Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Eric Thohir meminta para mitra untuk terus bekerja sama dengan badan usaha milik negara dalam menciptakan ekosistem yang kuat bagi perekonomian Indonesia.

banner 325x300

Eric terus menekankan kepada mitra BUMN untuk menjalin kerjasama yang baik dengan melalui proses bisnis yang benar, berpihak pada TKDN, dan kerjasama yang saling menguntungkan.

Eric mengatakan pada acara tersebut dalam sebuah pernyataan yang diterima, Selasa (9/5/2022).

Sementara itu, kata dia, mitra BUMN harus memiliki kontribusi positif dalam setiap kerjasama dengan BUMN.

Oleh karena itu, Eric mengapresiasi pemberian penghargaan yang merupakan apresiasi nyata dari Kementerian BUMN kepada para mitra kerja yang telah mendukung BUMN.

“Sebelum kita menghukum, kita harus memberikan reward. Makanya kita nilai partner yang kategorinya sangat bagus, tapi kita juga petakan partner yang punya kasus, agar BUMN itu bagus, karena kalau mau jadi global player yang namanya transparansi dan profesionalisme Anda harus menjadi dasar dan harus melaksanakan operasi bisnis yang benar.”

Erick menawarkan mitra dan BUMN untuk duduk sejajar dan saling melayani dengan baik di era kerjasama, sehingga BUMN bisa menjadi pesaing global dan tidak hanya menjadi raja di desanya.

Eric melanjutkan, “Inilah yang ingin saya tawarkan bersama, dan insya Allah niat baik ini kita sambut dengan baik.”

Selain itu, ia juga mengidentifikasi tiga poin dalam BUMN Champion Partner Award 2022, pertama, meningkatkan hubungan bisnis yang saling menguntungkan antara BUMN dan swasta dalam rangka mendorong BUMN menjadi perusahaan global.

Kedua, pentingnya membangun kompatibilitas dengan produk lokal, khususnya TKDN melalui mitra.

“Karena ini pasar yang besar jadi kami pindah ke negara industri. Ketiga, tidak menakutkan, yang penting BUMN memiliki satu misi, yaitu transparansi dan mitra profesional. Kami tidak ingin ketika kami bermain global kami mendukung TKDN, tetapi kami benar-benar memiliki mitra yang buruk, kata Eric.

Menurutnya, sudah bukan saatnya lagi BUMN menjadi menara gading di tengah tantangan disrupsi digital.

Berkat kerja sama tersebut, kata Eric, BUMN tersebut mampu membukukan laba bersih 2021 sebesar Rp 90 triliun, meningkat 592,3% dibandingkan laba bersih 2020 sebesar Rp 13 triliun, berdasarkan laporan keuangan yang tidak diaudit.

Mantan presiden Inter Milan itu mengatakan, hasil tersebut merupakan salah satu bukti nyata bahwa transformasi BUMN melalui efisiensi dan perbaikan model bisnis berlangsung sesuai dengan arah strategis yang telah ditetapkan.

Pencapaian kinerja BUMN tersebut tidak lepas dari peran mitra BUMN yang telah bekerjasama dengan baik, terutama dalam situasi pandemi COVID-19 saat ini.

Eric mengatakan: ”Alhamdulillah kinerja BUMN tahun 2021 jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah berhasil mencapai beberapa tahapan Roadmap Transformasi BUMN.”

Ia menyimpulkan, ”Tentunya tidak lupa bahwa kerjasama BUMN dengan mitra juga mendorong pencapaian kinerja BUMN.”

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.