free stats
banner 728x250
Berita  

Pengamat Penerbangan: Surcharge Bukan Untuk Tambah Profit, Tapi Kurangi Kerugian Maskapai

banner 120x600
banner 468x60

Laporan Wartawan, Dennis Destryawan

JAKARTA – Pengamat penerbangan Alvin Lie menilai peraturan baru Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tentang tarif batas atas untuk mengurangi kerugian maskapai akibat biaya tambahan atau surcharge.

banner 325x300

Besaran surcharge untuk pesawat jenis jet maksimal 15 persen dari tarif batas atas sesuai grup layanan masing-masing maskapai. Sedangkan pesawat jenis propeller maksimal 25 persen dari tarif batas atas sesuai kelompok layanan masing-masing maskapai.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri (KM) 142 Tahun 2022 tentang Besaran Biaya Tambahan Akibat Fluktuasi Tarif Bahan Bakar Minyak (Fuel Surcharge).

“Surcharge bukan untuk menambah keuntungan tapi untuk mengurangi atau meminimalkan kerugian (maskapai) mereka,” kata Alvin saat dihubungi, Senin (8/8/2022).

Menurut Alvin, kenaikan surcharge ini cukup signifikan. Misalnya untuk pesawat jet dari 10 persen menjadi 15 persen. “Ini kenaikannya 50 persen,” kata Alvin.

Sedangkan untuk pesawat baling-baling dari 20 persen menjadi 50 persen atau ada peningkatan sekitar 25 persen. Menurut Alvin, selama ini yang membutuhkan biaya tambahan adalah rute yang dilayani pesawat baling-baling.

“Karena biaya operasionalnya jauh lebih tinggi dan bahkan setelah ditambah biaya tambahan, masih banyak yang rugi,” tambah Alvin.

Sedangkan untuk rute yang dilayani pesawat jet masih bisa bertahan. ”Tapi kenapa dinaikkan menjadi 15 persen? Ini yang saya tidak mengerti,” kata Alvin.

Alvin melihat harga tiket akan naik, terutama harga tiket baling-baling. Sebab, saat ini maskapai tidak mampu menahan beban biaya. Bahkan, ada beberapa yang nekat melanggar tarif upper surcharge.

“Karena tidak bisa bertahan. Jadi pilihannya melanggar atau menghentikan operasi,” kata Alvin.

Namun, untuk tiket pesawat jet belum tentu naik. Pasalnya, persaingan antar maskapai cukup ketat. Misalnya ada Garuda Group, Lion Air Group, Sriwijaya Group, AirAsia, hingga Pelita Air. Di sisi lain, Alvin mengatakan harga minyak dunia, khususnya minyak mentah, mengalami penurunan harga di kisaran 10 persen dari harga tertinggi.

“Mudah-mudahan ini terus berlanjut sehingga jika harga minyak terus turun bukan harga avtur tapi harga BBM untuk kendaraan bermotor juga,” jelas Alvin.

Kemenhub Izinkan Maskapai Naikkan Harga Tiket Pesawat

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan izin kenaikan harga tiket pesawat kepada maskapai.

Sebagai informasi, besaran surcharge untuk pesawat jet maksimal 15 persen dari tarif batas atas sesuai grup layanan masing-masing maskapai.

Sedangkan pesawat jenis propeller maksimal 25 persen dari tarif batas atas sesuai kelompok layanan masing-masing maskapai.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri (KM) 142 Tahun 2022 tentang Besaran Biaya Tambahan Akibat Fluktuasi Tarif Bahan Bakar Minyak (Fuel Surcharge).

“Sebagai regulator, perlu ditetapkan kebijakan ini agar maskapai memiliki pedoman dalam menerapkan tarif penumpang,” kata Pj Dirjen Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono, Senin (8/8/2022).

Ia mengimbau kepada seluruh Badan Usaha Angkutan Udara atau maskapai penerbangan yang melayani rute penerbangan berjadwal domestik, untuk dapat menerapkan tarif penumpang yang lebih terjangkau bagi pengguna jasa penerbangan.

