free stats
banner 728x250
Berita  

Pasokan BBM Selama Periode Mudik Lebaran Dipastikan Aman

banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjamin keamanan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) menjelang Idul Fitri.

Dirjen Migas Tutuka Ariadji mengatakan sejauh ini penyiapan cadangan dan pendistribusian BBM untuk menghadapi arus mudik cukup baik.

banner 325x300

“Nanti kita pantau terus dinamika selanjutnya yang terjadi di lapangan. Misalnya permintaan BBM lebih banyak atau kalau ada antrian harus kita mitigasi. Kita pantau terus sampai setelah Lebaran. atau arus pulang telah berakhir” kata Tutuka dalam siaran persnya, Sabtu. (23/4/2022).

Libur Lebaran tahun ini, menurut Tutuka, akan sangat berbeda dengan dua tahun sebelumnya karena adanya larangan pemerintah untuk mudik.

Tahun ini larangan mudik sudah tidak berlaku lagi. Hal ini akan menimbulkan euforia yang sangat besar di masyarakat dan harus disadari sepenuhnya oleh pengelola SPBU dalam mempersiapkan ketersediaan pasokan BBM untuk umum.

Mengantisipasi lonjakan permintaan BBM jelang hari raya Idul Fitri, Pertamina telah menyiapkan penambahan stok BBM untuk unit pengisian bahan bakar jika terjadi keadaan darurat bagi masyarakat yang membutuhkan. Termasuk pengendara sepeda motor yang siap melayani masyarakat yang membutuhkan BBM di tengah kemacetan.

Pertamina juga mengganti pompa yang semula berbahan bakar solar menjadi Pertalite karena diperkirakan kebutuhan solar pada saat arus balik akan berkurang akibat larangan pengoperasian truk besar pada saat arus balik, sedangkan kebutuhan Pertalite semakin meningkat. .

“Pertamina sudah mempersiapkan diri menyambut pendatang baru. Sudah siapkan pom bensin, pengendara dan mobil tangki. Antisipasi peningkatan layanan operator dengan menambah jumlah pekerja”, jelas Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution selama pemeriksaan.

Sementara itu, Panitia Basuki Trikora Putra BPH Migas menilai kesiapan Pertamina menghadapi kebutuhan BBM masyarakat yang terus meningkat dalam menghadapi libur lebaran cukup baik.

“Persiapan Pertamina menghadapi Idul Fitri bagus. Dukungan yang diberikan untuk mengantisipasi peningkatan pembelian BBM antara lain fasilitas kredit. Juga ada pom bensin kopong dan bermotor untuk mengantisipasi antrian. Diperkirakan puncaknya adalah pada H-1 atau H-2,” kata Basuki.

Sumber: Happy

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.