free stats
banner 728x250
Berita  

Optimasi Sains Dan Riset Buka Peluang Ekonomi Dan Investasi Baru

banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA – Indonesia didorong untuk segera meningkatkan penerapan penelitian berbasis sains dan pembuatan kebijakan karena diyakini akan menarik investasi jangka panjang yang berkelanjutan.

Ini juga harus menjadi perhatian besar bertepatan dengan waktu kepresidenan G20 dan B20 pada tahun 2022.

banner 325x300

“Penelitian itu sangat penting. Sebagai sebuah negara, tingkat output penelitian Indonesia sangat rendah. Hasil penelitian kami masih sangat rendah. Ini tantangan kita semua,” kata Ketua Komisi VII DPR Sugeng Suparwoto dalam keterangan tertulis yang dikutip Senin (25/4/2022).

Data Kementerian Riset dan Teknologi mencatat pada 2020, jumlah publikasi riset Indonesia dalam empat tahun terakhir mencapai 161.928. Jumlah ini masih tertinggal dari Malaysia yang menghasilkan 173.471 publikasi penelitian pada periode yang sama.

Padahal, kata Sugeng, penelitian dibutuhkan dalam banyak hal, termasuk regulasi dan kebijakan. Tujuannya adalah untuk mendorong lebih banyak investasi yang mengandung pengetahuan baru dan aplikasi teknologi.

“Idealnya, kami menawarkan kepada investor internasional berdasarkan data riset. Riset bukan hanya perpustakaan tapi bisa juga dalam bentuk eksplorasi, sama seperti ekonomi berbasis riset, pasti dari sisi cadangan, skala ekonomi”, kata politikus Partai NasDem itu.

Indonesia memiliki potensi besar untuk menerima banyak manfaat dari pelaksanaan penelitian dan kebijakan berbasis ilmu pengetahuan, termasuk terwujudnya ekosistem ekonomi dalam jangka panjang.

Kementerian PPN/Bappenas pada 2021 menekankan pentingnya hal ini, bahwa investasi saja tanpa riset dan inovasi berbasis sains akan berisiko. Akan ada masalah keberlanjutan dan bahkan lebih serius lagi jatuh ke dalam perangkap pendapatan menengah.

Atas dasar ini, penting bagi Indonesia untuk memperkuat kebijakan berbasis sains dan penelitian. Apalagi hasilnya sudah terlihat. Hal ini tercermin dari berbagai investasi yang telah atau masih berupa komitmen yang telah terjadi dimana keputusan investasi didasarkan pada penelitian dan ilmu pengetahuan.

Di industri tembakau misalnya, telah terjadi perkembangan inovasi dan teknologi berupa produk tembakau alternatif yang dapat membantu perokok beralih ke produk yang berisiko lebih rendah. Berdasarkan penelitian dan ilmu pengetahuan, inovasi ini menghasilkan investasi.

Philip Morris International melalui afiliasinya PT HM Sampoerna Tbk pada akhir tahun 2021 mengumumkan investasi sebesar USD 166,1 juta atau setara dengan sekitar Rp. 2,3 miliar untuk membangun pabrik produksi untuk memanaskan produk tembakau.

Kepala Badan Hubungan Keamanan, Pertahanan, dan Penegakan Hukum Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Bambang Soesatyo (Bamsoet), juga menyampaikan hal yang sama. Dia mengatakan JTA International Holding, perusahaan investasi asal Qatar, mengumumkan investasi di industri peleburan nikel di Indonesia, Rabu (20/4/2022).

Dasarnya adalah data riset US Geological Survey yang memproyeksikan cadangan nikel Indonesia mencapai 21 juta metrik ton atau sekitar 40% dari nikel dunia di Indonesia.

Dengan adanya investasi tersebut dan didukung dengan data riset yang relevan, kata Bamsoet yang juga Ketua MPR ini, mengatakan hal ini sejalan dengan tekad Indonesia untuk menjadi pemain utama dalam ekosistem penghasil baterai dunia.

El país ha establecido Indonesia Battery Corporation (IBC), un holding formado por cuatro empresas estatales, a saber, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), PT Aneka Tambang Tbk (Antam), PT Pertamina y PT PLN.

Pemerintah telah menyadari pentingnya inovasi dan pengembangan teknologi berbasis penelitian untuk smelter nikel karena terkait dengan lingkungan dan kelangsungan usaha.

Atas dasar itu, pada pertengahan tahun 2021, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi melaporkan hasil audit teknologi yang dilakukan dengan metode step temperature acid leaching (STAL). proses pencucian.

Diklaim bahwa metode ini dapat memulihkan nikel dari 89% menjadi 91% dan kobalt dari 90% menjadi 94%. Dikatakan, metode ini dapat memberikan nilai tambah bagi komoditas nikel bila diterapkan di smelter skala kecil atau modular.

Dengan teknologi ini, smelter nikel dapat menghasilkan limbah yang lebih ramah lingkungan. Hal ini karena sampah dapat dikelola kembali menjadi produk yang bernilai.

Namun dalam pelaksanaannya membutuhkan biaya yang relatif tinggi. Sebuah smelter bisa menelan biaya Rp 25 miliar. Atas dasar itu, diperlukan investasi.

“Yang menjadi pertanyaan, kebijakan berbasis riset atau inovasi iptek adalah untuk menghindari seminimal mungkin akibat negatif yang ditimbulkan dari pengembangan investasi tersebut”, tambahnya.

Presiden Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Hariyadi Sukamdani mengatakan, bisa mendapatkan investasi yang mengandung pengetahuan baru dan inovatif merupakan hal yang positif bagi Indonesia.

“Saya kira sangat bagus, kalau bisa kita lakukan, posisi Indonesia akan menjadi yang terdepan. Juga kalau teknologinya bagus, berarti benar-benar bisa diimplementasikan sesuai kebutuhan masyarakat, ” katanya.

Hariyadi menegaskan hal itu tidak sulit untuk diwujudkan karena Indonesia dapat menjadi tujuan investasi global dengan berbagai keunggulan dibandingkan negara tujuan investasi lainnya.

Yang terpenting adalah sikap akomodatif pemerintah untuk lebih terbuka kepada pemangku kepentingan agar semakin progresif dan terus mendapat masukan yang relevan dalam pengambilan kebijakan.

Tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan bisnis yang dapat diprediksi dan iklim investasi yang lebih kondusif. “Indonesia pasarnya besar, jadi kita bisa benar-benar hidup. Sedangkan negara lain tidak terlalu serius”, lanjutnya.

Ia mengatakan, Indonesia bisa membangun momentum kepresidenan G20, termasuk B20 2022.

“Ini pertemuan negara-negara yang GDP-nya dinilai tinggi. Dengan melakukan itu di Indonesia lebih efektif agar mereka bisa lebih mengerti, mereka bisa melihat secara langsung. Jadi, kita bisa efektif mempromosikan Indonesia, apa kelebihan yang kita punya bisa langsung kita lihat. promosikan “, kata.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.