free stats
banner 728x250
Berita  

Pengamat: Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 5,1 Persen Tahun Ini Masih Masuk Akal

banner 120x600
banner 468x60

Laporan oleh reporter, Chaerul Umam

JAKARTA – Rosdiana Sijabat, economic observer for Atma Jaya Unika, estimates that Indonesia’s economic growth will exceed 5.1 percent in 2022.

banner 325x300

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya memprediksi perekonomian Indonesia akan tumbuh dari 3,7% menjadi 5,1% pada 2022.

“Saya kira optimisme Presiden Jokowi bahwa ekonomi Indonesia akan tumbuh 5,1% sangat terlihat. Indikator ekonomi yang ada menunjukkan bahwa kita berada dalam masa pemulihan yang relatif baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. ‘negara lain ” ujarnya, Senin (13/6/2022).

“Memasuki Juni, beberapa indikator membaik dan memberi harapan kepercayaan, konsumen mulai bangkit, lalu sektor manufaktur mulai menggeliat,” katanya. .

Menurut Rosdiana, penjualan ritel mengalami peningkatan jika dilihat dari indeks penjualan, kemudian ada indikator bahwa masyarakat kini mulai optimis kembalinya aktivitas ekonomi.

“Berdasarkan indeks kepercayaan konsumen kita sudah di atas 100, artinya kalau di atas 100, optimisme itu sudah ada dan itu yang penting. Semoga ini menjadi momen dan mendorong ekspansi dunia usaha,” ujarnya.

“Kalau dilihat dari indikator keadaan sektor produksi, kita sudah di atas 50%. Artinya ada ekspansi dari sisi produksi, jadi ada keterkaitan yang sangat kuat dengan pemulihan kepercayaan konsumen terhadap menggerakkan kembali kegiatan ekonomi,” katanya.

Rosdiana menjelaskan, di sektor lain terlihat bahwa indikator produksi Indonesia tetap bekerja dan jika dikaitkan dengan peningkatan permintaan atau konsumsi di sektor produksi. energi, optimisme masyarakat Indonesia bahwa pada tahun 2022 perekonomian akan tumbuh lebih dari 5,1%.

“Misalnya kelistrikan untuk sektor industri, perusahaan-perusahaan mulai menunjukkan bahwa dunia usaha kita sedang menggeliat. Sekarang prestasi ekspor dan impor kita tinggi, termasuk impor bahan baku dan bahan peralatan.”

“Artinya kita sedang dalam tahap perbaikan indikator produksi, indikator konsumsi dan semua ini harapan kita untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 5,1% atau lebih,” ujarnya. dia menyatakan.

Dijelaskannya, secara moneter atau pembiayaan, dari awal tahun hingga April cenderung membaik.

“Artinya fungsi intermediasi perbankan kita sudah dalam tren membaik, penyaluran kredit produktif mulai membaik dari awal tahun hingga April, trennya membaik,” lanjutnya.

Ia menilai saat ini terjadi ekspansi penyaluran kredit yang ditandai dengan pertumbuhan kredit khususnya di sektor ekonomi produktif dan ini menunjukkan pemulihan dunia usaha dan akan diikuti oleh pemulihan rumah tangga.

“Mudah-mudahan ini memberi sinyal bahwa pertumbuhan ekonomi kita pada 2022 akan 5,1 seiring kepercayaan konsumen, kepercayaan bisnis mulai membaik,” ujarnya. -dia menyatakan.

Rosdiana mengatakan optimisme presiden bahwa ekonomi Indonesia akan tumbuh pada 2022 mencapai 5,1%, secara psikologis tidak terlalu optimis dan juga pesimis.

Namun angka tersebut diharapkan pemerintah sebagai negara yang baru keluar dari pandemi Covid-19, selain menjadi tantangan untuk memenuhi prediksi Bank Dunia bahwa Indonesia dapat mencapai atau melampaui prediksi tersebut.

“Secara psikologis, tingkat pertumbuhan ekonomi kita pada tahun 2022 seperti yang diprediksi oleh Bank Dunia, kita mungkin berada di kisaran 4,5 atau 5,3%. Jika kita melihat indikator yang dapat membantu kita untuk memahami angka 5,1%, itu mungkin. .”

