free stats
banner 728x250
Berita  

Pengamat Nilai Penerapan MyPertamina Untuk Beli Pertalite Dan Solar Kurang Tepat, Ini Penjelasannya

banner 120x600
banner 468x60

Laporan wartawan, Naufal Lanten

JAKARTA – Pemerintah terus berupaya menyesuaikan penerapan subsidi energi yang tepat sasaran bagi masyarakat. Saat ini PT Pertamina (Persero) melakukan uji coba STNK melalui MyPertamina di 50 kota/kabupaten di 27 provinsi.

banner 325x300

Hal ini dilakukan untuk mempermudah pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi seperti solar dan pertalite.

Namun, wacana penerapan MyPertamina menuai sejumlah kontroversi di kalangan masyarakat.

Pengamat Ekonomi Energi Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmy Radhi mengulas wacana penerapan MyPertamina untuk membatasi BBM bersubsidi. Namun, penggunaan MyPertamina dianggap sebagai keputusan yang tidak tepat bagi masyarakat.

“MyPertamina, menurut saya bagus juga. Tapi sekarang itu tidak benar, tidak sepenuhnya benar. Karena nanti akan muncul berbagai persoalan,” kata Fahmy Radhi saat diskusi MNC Trijaya bertajuk Untung Rugi BBM Bersubsidi secara virtual Sabtu (6/8/2022).

Ia menambahkan, penggunaan MyPertamina yang merupakan platform digital akan menyulitkan sejumlah konsumen di Indonesia. Selain kebutuhan akan pengetahuan teknologi, akses penggunaan digital belum sepenuhnya tersedia bagi masyarakat di seluruh Indonesia.

“Jadi saya khawatir aksesnya tidak ada, hanya mobil yang bisa mengaksesnya, jadi dia bisa membeli pertalite,” kata Fahmy.

“Sementara, masyarakat di pelosok yang tidak memiliki akses tidak bisa mendaftar dan mendapatkannya,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Khusus Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Arya Sinulingga mengatakan hingga 90% pengguna kendaraan roda empat menggunakan ponsel pintar.

“90% pengguna mobil harus menggunakan ponsel pintar,” katanya.

Sedangkan untuk 10% sisanya yang belum memiliki akses telepon pintar, lanjutnya, akan dilakukan upaya untuk melakukan registrasi manual di SPBU.

“Jadi tidak perlu pakai MyPertamina. Tapi itu langkah kami,” kata Arya.

Selain BBM bersubsidi, Arya menambahkan, pemerintah juga akan memberlakukan pembatasan pembelian elpiji 3 kilogram.

Pemerintah, lanjutnya, akan mendata siapa saja yang membutuhkan agar subsidi elpiji bisa tepat sasaran.

“Sayang sekali mereka, banyak yang berhak mendapatkan elpiji yang sangat kuat, karena sudah dibeli di lapangan,” katanya.

“Orang-orang ini akan lebih bahagia jika ada GPL, jika itu berarti mereka mendapatkan hal yang benar,” lanjut Arya.

Ia menambahkan, saat ini pemerintah terus melakukan pendataan untuk aplikasi MyPertamina. Pengumpulan data diharapkan selesai pada Agustus 2022.

”Mudah-mudahan Perpresnya sudah final dan September sudah bisa kita berikan subsidi energi bagi yang lolos,” kata Arya.

Pendaftar BBM Bersubsidi MyPertamina Capai 220.000 Kendaraan, Rugi 80%

PT Pertamina Patra Niaga said 220,000 vehicles had registered as users of subsidized Biosolar and Pertalite fuel.

Sekretaris Jenderal Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi masyarakat yang telah mendukung program hibah yang ditargetkan dengan mendaftar.

Baik di loket check-in di SPBU/lokasi yang ditentukan, di website MyPertamina atau melalui aplikasi MyPertamina.

“Dari jumlah tersebut, hampir 80% kendaraan yang terdaftar merupakan jenis kendaraan yang mengonsumsi Pertalite, sisanya pengguna solar bersubsidi”, kata Irto, Minggu (24/7/2022).

Irto melanjutkan, masyarakat yang mendaftarkan kendaraannya dalam program subsidi terkait tidak hanya terbatas pada kota atau kabupaten yang masa pendaftarannya resmi dibuka, tetapi dari seluruh provinsi di Indonesia.

