free stats
banner 728x250
Berita  

Pemerintah Diharapkan Membuat Regulasi Yang Bisa Melindungi Industri Rokok Elektrik

banner 120x600
banner 468x60

Jakarta – Kenaikan cukai rokok elektrik (REL) dan hasil olahan tembakau lainnya (HPTL) saat ini menjadi bahan perdebatan antara pelaku industri REL dan HPTL.

Selain mempengaruhi kenaikan harga produk, juga terkait dengan perbedaan rasio cukai antara produk REL yang masih timpang dan dianggap signifikan.

banner 325x300

Perbedaan rasio cukai dapat dilihat, cukai untuk sistem vape tertutup (closed system) 13 kali lebih tinggi dibandingkan dengan sistem terbuka, meskipun sama-sama menggunakan cairan yang mengandung nikotin.

Vape sistem terbuka dengan sistem tertutup dicirikan oleh perbedaan distribusi dan pengisian cairan. Dalam sistem vape terbuka, cairan diisi ulang secara manual oleh pengguna.

Pada sistem vape tertutup, pengguna tidak perlu mengisi cairan secara manual karena cairan tersebut sudah menempel pada cangkangnya.

Memelihara vape sistem tertutup lebih sederhana dan dianggap lebih aman, mengingat pengguna tidak dapat mengisi ulang cairannya secara acak.

“Kalau kita hitung dalam mililiter, pajak sistem terbuka sebenarnya lebih murah daripada sistem tertutup. Hal ini terlihat dalam peraturan keuangan terbaru, cukai untuk sistem terbuka adalah Rp 445 per mililiter. Biaya untuk sistem tertutup Rp 6.030 per mililiter,” kata Roy Levran, Presiden. Jenderal Asosiasi Pengusaha Angkutan Nikotin Indonesia (Apenendo) Press, Minggu (22/5/2022), pajak sistem tertutup lebih tinggi dari sistem terbuka.

Sementara itu, Presiden Appnindo Roy Lefran menjelaskan kepada yayasan dan anggotanya bahwa fokusnya bukan pada sistem mana yang lebih menguntungkan dan sistem mana yang lebih berbahaya atau yang lebih mahal atau lebih murah daripada perbedaan perpajakan dari penutupan atau pembukaan. sistem.

Yang penting kepentingan pemerintah berupa regulasi yang bisa melindungi eksistensi industri rokok elektrik dan HPTL.

“Sesuai aturan, kami punya kepastian dalam berbisnis. Ini cukup untuk kami tumbuh. Sebelum diatur, toko-toko digerebek di mana-mana, karena peraturannya tidak jelas,” tambah Roy kepada Prancis.

Roy Lefran menambahkan, pihaknya masih sempat melakukan dialog dengan pemerintah.

Dalam dialog nanti, Appnindo akan meminta pemerintah untuk menyesuaikan tarif cukai yang lebih adil dan murah untuk produk REL dan HPTL.

“Misalnya, tahun lalu untuk sistem tertutup, cukainya naik sekitar 8 ribu per mililiter. Namun melalui dialog yang ekstensif dan intens serta edukasi yang tepat, pemangku kepentingan pemerintah akhirnya menyadari bahwa perlu adanya penyesuaian pajak. Sehingga tahun ini turun, Sistem penutupan cukai dari sekitar 8000 menjadi 6 ribu. “Saya kira besaran pajak ke depan memiliki dinamika yang bisa dibicarakan,” kata Roy Levran.

Pengenaan cukai harus ilmiah

Roy Lefran mengakui perbedaan penerapan cukai pada pembukaan dan penutupan REL dan HPTL berdampak negatif. Selain itu, keputusan pemerintah untuk mengenakan tarif masih berdasarkan perkiraan ketimbang hasil kajian ilmiah.

“Sebenarnya cukai dari pemerintah masih berdasarkan apa yang Anda katakan, mereka mengatakan, mereka mengatakan itu berbahaya, mereka mengatakan itu tidak ada di mana-mana, dan mereka mengatakan itu bahan kimia. Jadi, tidak berdasarkan sains. Kami berharap pemerintah akan Semua peraturan didasarkan pada ilmu pengetahuan, bukan pada” katanya atau takut. Kami berharap semua regulasi berbasis ilmiah. “Setiap produk yang memiliki efek lebih ringan atau lebih ringan, harus lebih murah,” kata CEO Abenedo.

Kemudian Presiden Appnindo Roy Lefran mencontohkan. Di negara maju, mobil listrik tidak dikenakan pajak dibandingkan dengan mobil bensin. Karena emisi mobil bensin lebih tinggi sedangkan mobil listrik tidak ada. Jadi, dengan penghapusan pajak, memberikan insentif bagi produsen untuk bersaing di industri mobil listrik.