“Tahun lalu kita memiliki pertumbuhan ekonomi yang relatif baik, daripada dilanda pandemi pada 2020-2021, pada tiga triwulan ini pertumbuhan kita positif hampir 1%”, lanjutnya.

Dia menjelaskan, pada kuartal I, ekonomi tumbuh sebesar 0,74% dari sebelumnya negatif.

“Kuartal IV kita 5,2%, kumulatif kita 3,69% dan awal kuartal 2021 kita di 5,01%,” tambahnya.

Dia mengatakan pertumbuhan ekonomi akan tercapai jika kondisi global tidak terlalu parah, seperti dampak perang Rusia-Ukraina dan kebijakan keuangan AS, sehingga optimisme Presiden Jokowi terhadap perekonomian Indonesia bisa terwujud bahkan melebihi target.

“Meskipun tidak ada yang terlalu drastis dalam kondisi global, misalnya dalam konteks geopolitik internasional, kebijakan keuangan Amerika Serikat dan perang di Ukraina dan Rusia, dampaknya tidak terlalu luas, saya kira angka 5.1 bagi kami bisa atau mungkin kurang,” pungkasnya.

Laporan Bank Dunia baru-baru ini menyatakan bahwa ekonomi Indonesia akan tumbuh sebesar 5,1% pada tahun 2022. Tahun sebelumnya, ekonomi Indonesia hanya tumbuh sebesar 3,7% karena guncangan global yang menghambat pertumbuhan sebesar 0,1%.

Pengamat Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Akan Bertahan 5 1
Pengamat pertumbuhan ekonomi indonesia akan bertahan 5 1 persen pengamat ekonomi senior universitas hasanuddin dan pengawas pengelola dana

Pertumbuhan Turun Karena Hasil Pajak Dan Ekspor Rendah Feb Ub
Sedangkan pengamat ekonomi dari universitas brawijaya malang candra fajri ananda mengatakan penurunan target pertumbuhan ekonomi 2016 menjadi 5 1 persen

Pengamat Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Dari Bank Dunia Lebih
4 hari yang lalu bank dunia juga menurunkan angka proyeksinya menjadi 5 1 persen untuk 2022 atau turun 0 1 poin persentase pp dari proyeksi sebelumnya

3 Alasan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Di Kuartal I 2022 Bisa
International monetary fund imf memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi indonesia 2020 menjadi minus 1 5 persen pada oktober lebih rendah

Bank Dunia Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Nasional Kontan
Bank dunia pangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi indonesia tahun 2022 jadi 5 1 rabu 08 juni 2022 17 20 wib indeks berita bank dunia pangkas proyeksi

Bank Dunia Turunkan Proyeksi Ekonomi Ri Jadi 5 1 Persen
Angka tersebut masih sedikit lebih tinggi dari perkiraan pertumbuhan ekonomi asia timur dan pasifik yang sebesar lima persen beberapa negara

Pengamat Sebut Pertumbuhan Ekonomi 2022 Kemungkinan Swa
Setidaknya indikasi kearah tersebut terlihat dari kinerja pertumbuhan ekonomi pada kuartal i 2022 yang tumbuh 5 01 persen yoy yang

Perkembangan Ekonomi Indonesia Dan Dunia Bappenas
Perkembangan perekonomian indonesia dan dunia merupakan publikasi dilakukan bersama dengan beberapa kementerian lembaga pengamat dan praktisi ekonomi

Bank Dunia Nilai Ekonomi Indonesia Termasuk Paling Resilien Di
5 hari yang lalu proyeksi pertumbuhan ekonomi global tahun 2022 tersebut turun bawah sebanyak 1 7 pp dari 4 2 menjadi 2 5 dengan pertumbuhan rusia

Pengamat Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 4 5 5 5 Persen Pada
Pengamat proyeksi pertumbuhan ekonomi 4 5 5 5 persen pada kuartal i 2022 bisnis com jakarta direktur eksekutif core indonesia mohammad

Proyeksi Ekonomi Sultra Di Triwulan I 2022 Capai 4 5 Berita Kota
Pengamat ekonomi sultra dr syamsir nur mengungkapkan proyeksi pertumbuhan ekonomi sultra pada triwulan i tahun 2022 yaitu 4 4 atau 4 5

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.