free stats
banner 728x250
Berita  

Pasar Negara Berkembang Paling Rentan Menghadapi Risiko Resesi Zona Euro   

banner 120x600
banner 468x60

Laporan Wartawan Nur Febriana Trinugraheni

BERLIN – Perang di Ukraina berimbas pada nilai euro. Meningkatnya risiko resesi di Zona Euro juga merupakan ancaman baru bagi Euro.

banner 325x300

Menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg, investor lebih bearish dengan mata uang lain seperti Forint Hungaria, Zloty Polandia dan Koruna Ceko dibandingkan dengan mata uang pasar berkembang lainnya, kecuali rubel Rusia dan lira Turki.

Perusahaan jasa keuangan seperti Goldman Sachs Group Inc, Fidelity International dan InTouch Capital Markets telah menyatakan bahwa jika euro melemah, Eropa Timur akan menjadi kawasan yang paling menderita dibandingkan dengan pasar negara berkembang lainnya.

Forint Hungaria, zloty Polandia dan mahkota Ceko adalah tiga mata uang yang paling rentan terhadap penurunan permintaan dari zona euro, 19 negara yang menggunakan euro, yang menyumbang sekitar 60% dari ekspor tiga negara.

Sejak invasi Rusia ke Ukraina pada Februari lalu, perdagangan dari Hongaria, Polandia, dan Republik Ceko menurun, sejalan dengan melemahnya Euro.

“Kami berhati-hati dan negatif terhadap euro. (Wilayah) adalah blok pasar berkembang yang paling rentan di ruang mata uang,” kata Paul Greer, manajer dana di Fidelity International yang berbasis di London. .

Sementara Dana Moneter Internasional (IMF) memperingatkan pada bulan Juli bahwa ekonomi global akan segera berada di puncak resesi, prospek ekonomi di zona euro tampak mengerikan.

Tingginya inflasi di zona euro dipicu oleh pemutusan energi dari Rusia yang memperparah krisis energi di negara-negara kawasan.

Ahli strategi Goldman Sachs mengatakan mata uang Eropa Timur kemungkinan akan mengalami penurunan terbesar di pasar negara berkembang jika euro jatuh di bawah paritas dengan dolar AS, mengingat negara-negara zona euro adalah importir utama.

“Eropa jauh lebih rentan pada tahap ini, sehingga masuk akal untuk mengasumsikan bahwa mata uang tengah dan timur akan berkinerja buruk, terutama jika euro-dolar jatuh,” kata Piotr Matys, analis mata uang di InTouch Capital Markets.

Penurunan dua digit

Mata uang Eropa Timur termasuk di antara yang paling terpukul oleh dampak invasi Rusia ke Ukraina pada Februari.

Sejak awal perang, forint Hungaria telah jatuh 17% terhadap dolar AS dan 8,2% terhadap euro. Zloty Polandia turun 12% terhadap dolar AS, sedangkan koruna Ceko turun 9,6% terhadap dolar AS.

Hubungan antara mata uang negara berkembang dan euro menyoroti potensi dampak tambahan dari melemahnya euro.

Untuk saat ini, pengetatan kebijakan moneter di Hungaria telah menstabilkan nilai forint, setelah mencapai titik terendah sepanjang masa terhadap euro pada bulan Juli.

Namun, fakta bahwa pemerintah Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban belum memiliki akses ke dana pemulihan Uni Eropa (UE) jika terjadi pandemi Covid-19 juga membebani forint.

Di Polandia, pihak berwenang telah membuat lebih banyak kemajuan dalam pembicaraan dengan eksekutif UE untuk mengakses dana untuk pemulihan dari pandemi Covid-19. Sementara itu, Bank Sentral Polandia mendekati akhir siklus pengetatan kebijakan moneternya, yang telah menaikkan suku bunga utamanya menjadi 6,5% dari 10,75% di Hungaria.

Mahkota Ceko adalah mata uang paling stabil terhadap forint dan zloty, sebagian besar karena intervensi moneter bank sentral. Otoritas moneter Ceko telah mempertahankan suku bunga utamanya pada 7% minggu lalu.

Stabilitas Sistem Keuangan Otoritas Jasa Keuangan
Kegagalan pasar itu sendiri dapat bersumber dari eksternal internasional dan internal domestik risiko yang sering menyertai kegiatan dalam sistem keuangan

Bank Dunia Peringatkan Krisis Utang Di Negara Berkembang Dw
Yang paling rentan akan terkena dampak paling parah laporan terbaru bank dunia juga menyoroti risiko yang dihadapi oleh kelompok kelompok usaha

Imf Risiko Arus Modal Keluar Di Negara Berkembang Menjadi
Dalam laporannya imf menyoroti naiknya kekhawatiran tentang pasar negara berkembang yang dapat menyebabkan arus modal keluar lebih besar

Ri 10 Negara 39 Terparah 39 Bila Dihantam Tapering Ini Sebabnya
Indonesia disebut akan menjadi salah satu negara yang akan terkena dampak risiko terhadap pasar keuangan di setiap negara tersebut

Buku Saku Sdgs Bappenas
Dan rentan memiliki hak yang sama terhadap sumber perta nian di negara berkembang khususnya negara kurang berkembang

Mampu Melewati Guncangan Ekonomi Global Pertumbuhan
Fragile five adalah negara negara yang ekonominya sangat rentan terhadap jupiter asset management untuk pasar negara berkembang global

Peluang Masih Terbuka Tiga Prioritas Untuk Ekonomi Global
Risiko keuangan dan fiskal meningkat karena harga aset yang tinggi dan negara negara kekuatan ekonomi baru dan negara negara berkembang

Membangun Benteng Perekonomian Yang Tahan Terhadap Krisis
Beberapa tahun terakhir ini indonesia menghadapi pelemahan harga komoditi yang 2 gangguan yang berasal dari gejolak pasar modal

Risiko Yang Dihadapi Proyek Infrastruktur Di Pasar Berkembang
Idealnya pasar negara berkembang harus membuat kebijakan yang menarik salah satu cara untuk menghadapi situasi tersebut adalah dengan

Pesan Kunci Forum G20 Djpb Kementerian Keuangan
Forum g20 merupakan forum antarnegara yang terbentuk ketika krisis menjadi satu dari sembilan negara berkembang serta menjadi negara

Persaingan Usaha Tidak Sehat Dalam Tinjauan Hukum
Oleh sebab itu pada negara negara berkembang dan beberapa negara yang sedang dan menghadapi era pasar bebas kawasan asia yang tinggal menghitung hari

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.