free stats
banner 728x250
Berita  

Pemblokiran PSE Bandel Dinilai Bisa Rugikan Masa Depan Ekonomi Digital Indonesia

banner 120x600
banner 468x60

Laporan oleh jurnalis, Reynas Abdila

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir tujuh operator sistem elektronik swasta (PSE) yang beroperasi di Indonesia.

banner 325x300

Tujuh platform digital populer yang diblokir adalah Yahoo, PayPal, Epic Games, Steam, Dota, Counter Strike, dan Origin. Ketujuh platform tersebut diblokir karena tidak mendaftar.

CEO Grant Thornton Indonesia Johanna Gani mengatakan pemblokiran tersebut dapat berdampak pada masa depan ekonomi digital Indonesia.

“Secara umum tidak hanya berdampak pada pihak-pihak tertentu saja, tetapi juga berdampak pada hak-hak masyarakat secara umum, khususnya hak masyarakat untuk memenuhi kebutuhan ekonomi digital Indonesia,” kata Johanna. dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (9/8/2021).

Menurutnya, banyak orang seperti freelancer yang menggantungkan hidupnya pada PayPal.

“Tidak hanya itu, banyak juga orang yang menggunakan Steam dan platform game lainnya untuk mendapatkan penghasilan, seperti developer game lokal dan juga para atlet esports yang setiap hari menggunakan platform tersebut untuk melatih kemampuannya,” jelas Johanna.

Hal ini juga sejalan dengan Institute for the Development of Economics and Finance (INDEF) Institute for Economic Studies bahwa akan ada potensi penurunan tingkat investasi di sektor tersebut. ekonomi digital karena pengaturan ruang lingkup pribadi Electronic Systems Operators (ESPs).

”Kami mendukung langkah Kominfo untuk menegakkan aturan terkait pendaftaran PSE, namun sebaiknya pemerintah juga menjajaki berbagai opsi lain agar tidak berdampak langsung kepada pengguna,” kata Johanna.

Kewajiban mendaftar PSE di ranah privat merupakan amanat dari Peraturan Menteri Komunikasi dan Komputasi Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) dengan Ruang Lingkup Privat.

Jika Perusahaan belum terdaftar, penghentian akses akan dilakukan secara berkala sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Namun, Kominfo menjelaskan penghentian sistem elektronik tersebut tidak permanen hingga perusahaan menyelesaikan proses pendaftaran PSE dengan Kominfo.

Langkah ini menjadi sorotan banyak pihak, pasalnya pemblokiran tersebut dinilai sangat merugikan, tidak hanya dari sisi platform/aplikasi, tapi juga dari masyarakat Indonesia.

Pse Bandel Diblokir Kominfo Untuk Ekbis Sindonews Com
4 hari yang lalu ketiga dijelaskan usman pemblokiran pse itu untuk melindungi kedaulatan digital indonesia kedaulatan data digital bisa dilihat dari

Safenet Pemblokiran Sejumlah Platform Akan Rugikan Masyarakat
Melihat keresahan masyarakat di lini masa safenetmenggagas petisi penolakan aturan pse lingkup privat kominfo

Terima 213 Aduan Lbh Jakarta Akan Gugat Kominfo Terkait
22 jam yang lalu komunikasi dan informatika kominfo terkait pemblokiran penyelenggara sistem elektronik pse yang dinilai merugikan masyarakat

Pemblokiran Pse Rugikan Freelancer Gamer Di Wonogiri
Pemblokiran sejumlah penyelenggara sistem elektronik pse oleh kementerian komunikasi dan informatika kemkominfo dinilai merugikan

Pse Bandel Diblokir Kominfo Untuk Ekbis Sindonews Com
4 hari yang lalu kominfo melakukan pemblokiran terhadap sejumlah penyelenggara sistem elektronik pse sebagai upaya melindungi masyarakat dan kedaulatan

Pse Bandel Diblokir Kominfo Untuk Okezone Nasional
4 hari yang lalu tiga alasan mengapa kominfo melakukan pemblokiran terhadap pse bandel dan kewajiban yang harus dipenuhi pse nasional okezone nasional

Pemblokiran Pse Dinilai Wujud Kegagalan Kominfo Urus Digitalisasi
Pemblokiran terhadap beberapa pse lingkup privat dan

Batas Pendaftaran Pse Nanti Malam Platform Digital Yang Bandel
Semuel juga mengatakan bahwa platform yang diblokir nantinya akan bisa mengajukan normalisasi untuk membuka pemblokiran asalkan pse tersebut

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.