free stats
banner 728x250
Berita  

Pekan Ini Disebut Penuh Tekanan, Tapi Investor Pasar Modal Masih Ada Harapan

banner 120x600
banner 468x60

Report by journalist, Yanuar Riezqi Yovanda

JAKARTA — Kalau orang bilang film Korea penuh dengan drama, mungkin tidak seperti pasar modal yang pekan ini akan lebih banyak drama.

banner 325x300

Associate Director Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan investor akan berada di bawah tekanan minggu ini, tetapi masih ada harapan.

“Pekan ini akan menjadi pekan yang kemungkinan akan cukup menegangkan. Namun ada harapan bagi pelaku pasar dan investor,” ujarnya melalui risetnya, Senin (15/8/2022).

Apa yang terjadi minggu ini?

Nico menjelaskan bahwa di dalam negeri ada data yang akan memberikan dorongan pendorong kelima, setelah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat selama 4 minggu berturut-turut dan pasar obligasi menguat selama 2 minggu terakhir.

“Pasar sangat luar biasa sehingga terus memberikan kejutan. Kejutan kali ini datang dari data ekspor impor dan neraca perdagangan yang keluar hari ini”, kata Nico.

Data neraca perdagangan yang kembali surplus akan menjadi alasan penguatan IHSG dan pasar obligasi menjelang 17 Agustus.

“Tapi bukan berarti pasar akan kehilangan volatilitasnya lho, karena ada data pertumbuhan ekonomi dan inflasi di Eropa yang memperkirakan pertumbuhan ekonomi akan sama nilainya dengan sebelumnya. diperkirakan naik dari sebelumnya 8,6%, berpotensi mencapai 9%,” katanya.

Menurutnya, hal ini tentunya kembali memicu ketegangan di kubu Bank Sentral Eropa yang sebelumnya telah memutuskan untuk menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin.

“Apakah itu cukup? Apakah itu akan menghentikan Bank Sentral Eropa? Oh, tentu saja tidak. Dengan data inflasi yang akan naik, tentu Bank Sentral Eropa akan melanjutkan pembicaraan, sehingga memberikan peluang untuk menaikkan suku bunga lagi,” katanya. dikatakan. kata Niko.

Dengan tingkat inflasi yang masih jauh, dia melihat kemungkinan kenaikan suku bunga akan terjadi di kisaran 50 basis poin.

Kemudian setelah dari Eropa, akan ada data pertumbuhan ekonomi dan inflasi serta dari Jepang, yang tidak akan banyak berpengaruh pada kebijakan saat ini.

Namun, sebagai ekonomi utama di Asia, hal ini tentunya juga mampu memberikan angin segar bagi pasar Asia khususnya, memberikan sentimen positif jika ternyata data pertumbuhan ekonomi Jepang diluruskan.

Sejauh ini, data pertumbuhan ekonomi Jepang kuartal II 2022 diproyeksikan naik dari minus 0,5% menjadi 2,6%.

Untuk data inflasi, Nico melihat juga ada peluang kenaikan dari sebelumnya 2,4% menjadi 2,6%, tapi kalaupun naik, dia yakin tidak. tidak akan berdampak banyak pada keputusan Bank Sentral Jepang untuk menaikkan suku bunga. tarif.

Apalagi, tidak hanya Jepang, China juga turut menyumbang data hari ini, dimana para investor tentunya sangat menantikan data ekonomi terkait produksi industri dan penjualan ritel yang akan dirilis hari ini. hari ini.

Produksi industri dan penjualan ritel diperkirakan akan meningkat yang tentunya juga akan membawa angin positif bagi pasar.

Last but not least, publikasi risalah rapat FOMC atau rapat Bank Sentral Amerika Serikat, yang akan memberi kita gambaran tentang situasi dan kondisi yang terjadi kemarin.

“Kita juga bisa tahu seberapa besar potensi kenaikan suku bunga ke depan. Kita butuh panduan, dan notulennya akan memberikan itu,” kata Nico.

Oleh karena itu, pertemuan Fed September kemungkinan akan kembali menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin.

“Perjalanan akan terus berlanjut. Ketidakpastian masih di depan mata, tetapi kita masih memiliki harapan yang nyata. Di tengah ketidakpastian yang diberikan pasar, data ekonomi nasional akan membawa ketenangan dan kepercayaan, sejauh mana pasar kita mampu bertahan di tahun-tahun mendatang. ketidakpastian menengah,” pungkasnya.

Memahami Tekanan Batin Dan Cara Jitu Mengatasinya Alodokter
Namun bila anda mengalami tekanan batin lebih dari 2 minggu sebaiknya segera temui dokter karena hal tersebut bisa saja menandakan bahwa anda

Bertahan Dalam Tekanan Demi Kebenaran Icw
Tak cuma drama pengkhianatan hidupnya juga penuh dengan ancaman dari pihak yang namun beberapa hari menjelang waktu penerbitan liputan

Bekerja Di Bawah Tekanan Berikut 15 Tips Mengatasinya Dengan
Tips bekerja penuh tekanan selanjutnya yakni menghindari kamu hanya butuh 10 menit dalam satu hari untuk membantumu tetap tenang dan

Tetap Bahagia Menghadapi Tekanan Hidup Setiap Hari Dengan 5
Di zaman serba cepat dan penuh tantangan ini rasa stres seolah sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari hari

Jiwa Yang Tertekan Kemenag
Apabila kita bisa terlepas dari tekanan jiwa atau depresi maka kita sungguh bahagia hidup kita penuh harapan tawa senyum yang tulus

5 Contoh Jawaban Pertanyaan Interview Hadapi Tekanan Di Glints
Tips menjawab pertanyaan interview menghadapi tekanan di tempat kerja bekerja di lingkungan yang penuh tekanan rupanya lebih menantang

33 Kata Kata Bijak Tetap Tenang Dalam Tekanan Jangan Pernah
Deretan kata kata bijak tetap tenan dalam tekanan jangan pernah kehilangan 40 kata kata bijak keren tentang perubahan penuh motivasi

Stoicism Adalah Filosofi Teras Ketahui Manfaatnya Untuk Hadapi
7 hari yang lalu ketahui manfaatnya untuk hadapi hidup penuh tekanan dianggap sebagai solusi untuk menghadapi kehidupan yang penuh dengan tekanan

70 Kata Kata Hari Rabu Jadi Inspirasi Terbaik Bangkitkan
Kata kata hari rabu penuh inspirasi terbaik gambar credit freepik com tekanan adalah bagian dari kesuksesan eric thomas

101 Kata Kata Motivasi Kuat Hadapi Tekanan Ajarkan Kedewasaan
Salah satu hal yang banyak dikeluhkan banyak orang adalah menghadapi tekanan karena seringkali merasa stres dan penuh beban

Kerja Berlebihan Itu Tidak Baik Tapi Kenapa Banyak Orang Masih
Itu terjadi di hari sabtu hampir pukul sepuluh malam masalahnya adalah budaya 39 lembur 39 ini cenderung kontraproduktif dalam mencapai tujuan menyelesaikan lebih

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.