Melihat banyaknya pendaftar dari seluruh wilayah, Pertamina Patra Niaga beberapa waktu lalu memperluas wilayah pendaftaran hingga 50 kota atau kabupaten.

“Melihat dukungan masyarakat dalam pencapaian penyaluran BBM bersubsidi yang lebih tepat sasaran, Pertamina Patra Niaga secara bertahap akan terus memperluas wilayah program subsidi yang sesuai,” kata Irto.

”Dengan adanya perluasan ini tentunya ada penilaian kesiapan sistem dan kesiapan di lapangan untuk menentukan daerah mana saja yang akan menjalankan program subsidi yang sesuai,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, PT Pertamina Patra Niaga telah membuka STNK dan identitas kendaraan di website MyPertamina efektif 1 Juli 2022.

Setelah melakukan registrasi, pengguna akan mendapatkan QR code yang dapat digunakan untuk pembelian BBM bersubsidi di SPBU Pertamina.

Inisiatif ini bertujuan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan data yang valid agar pendistribusian BBM bersubsidi lebih tepat sasaran.

The plan to limit the purchase of subsidized fuel will be carried out in several cities and regencies.

Among others, Padang Panjang City, Agam Regency, Tanah Datar Regency, Bandung City, Sukabumi City, Tasikmalaya City, Ciamis Regency, Banjarmasin City, Yogyakarta and Manado.

Pertamina also reminded the public that registration for the appropriate grant program is still open.

Purchases of Pertalite and Subsidized Solar are currently business as usual and there are no restrictions.

Going forward, the targeted subsidy program will be synergized with the regulations on the distribution of subsidized fuels determined by the government.

Pembelian Pertalite Bakal Pakai Aplikasi Mypertamina Pengamat
Direktur executive energy watch mamit setiawan mendukung langkah pemerintah yang akan membatasi pembelian jenis bbm khusus penugasan jbkp

Beli Pertalite Pakai Mypertamina Ini Risiko Yang Bakal Dihadapi
Beli bbm pertalite pakai aplikasi foto okezone jakarta pengamat energi dari universitas gadjah mada fahmy riadhi menilai penerapan

Soal Beli Solar Dan Pertalite Dibatasi Pakai Mypertamina Pengamat
Mamit memberikan perhatian terhadap mekanisme mypertamina menurutnya pemerintah harus berbenah dalam sektor infrastruktur jika kebijakan

Beli Pertalite Pakai Mypertamina Apakah Buka Hp Di Spbu Aman
Sementara itu pengamat gawai dari komunitas gadtorade lucky sebastian menyebut penggunaan ponsel ditenggarai jadi penyebab kebakaran di spbu

Penerapan Beli Pertalite Pakai Mypertamina Dinilai Sebagai Bentuk
Pt pertamina persero akan menerapkan sistem untuk setiap pembelian bbm bersubsidi melalui aplikasi mypertamina

Pengamat Nilai Aplikasi Mypertamina Bertujuan Positif Republika
Petugas melayani pendaftaran warga untuk membeli solar dan pertalite di spbu giwangan yogyakarta jumat 1 7 2022 uji coba pembelian bahan

Pengamat Nilai Wacana Penggunaan Mypertamina Untuk Transaksi
Kalau untuk membatasi pembelian pertalite penetapan kriteria konsumen dengan mypertamina itu rasanya sangat tidak tepat kata fahmy

Penerapan Beli Bbm Subsidi Pakai Aplikasi Mypertamina
Penerapan uji mypertamina coba aturan baru dalam pembelian bahan bakar minyak bbm subsidi jenis pertalite dan solar mulai diberlakukan

Mypertamina Untuk Penyaluran Subsidi Bbm 39 Berpotensi Blunder
Penerapan sistem pendaftaran online demi mengontrol penyaluran bbm bersubsidi dinilai pengamat energi sebagai kebijakan yang berpotensi

Pengamat Mypertamina Ribet Pembatasan Pertalite Dan Solar
Uji coba beli pertalite pakai mypertamina perbesar warga menggunakan plikasi mypertamina saat mengisi bahan bakar pertalite di spbu

Mypertamina Untuk Beli Pertalite Bagaimana Kalau Tidak Punya
Kebijakan pembelian bahan bakar minyak bbm bersubsidi dengan menggunakan aplikasi digital dikritisi pengamat energi dan lembaga konsumen

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.