free stats
banner 728x250
Berita  

Pakar Sebut Membandingkan Pertamina Dan Petronas Tidak ‘Apple To Apple’, Ini Penjelasannya

banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA – Gadjah Mada University (UGM) economic and business expert Professor Mudrajad Kuncoro positively assesses Pertamina’s net profit achievement in 2021 of IDR 29.3 trillion.

Prestasi ini patut diapresiasi dan bukan apple to apple jika dibandingkan dengan prestasi Petronas Malaysia.

banner 325x300

“Luar biasa. Meningkat 95 persen dari laba bersih tahun sebelumnya. Tapi tidak apple to apple dibandingkan Petronas yang meraup untung Rp 159,7 T. Karena Pertamina juga harus menjalankan PSO di seluruh Indonesia yang merupakan amanat Pasal 33 UUD 1945,” kata Mudrajad kepada media hari ini (4/8/2022).

Pertamina, lanjut Mudrajad, memang menghadapi dilema.

Di satu sisi, perusahaan dituntut untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

Namun, sebagai pengemban kewajiban pelayanan publik (PSO), BUMN ini juga harus siap merugi. Pasalnya, melalui PSO, harga produk-produk yang disubsidi Pemerintah, seperti Solar dan Pertalite, dikendalikan oleh Pemerintah.

“Jadi, harga dikendalikan pemerintah atas nama pembangunan, sesuai amanat Pasal 33 UUD 1945,” lanjutnya.

Menurut Mudrajad, masalah PSO adalah perbedaan antara Pertamina dan Petronas.

Apalagi penugasan yang diterima Pertamina mencakup seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat luas dengan kondisi geografis yang sulit.

“Itu salah satunya (yang membedakan). Selain itu, dalam praktiknya harus ada dilema, antara memenuhi amanat Undang-Undang dengan amanat Undang-Undang tentang Perseroan Terbatas. Karena itu terkait UU PT harus lari 100 km/jam. Tapi kalau bicara PSO, harus soal pemerataan karena 27% rakyat kita masih di bawah garis kemiskinan. Makanya Pertamina harus menjual subsidi produk yang harganya sudah ditentukan pemerintah. Dan itu tidak mudah,” kata Mudrajad.

Karena itu, Mudrajad mengapresiasi Pertamina yang berhasil meraih laba bersih Rp 29,3 triliun pada 2021.

Selain itu, Pertamina juga masih berkontribusi melalui pajak sebesar Rp126,7 triliun dan juga Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) sebesar Rp73,1 triliun.

Menurut Mudrajad, lonjakan laba bersih sebesar 95% dibandingkan tahun lalu karena Pertamina telah berhasil menjalankan efisiensi dengan baik.

“Efisiensi Pertamina lumayan, harus diakui. Penghematan biaya Pertamina menghemat USD 1,3 miliar, Cost Optimization menghemat USD 2,2 miliar, dan Cost Avoidance USD 350 juta,” ujarnya.

Sebelumnya, pengamat migas yang juga aktivis media sosial, Erizeli Bandar juga mengatakan bahwa tidak apple to apple membandingkan Pertamina dan Petronas hanya dari segi keuntungan.

Terutama dari sisi kinerja, melalui analisis finansial terlihat jelas bahwa kenaikan laba 95 persen ini sebenarnya lebih baik dari Petronas.

Erizeli juga menyebutkan bahwa ada beberapa perbedaan antara Pertamina dan Petronas, yang membuat keduanya tidak bisa langsung dibandingkan.

Pertama. Petronas beroperasi sebagai entitas bisnis yang murni dan independen. Dalam hal ini, seluruh sumber daya alam (SDA) minyak dan gas Malaysia dimiliki oleh Petronas. Sedangkan Pertamina hanya sebagai operator. Karena semua sumber daya alam migas adalah milik negara melalui SKK Migas.

Selain itu, kapasitas kilang Petronas juga lebih besar dari Pertamina. Indonesia terakhir membangun kilang selama 25 tahun. Baru pada era Jokowi rencana pembangunan kilang itu dilaksanakan.

Sedangkan di sisi hilir, skema bisnis Petronas tidak memiliki penugasan pemerintah. Sementara Pertamina mendapat penugasan. “Jadi sulit untuk mencapai IRR komersial,” katanya.

Rizal Ramli Sebut Ahok Bacot Gede Karena Pertamina Rugi Tapi
Terkini id jakarta ekonom senior rizal ramli mempertanyakan mengapa pertamina indonesia bisa mengalami kerugian sedangkan petronas

Membandingkan Harga Bensin Pertamina Vs Petronas Di Malaysia
Berikut perbandingan harga bbm spbu pertamina dengan petronas malaysia halaman all

Jual Bbm Lebih Mahal Keuntungan Pertamina Lima Kali Lebih
3 hari yang lalu namun perbandingan pendapatan pertamina dan petronas ini jauh berbeda perusahaan yang berkantor pusat di malaysia ini menjual bbm dengan ron

Erick Thohir Sebut Pertamina Beda Dengan Petronas Kok
3 jam yang lalu jakarta cnbc indonesia beberapa waktu lalu publik dihebohkan oleh perbandingan antara perusahaan migas nasional national oil

Petronas Malaysia Jual Bensin Lebih Murah Dibanding Pertamina
6 2k views 150 likes 3 loves 116 comments 14 shares facebook watch videos from sinyal kenaikan harga bahan bakar minyak

Erick Thohir Laba Dan Rugi Pertamina Tidak Bisa Dibandingan
1 hari yang lalu menurut erick thohir ada perbedaan mendasar mengapa pertamina tidak bumi dan langit membandingkan laba pertamina vs petronas malaysia

24 Komisaris Utama Sugiharto Pertamina
Tahun 2010 ini efektif pt petronas niaga indonesia setelah tahun kemarin membanding antara premium pertamina pakar marketing al ries menye

Erick Thohir Jangan Bandingkan Laba Pertamina Dengan Petronas
1 hari yang lalu erick menerangkan petronas merupakan perusahaan yang memproduksi minyak mentah sementara pertamina masih mengandalkan impor minyak mentah

Membandingkan Perusahaan Minyak Indonesia Pertamina Dan
3 hari yang lalu saat booming minyak bumi terjadi petronas justru secara perlahan terus bertumbuh menjadi perusahaan minyak multinasional yang selanjutnya

Bukan Cuma Pertamina Petronas Dan Indian Oil Kompak Memerah
Pakar digital forensik sebut pemeriksaan 20 cctv keliru dan singgung soal independen harusnya nggak boleh akui tembak brigadir j hingga tewas

Erick Thohir Sebut Kinerja Pertamina Dan Petronas Tak Bisa
11 jam yang lalu sementara di indonesia untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri masih mengimpor minyak mentah dengan volume yang cukup tinggi

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.