“Seperti kita ketahui daya beli masyarakat belum pulih akibat pandemi Covid-19, namun kebutuhan masyarakat akan transportasi udara tetap harus diperhatikan,” kata Nur Isnin.

Penerapan tarif yang terjangkau akan mendorong mobilitas masyarakat untuk melakukan perjalanan melalui transportasi udara, sehingga nantinya akan meningkatkan kapasitas dan produksi angkutan udara penumpang, kargo dan pos secara nasional.

”Secara tertulis, himbauan ini sudah kami sampaikan kepada masing-masing Direktur Utama maskapai nasional tersebut, agar bisa diterapkan di lapangan,” ujarnya.

Selanjutnya, Ditjen Perhubungan Udara akan melakukan evaluasi setelah 3 (tiga) bulan diterapkannya surcharge oleh maskapai.

Pemberlakuan pengenaan biaya tambahan bersifat opsional bagi maskapai penerbangan atau tidak wajib, dan Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara mengevaluasi penerapan biaya tambahan tersebut minimal setiap 3 (tiga) bulan sekali.

Surcharge Naik Harga Tiket Pesawat Langsung 39 Meledak 39 Lagi
3 jam yang lalu pengamat bisnis penerbangan gatot rahardjo menjelaskan saat ini harga dan mengendalikan dalam bisnis penerbangan bukan mengimbau

Pengamat Kenaikan Harga Tiket Pesawat Akibat Harga Avtur
Pengamat penerbangan gatot rahardjo menilai bahwa kenaikan tiket pesawat akibat harga avtur tinggi tidak terlalu tepat

Tepatkah Kenaikan Airport Tax Dilakukan Saat Ini Republika Online
Pengamat penerbangan gatot raharjo menilai kenaikan airport tax yang menyebabkan kenaikan harga tiket tersebut tidak bijaksana pada kondisi

Airport Tax Naik Menambah Beban Penumpang Pengamat
Ketika penumpang pesawat membeli tiket maka itu sudah termasuk psc sehingga tidak perlu membayarkannya lagi di bandara ujar akbar lagi pula

Ternyata Ini Biang Kerok 39 Ledakan 39 Tiket Dan Kiamat Pesawat
Pengamat penerbangan alvin lie mengatakan biaya operasi pesawat paling beberapa jadwal penerbangan yang tidak ramai penumpang berkurang

Garuda Citilink Pastikan Tiket Terjangkau Republika Id
7 jam yang lalu jakarta dua maskapai penerbangan dalam negeri yakni garuda menjual tiket dengan menambah fuel surcharge akibat kenaikan harga avtur

Kemenhub Imbau Maskapai Penerbangan Terapkan Harga Tiket
1 hari yang lalu kemenhub mengimbau maskapai penerbangan menerapkan harga tiket pesawat fluktuasi bahan bakar fuel surcharge tarif penumpang pelayanan

Pengamat Surcharge Rp 50 Ribu Tak Masuk Akal Bisnis Tempo Co
Anggapan itu diungkapkan oleh pengamat penerbangan gerry soejatman menurut gerry pemerintah seharusnya bukan menentukan surcharge

Airport Tax Naik Menambah Beban Penumpang Pengamat Harga
Pengamat bisnis penerbangan gatot rahardjo mengatakan bahwa kenaikan tarif psc passenger service charge akan membebani rakyat

Fuel Surcharge Penerbangan Menipu Konsumen Detiknews
Fs diizinkan oleh menteri perhubungan menhub hanya untuk menutup kerugian bukan menambah keuntungan perusahaan artinya maskapai penerbangan

Pengamat Tunda Kenaikan Tarif Psc Bandara Kurang Bijak
Pengamat penerbangan menilai kenaikan tarif psc passenger service charge sebaiknya ditunda ketimbang berdampak negatif kedepannya

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.