Namun pemerintah tidak memandang rokok elektrik ini sebagai upaya bagi perokok dewasa yang ingin berhenti merokok atau mengurangi dampak risikonya. Kami berharap Indonesia dapat meniru kebijakan luar negeri yang ada. Misalnya di Inggris atau di Eropa lainnya. Roy mengatakan mereka sangat mendukung rokok elektrik karena telah terbukti secara ilmiah memiliki efek yang jauh lebih ringan

Menurut Roy Lefran, jumlah perokok REL atau HPTL saat ini sekitar 2,2 juta. Dibandingkan konsumen rokok konvensional atau non rokok elektrik, jumlah rokok elektrik masih sangat sedikit.

Namun, Roy mengaku belum bisa memastikan berapa juta orang yang menyukai rokok elektrik sistem tertutup atau berapa juta orang yang menyukai rokok elektrik sistem terbuka. Hal ini dikarenakan setiap produk memiliki segmen yang berbeda-beda.

“Orang yang suka hang out bareng mungkin akan cenderung menggunakan sistem terbuka. Bagi yang ingin simpel dan tidak ingin ribet, bisa lepas dengan cepat, dan tenaganya kecil. dan tidak merepotkan orang, sehingga cenderung menggunakan sistem tertutup”, kata Roy Lefran.

Selain itu, Roy juga mengaku belum mengetahui produsen rokok elektrik mana yang lebih disukai, apakah sistem tertutup atau sistem terbuka, karena semua tergantung pemainnya atau tidak. Pembuat rokok itu sendiri.

“Penghitungan pajak terkait dengan bisnis yang kita jalankan. “Jika kita mengoperasikan sistem tertutup, kita akan dikenakan pajak sistem tertutup, begitu juga dengan sistem terbuka,” tambah Roy Levran.

Appnindo sendiri memiliki tiga program dalam rangka memajukan industri rokok elektrik serta pemerintah memberikan kemudahan. Pajak atau cukai bagi pelaku industri rokok. Montir listrik.

“Kami punya 3 program besar, pertama stop anak di bawah umur. Kami melarang keras penjualan anak di bawah umur. Karena tidak mungkin tercipta perokok baru. Roy LeFran mengatakan: ‘Produk ini dibuat untuk membantu perokok dewasa berhenti atau mengurangi risikonya ” “.

Lebih lanjut, Ketua Umum Abendo memaparkan program kedua organisasi tersebut.

Secara khusus, mengedukasi agar masyarakat mengetahui bahwa perokok dewasa kini memiliki kesempatan untuk mencoba produk-produk yang berisiko rendah.

Kebijakan Pemerintah Dalam Bidang Ekonomi Kecamatan Sukasada
Berikut adalah intervensi pemerintah secara langsung dan tidak langsung dalam penentuan harga pasar untuk melindungi konsumen atau produsen melalui kebijakan

Harmonisasi Peraturan Daerah Dengan Peraturan Perundang
Selain itu perda dapat berfungsi sebagai istrumen kebijakan untuk penampung kekhususan dan keragaman daerah serta penyalur aspirasi masyarakat di daerah namun

Intervensi Pemerintah Dalam Perekonomian Bagian I Ringkasan
Selain itu untuk mengendalikan dampak sosial dan lingkungan pemerintah juga harus mulai menekan produk produk yang membahayakan sosial dan lingkungan dengan

Kebijakan Menyediakan Minyak Goreng Harga Terjangkau Wujud
Jan 5 2022 kebijakan menyediakan minyak goreng harga terjangkau wujud nyata pemerintah menjamin pemenuhan kebutuhan rakyat

Tentang Kebijaksanaan Pemerintah Jurnal Hukum
Wewenang penetapan kebijaksanaan umum sepenuhnya berada pad a presiden bentuk yang tertulis peraturan perundang undangan dapat berupa peraturan pemerintah

Peranan Politik Hukum Dalam Pembentukan Jurnal Legislasi
Sebagaimana kita ketahui bentuk bentuk peraturan perundang undangan pada suata masa pemerintahan tertentu dapat berbeda dengan bentuk bentuk peraturan

Masyarakat Hukum Adat Wajib Dilindungi Dalam Peraturan
Aug 5 2021 menurutnya dengan adanya peraturan daerah tersebut dapat melindungi masyarakat hukum adat luwu utara karena adanya pengakuan secara formal dan

Tantangan Hukum Dan Peran Pemerintah Dalam
Regulasi yang memuat aspek pendanaan perpajakan perlindungan konsumen pendidikan dan untuk melindungi warga negaranya dengan diharapkan dapat

Pasar Modal Peraturan Pemerintah Otoritas Jasa Keuangan
Perppu ini dibuat untuk menjadi landasan hukum yang kuat dalam rangka pencegahan dan penanganan krisis yang berpotensi membahayakan stabilitas sistem keuangan

Menko Airlangga Serap Aspirasi Uu Ciptaker Demi Melindungi Hak
Dec 7 2020 kini pemerintah tengah menyusun aturan pelaksanaan berupa 40 rancangan peraturan pemerintah rpp dan 4 rancangan peraturan presiden rperpres

Arah Pembangunan Hukum Nasional Menurut Undang
Pembangunan hukum tidak identik dan tidak boleh diidentikan dengan pembangunan undang undang atau peraturan perundangan menurut istilah yang lazim digunakan

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.